Sharing is caring!

Lembaga Sosial Desa atau Kelurahan

Gambar: freepi

Setiap desa atau kelurahan mempunyai banyak lembaga sosial yang menaungi kegiatan sosial. Tahukah kamu, kegiatan sosial apa saja yang ada di desa atau kelurahan? Ada banyak kegiatan sosial yang dilaksanakan di desa atau kelurahan, di antaranya Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) yang diikuti oleh ibu-ibu. Kegiatan ini diselenggarakan untuk memberikan pelatihan keterampilan kepada ibu-ibu.

Lembaga Sosial Desa atau Kelurahan

Selain PKK, di desa atau kelurahan juga ada pos pelayanan terpadu (posyandu). Posyandu adalah upaya pelayanan kesehatan yang diselenggarakan oleh masyarakat. Kegiatan ini meliputi pemeliharaan kesehatan bayi, balita, ibu hamil, dan ibu menyusui. Posyandu berfungsi untuk melayani peningkatan kesehatan masyarakat, antara lain penimbangan balita, pelayanan KB, pemeriksaan ibu hamil, penambahan gizi balita, dan imunisasi.

Pada pelaksanaannya, kegiatan posyandu diawasi oleh kader-kader kesehatan. Siapakah kader kesehatan itu? Kader kesehatan adalah ibu-ibu yang telah memperoleh pendidikan dan pelatihan dari puskesmas tentang pelayanan kesehatan dasar.

Kenali susunan pemerintahan desa.

Pada setiap desa atau kelurahan terdapat lembaga sosial sebagai pusat-pusat kegiatan umum seperti berikut ini.

a. Kantor Kepala Desa atau Kelurahan

Kantor ini merupakan tempat pelayanan terhadap masyarakat di bidang pemerintahan.

b. Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas)

Puskesmas adalah tempat pelayanan masyarakat di bidang kesehatan. Puskesmas yang ada di desa atau kelurahan disebut dengan puskesmas pembantu.

c. Sekolah

Sekolah merupakan tempat pelayanan terhadap masyarakat di bidang pendidikan. Sekolah yang umumnya terdapat di desa atau kelurahan adalah taman kanak-kanak (TK) dan sekolah dasar (SD). Nah, ada berapakah jumlah sekolah dasar (SD) di desa atau kelurahanmu?

Apa kamu tahu lembaga-lembaga di kecamatan?

d. Tempat Ibadah

Tempat ibadah merupakan tempat bagi anggota masyarakat untuk melakukan kegiatan keagamaan.

Agama
Tempat ibadah
Islam
Kristen dan Katolik
Hindu
Buddha
Kong Hu Chu
Masjid
Gereja
Pura
Wihara
Kelenteng

e. Pemakaman Umum

Setiap desa atau kelurahan pasti memiliki tempat pemakaman umum. Tempat itu digunakan untuk mengubur warga masyarakat yang meninggal dunia.

Itulah berbagai lembaga sosial desa atau kelurahan yang perlu kamu ketahui. Nah, sekarang, coba sebutkan nama-nama tempat ibadah di desa atau kelurahanmu.

Kenali juga susunan pemerintahan kelurahan.

Sharing is caring!

Subscribe Yuk!Seru kan permainannya?

Yuk berlangganan untuk mendapatkan update materi dan games terbaru!