Sharing is caring!

Advertisement

jenis lingkungan

Sumber: Photo by Noah Fetz on Unsplash

Kita belajar bersama tentang pengertian dan jenis lingkungan yuk!

Selain itu, kita juga akan belajar tentang fungsi lingkungan bagi manusia. Kemudian tentang mengapa lingkungan bisa mempengaruhi aktivitas manusia. Semuanya akan kita diskusikan bersama di sini.

Apakah lingkungan itu?

Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia yang memengaruhi perkembangan kehidupan manusia, baik langsung maupun tidak langsung.

Kehidupan manusia tidak dapat dipisahkan dari lingkungan alam maupun lingkungan sosial. Lingkungan menjadi penyedia berbagai sumber daya. Sumber daya itu termasuk sumber daya energi yang dibutuhkan untuk menunjang kehidupan manusia.

Fungsi lingkungan bagi manusia

Pada dasarnya, fungsi lingkungan bagi manusia adalah sebagai tempat hidup dan mencari makan, tempat berlangsungnya aktivitas manusia, dan sebagai tempat tinggal (habitat).

1. Lingkungan sebagai Tempat Mencari Makan

Nelayan memperoleh nafkah dari laut. Petani memperoleh sumber penghidupannya dari lahan pertanian. Pengusaha memperoleh sumber penghidupan nafkah dari proses produksi yaitu mengelola bahan-bahan dari lingkungannya.

2. Lingkungan sebagai Tempat Bekerja

Setiap manusia melakukan berbagai aktivitas untuk mencari nafkah. Berbagai aktivitas tersebut menimbulkan terjalinnya interaksi sosial. Hal ini juga menunjukkan ketergantungan antarmanusia dengan sesamanya. Melalui interaksi sosial manusia mampu mencapai kesejahteraan hidupnya.

3. Lingkungan sebagai Tempat Tinggal

Kamu tentu bisa membayangkan jika suasana lingkungan rumah kotor dan penuh dengan sampah yang bau. Tambahan lagi bising, penuh asap pabrik maupun kendaraan, air yang keruh, dan listrik yang padam.

Bisakah kamu tinggal di tempat seperti itu?

Advertisement

Jenis-jenis lingkungan

Menurutmu, ada berapa jenis lingkungan?

Ya, ada 2 jenis lingkungan: biotik dan abiotik.

  1. Lingkungan biotik adalah lingkungan yang terdiri atas makhluk hidup.
  2. Lingkungan abiotik adalah lingkungan yang terdiri atas makhluk tak hidup.

BACA JUGA:

Pengaruh lingkungan terhadap aktivitas manusia

Lingkungan bisa memengaruhi aktivitas manusia karena manusia sangat bergantung pada lingkungannya. Sikap, gaya hidup, mata pencaharian, serta kebudayaan merupakan beberapa contoh aktivitas manusia yang dipengaruhi oleh lingkungan.

Perilaku manusia sangat bergantung pada lingkungannya. Orang yang tinggal di dataran tinggi seperti daerah pegunungan dan berhawa dingin pasti memiliki sikap yang berbeda dengan orang yang tinggal di dataran rendah.

Orang-orang di dataran tinggi dengan hawa yang lebih dingin akan beradaptasi dengan memakai pakaian tebal agar badannya tetap hangat. Sebaliknya, orang yang tinggal di dekat pantai biasanya akan memakai pakaian yang tipis karena udaranya yang lebih panas dan lembab.

Keberagaman mata pencaharian juga merupakan pengaruh lingkungan terhadap aktivitas manusia. Orang-orang yang tinggal di kaki gunung lebih banyak yang berprofesi sebagai petani atau peternak. Sedangkan di daerah pantai lebih banyak yang bekerja sebagai nelayan.

Tentunya kamu pasti lebih senang tinggal di tempat yang nyaman dan aman dibandingkan berada di tempat yang tidak aman, bukan?

jenis lingkungan

Advertisement

Sharing is caring!