Sharing is caring!

lembaga di kecamatan

Sumber: freepik

Seperti halnya kelurahan, kecamatan juga mempunyai berbagai lembaga. Lembaga-lembaga di kecamatan memiliki fungsi dan tujuan yang berbeda-beda. Mereka umumnya membawahi lembaga sosial yang ada di kelurahan atau desa. Mari kita lihat berbagai lembaga di kecamatan beserta fungsinya berikut ini:

Lembaga-Lembaga di Kecamatan

Terdapat beberapa lembaga di kecamatan yang perlu kamu ketahui. Lembaga-lembaga tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Dinas Pendidikan

Dinas Pendidikan membawahi jajaran pendidikan, seperti taman kanak-kanak (TK), sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA), dan sekolah menengah kejuruan (SMK).

2. Kantor Polisi Sektor

Lembaga ini bertanggung jawab atas keamanan sewilayah kecamatan.

3. Kantor Pos

Apa yang ada di benakmu ketika mendengar kata kantor pos? Pasti tempat untuk mengirim surat, bukan? Sebenarnya kantor pos tidak hanya mengurusi atau melayani pengiriman surat saja. Ada banyak lagi layanan kantor pos yang bisa kamu manfaatkan. Misalnya pengiriman dokumen, barang, uang, dan jasa pelayanan lainnya.

Selain memberikan jasa pelayanan pos, kantor pos juga menyediakan benda-benda pos, seperti perangko, materai, formulir wesel pos, dan kartu pos.

Apa saja lembaga sosial desa atau kelurahan?

4. Komando Rayon Militer (Koramil)

Lembaga ini berfungsi untuk menjaga serta bertanggung jawab atas pertahanan dan keamanan sewilayah kecamatan.

5. Bank

Saat ini, di setiap kecamatan kamu dapat menjumpai bank. Jika kamu mendengar kata bank, apa yang kamu pikirkan? Pasti menabung. Ya, menabung adalah salah satu kegiatan di bank. Selain menabung, bank juga memberi atau menyalurkan kredit. Secara umum, bank dapat diartikan sebagai tempat penyimpanan uang atau menabung dan pemberi atau penyalur kredit. Bank apa saja yang terdapat di wilayah kecamatanmu?

6. Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas)

Di masyarakat, pusat kesehatan masyarakat lebih dikenal dengan sebutan puskesmas. Puskesmas merupakan unit pelayanan kesehatan yang berada di pedesaan maupun perkotaan. Sejak tahun 1979, berdasarkan wilayah kerjanya, puskesmas dibedakan menjadi dua, yaitu puskesmas pembina dan puskesmas pembantu.

Apakah yang dimaksud dengan puskesmas pembantu dan puskesmas pembina itu? Puskesmas pembantu adalah puskesmas yang berada di desa atau kelurahan. Puskesmas pembina merupakan penanggung jawab dan koordinator berbagai kegiatan kesehatan pada suatu kecamatan. Puskesmas ini berada di wilayah kecamatan.

Puskesmas melakukan beberapa kegiatan di bidang kesehatan. Kegiatan tersebut di antaranya adalah kesehatan lingkungan, peningkatan gizi, pencegahan dan pemberantasan penyakit menular, pengobatan penyakit, penyuluhan kesehatan, dan perawatan kesehatan masyarakat.

7. Kantor Urusan Agama (KUA)

Secara umum, KUA berfungsi untuk menerima laporan dan mencatat setiap warga masyarakat di wilayah kecamatannya yang akan melangsungkan pernikahan. KUA juga berkewajiban untuk menikahkan dan mengeluarkan akta atau surat nikah bagi warga masyarakat.

Pemimpin lembaga pemerintahan di tingkat kecamatan adalah camat. Jadi, setiap pemimpin dari lembaga di kecamatan di atas harus bertanggungjawab kepada camat.

Itulah berbagai lembaga di kecamatan beserta fungsinya yang perlu kalian ketahui.

Kenali juga tentang batas wilayah, letak, dan susunan pemerintahan kecamatan:

Sharing is caring!

Subscribe Yuk!Seru kan permainannya?

Yuk berlangganan untuk mendapatkan update materi dan games terbaru!