Sharing is caring!

Advertisement

Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia

Sumber: Photo by Yannis H on Unsplash

Belajar mengenal berbagai faktor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia, yuk!

Di Indonesia terdapat berbagai macam suku bangsa, bahasa, agama, dan budaya. Hal-hal tersebut merupakan keberagaman dalam masyarakat Indonesia yang bisa kita lihat hingga hari ini.

Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia

Ada banyak sekali faktor yang menjadi menyebabkan terjadinya keragaman masyarakat Indonesia. Beberapa faktor di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Wilayah Indonesia

Salah satu faktor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia adalah wilayah yang strategis. Indonesia berada di antara Samudra Hindia dan Pasifik. Selain itu, Indonesia juga terletak di antara dua benua: Asia dan Australia.

Letak wilayah Indonesia yang strategis ini menjadikan Indonesia sebagai tempat singgah dalam lalu lintas perdagangan. Banyak sekali pedagang dari berbagai negara dan benua datang ke Indonesia. Mereka membawa budayanya, agama, adat istiadat dari tempat asalnya.

Banyak pula pedagang yang berasal dari negara lain menetap dan hidup di Indonesia. Kebudayaan dan kepercayaan yang mereka bawa juga turut menyebar, baik sengaja maupun tidak sengaja.

2. Kondisi Negara Kepulauan

Indonesia adalah negara kepulauan. Sebanyak 17.491 pulau tersebar di seluruh perairan Indonesia yang memiliki panjang garis pantai 81.000 km. Keadaan ini membuat Indonesia mendapat julukan sebagai negara maritim karena besarnya laut teritorial Indonesia.

Di antara ribuan pulau tersebut, terdapat 5 pulau besar di Indonesia, yaitu:

  • Pulau Jawa (126.700 km2)
  • Pulau Sulawesi (174.600 km2)
  • Pulau Sumatera (443.065 km2)
  • Pulau Kalimantan (743.330 km2)
  • Pulau Papua (786.000 km2)

Penduduk Indonesia tidak hanya terpusat pada kelima pulau besar tersebut, tapi juga ada yang tinggal di pulau-pulau kecil. Mereka terdiri dari berbagai suku bangsa yang memiliki adat istiadat sendiri. Itulah mengapa terjadi keberagaman dalam masyarakat Indonesia.

Advertisement

3. Perbedaan Kondisi Alam

Indonesia memiliki rentang alam yang beraneka ragam. Ada penduduk yang tinggal di daerah dataran tinggi seperti pegunungan dan kaki gunung. Ada juga penduduk yang tinggal di dataran rendah seperti pantai. Selain itu ada juga yang tinggal di kota dan di desa.

Kehidupan masyarakat di pegunungan tentu saja berbeda dengan masyarakat yang tinggal di pantai. Masyarakat yang tinggal di daerah pegunungan lebih banyak yang bercocok tanam dan beternak binatang seperti sapi, kambing, dan ayam. Sedangkan masyarakat di daerah pantai memanfaatkan hasil laut untuk bertahan hidup.

Begitu juga kehidupan masyarakat perkotaan dengan pedesaan. Keduanya memiliki gaya hidup yang berbeda. Masyarakat di kota cenderung bekerja sebagai pengusaha atau karyawan. Sedangkan di desa, lebih banyak yang bermatapencaharian sebagai petani atau peternak.

BACA JUGA:

4. Transportasi dan Komunikasi

Kemajuan transportasi dan komunikasi setiap wilayah juga menjadi faktor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia. Daerah yang memiliki transportasi dan teknologi komunikasi yang baik tentunya akan lebih maju. Hal ini dikarenakan mudahnya masyarakat untuk saling berhubungan dan terhubung.

Sebaliknya, daerah yang memiliki keterbatasan dalam transportasi dan komunikasi akan mengalami kesulitan untuk menjalin hubungan antar satu sama lain. Keadaan ini tentu memengaruhi kemajuan dari perkembangan daerah tersebut.

Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia

5. Penerimaan Masyarakat terhadap Perubahan

Keterbukaan masyarakat terhadap sesuatu yang baru, baik yang datang dari dalam maupun luar masyarakat, membawa pengaruh terhadap perbedaan masyarakat Indonesia. Masyarakat perkotaan relatif mudah menerima orang asing atau budaya lain. Sebaliknya, masyarakat pedalaman sebagian besar sulit menerima sesuatu yang baru. Mereka tetap bertahan pada budaya sendiri dan sulit menerima budaya luar.

Itulah faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya perbedaan dalam masyarakat Indonesia.

Bagaimana dengan kondisi di daerahmu?

Faktor apa yang menyebabkan suku bangsa di daerahmu berbeda dengan daerah lain?

Advertisement

Sharing is caring!

Subscribe Yuk!Seru kan permainannya?

Yuk berlangganan untuk mendapatkan update materi dan games terbaru!