Sharing is caring!

kecamatan

Sumber: freepik

Kecamatan adalah daerah bagian kabupaten atau kota yang membawahi beberapa kelurahan atau desa, dan dikepalai oleh seorang camat. Dengan kata lain, kecamatan merupakan gabungan dari wilayah kelurahan atau desa, dan juga merupakan perangkat daerah kabupaten atau kota. Jadi kecamatan terdiri dari beberapa desa atau beberapa kelurahan.

Kecamatan: Batas Wilayah, Letak, dan Susunan Pemerintahan

Setiap kecamatan tentu memiliki nama sendiri-sendiri. Pemberian nama suatu kecamatan bertujuan untuk membedakan antara kecamatan yang satu dengan kecamatan yang lain. Biasanya nama suatu kecamatan diambil dari salah satu nama desa atau nama kelurahan yang ada di wilayahnya. Nah, apakah nama kecamatan tempat tinggalmu?

1. Batas-Batas Wilayah Kecamatan

Untuk membedakan atau membatasi wilayah kecamatan yang satu dengan wilayah kecamatan yang lain, maka digunakan batas. Batas wilayah itu ada dua macam, yaitu batas alam dan batas buatan.

Masih ingatkah kamu tentang batas alam dan batas buatan pada desa dan kelurahan? Tentu kamu masih ingat, karena kamu anak yang cerdas. Nah, batas alam dan batas buatan pada wilayah kecamatan itu sama dengan batas alam dan batas buatan pada wilayah desa dan kelurahan.

2. Letak dan Luas Wilayah Kecamatan

Bentuk permukaan wilayah kecamatan berupa daratan dan perairan. Daratan berupa gunung, pegunungan, bukit, lembah, dan dataran. Sementara itu, wilayah perairan berupa sungai, danau, rawa, telaga, dan waduk.

Setiap kecamatan mempunyai letak yang berbeda-beda. Ada kecamatan yang terletak di dataran rendah. Ada wilayah kecamatan yang terletak di dataran tinggi. Dan ada pula kecamatan yang letaknya di pegunungan.

Selain letaknya yang berbeda, luas setiap wilayah kecamatan juga tidak sama. Keluasan suatu kecamatan bergantung dari luas dan banyaknya desa atau kelurahan. Semakin luas wilayah suatu desa atau kelurahan, semakin luas pula wilayah kecamatannya. Begitupun juga dengan banyak sedikitnya jumlah desa atau kelurahan yang bergabung. Semakin banyak jumlah desa atau kelurahan yang bergabung, semakin luas pula daerah kecamatannya.

Kenali juga pemerintahan desa.

3. Susunan Pemerintahan Kecamatan

Dari pengertian kecamatan di depan, dapat diketahui bahwa kecamatan dipimpin oleh seorang camat. Siapakah camat itu? Camat adalah seorang pegawai negeri sipil (PNS) yang diangkat oleh bupati atau wali kota. la mendapat gaji dari pemerintah. Tahukah kamu siapa nama camat di daerahmu?

Camat sebagai penyelenggara pemerintahan di tingkat ke- camatan memiliki tugas untuk memimpin pemerintahan, melak- sanakan usaha pembangunan, dan membina masyarakat. Dalam menjalankan tugas-tugasnya itu, camat dibantu oleh sekretaris kecamatan (sekcam) dan seksi-seksi.

Seksi-seksi yang ada di kecamatan meliputi seksi pemerintahan, ketenteraman dan ketertiban, pemberdayaan masyarakat, kesejahteraan sosial, dan pelayanan umum. Camat beserta sekretaris kecamatan dan seksi-seksi berkantor di kantor kecamatan. Camat bertanggung jawab atas jalannya pemerintahan di wilayah kecamatan kepada bupati atau wali kota.

susunan pemerintahan kecamatan

Apa kamu tahu lembaga-lembaga di kecamatan?

Tiga Unsur Kepemimpinan

Di wilayah kecamatan terdapat tiga unsur pimpinan yang mempunyai fungsi dan peranan penting. Mereka disebut unsur Muspika (Musyawarah Pimpinan Kecamatan).

a. Camat

Camat adalah pimpinan wilayah kecamatan. Camat adalah seorang pegawai negeri sipil (PNS) yang digaji oleh pemerintah. Camat tidak dipilih oleh warga masyarakat, melainkan diangkat oleh bupati atau wali kota.

b. Komandan Rayon Militer (Danramil)

Danramil adalah pimpinan di komando rayon militer (koramil). Koramil merupakan Lembaga Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang bertugas di wilayah kecamatan. Koramil bertugas menjaga keutuhan wilayah kecamatan dari segala gangguan, baik dari dalam lingkungan kecamatan tersebut maupun dari luar daerah.

c. Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek)

Kapolsek adalah pimpinan di kepolisian sektor (polsek).
Polsek bertugas menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat sewilayah kecamatan.

Tahukah kamu susunan pemerintahan kelurahan?

Sharing is caring!

Subscribe Yuk!Seru kan permainannya?

Yuk berlangganan untuk mendapatkan update materi dan games terbaru!