Di Indonesia terdapat banyak peninggalan sejarah yang bercorak Buddha. Hal ini menunjukkan bahwa budaya Buddha sangat mempengaruhi kehidupan masyarakat saat itu. Peninggalan sejarah yang bercorak Buddha antara lain berupa candi, prasasti, arca, dan tradisi agama. Peninggalan sejarah yang bercorak Buddha tersebut juga merupakan peninggalan dari kerajaan-kerajaan Buddha yang pernah ada di Indonesia.

Peninggalan sejarah yang bercorak Buddha di Indonesia

Peninggalan sejarah yang bercorak Buddha di Indonesia

1. Candi

Candi merupakan kuil suci yang digunakan untuk beribadah bagi masyarakat beragama Buddha kala itu. Candi adalah salah satu peninggalan sejarah bercorak Buddha yang penting di Indonesia. Dikarenakan Kerajaan bercorak Buddha sempat berjaya di Indonesia, maka banyak sekali dibangun candi di Indonesia sebagai tempat pemujaan dewa-dewi.

Candi Borobudur adalah candi terbesar peninggalan sejarah yang bercorak Buddha. Candi ini merupakan bangunan besar dan megah. Bahkan Candi Borobudur menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia dan ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan dunia. Candi Borobudur sering dikunjungi wisatawan baik dari dalam maupun dari luar negeri. Mereka mengagumi kemegahan Candi Borobudur yang telah berumur lebih dari 1000 tahun.

Bentuk Candi Borobudur bertingkat-tingkat yang berjumlah sembilan tingkat. Di puncaknya terdapat stupa yang paling besar. Secara garis besar, bangunan Candi Borobudur dibagi menjadi 3 bagian, yaitu bagian kaki candi, (Kamadhatu), badan candi (Rupadhatu), dan atap candi (Arupadhatu).

Berikut beberapa candi peninggalan sejarah yang bercorak Buddha:

  1. Candi Mendut, Candi Pawon, Candi Sari, Candi Kalasan, dan Candi Plaosan. Candi-candi tersebut dibangun pada masa Dinasti Syailendra.
  2. Candi Muaratakus, Candi Simangambat, dan Candi Tanjung Medan. Candi-candi tersebut merupakan peninggalan Kerajaan Sriwijaya.

Tahukah kamu?

Kerajaan-Kerajaan Buddha di Indonesia

Kerajaan-Kerajaan Buddha di Indonesia

2. Patung atau Arca

Patung atau arca juga merupakan peninggalan sejarah yang bercorak Buddha di Indonesia. Patung atau arca sering di temukan di sekitar kompleks candi. Patung tersebut merupakan gambaran dari wujud dewa dan dewi yang dihormati oleh masyarakat beragama Buddha.

Berikut ini beberapa patung bercorak Buddha yang ditemukan:

  1. Patung Buddha peninggalan Kerajaan Sriwijaya di Bukit Seguntang, Palembang.
  2. Patung perunggu Buddha di Sikendeng, Sulawesi Selatan.
  3. Patung Buddha di Kompleks Candi Borobudur, Jawa Tengah.

3. Prasasti

Prasasti juga termasuk dalam peninggalan sejarah yang bercorak Buddha di Indonesia. Masyarakat jaman dahulu biasa memahat tulisan di atas batu yang disebut prasasti. Di prasasti biasanya terpahat cerita atau perjanjian yang menggambarkan pada masa tersebut. Prasasti-prasasti ini banyak ditemukan tersebar di Indonesia.

Berikut ini prasasti bercorak Buddha yang ditemukan di Indonesia:

  1. Prasasti Kedukan Bukit, Talang Tuo, dan Telaga Batu ditemukan di Palembang.
  2. Prasasti Karang Berahi di Jambi.
  3. Prasasti Kota Kapur di pulau Bangka.

Semua prasasti tersebut merupakan peninggalan Kerajaan Sriwijaya. Tulisan dalam prasasti tersebut menggunakan huruf Pallawa dan berbahasa Melayu kuno.

Di Jawa juga ada prasasti bercorak Buddha. Prasasti tersebut menunjukkan keberadaan Kerajaan Mataram Kuno. Contohnya, Prasasti Balitung di Kedu, Prasasti Kalasan, dan Prasasti Karang Tengah.

Tahukah kamu?

Peninggalan Sejarah Bercorak Islam di Indonesia

Peninggalan Sejarah Bercorak Islam di Indonesia

4. Tradisi Agama

Tidak bisa dipungkiri bahwa agama Buddha telah mempengaruhi kebiasaan masyarakat yang beragama lain. Kerajaan Sriwijaya dan kerajaan bercorak Buddha lainnya yang berdiri selama bertahun-tahun telah membuat adat budaya mengakar pada masyarakat Indonesia. Budaya tersebut tetap berkembang walaupun kerajaan bercorak Buddha sudah berganti.

Hingga kini, masyarakat Indonesia tetap mempertahankan budaya yang bersumber dari tradisi agama Buddha. Alasannya adalah karena budaya tersebut dirasa mengajarkan kebaikan dan memberi dampak positif. Akibatnya, terjadi pencampuran antara budaya Buddha dengan budaya agama lain. Pengaruh agama Buddha terhadap tradisi masyarakat, antara lain upacara ruwatan, upacara kelahiran anak, dan upacara sedekah desa.

Itulah peninggalan sejarah yang bercorak Buddha di Indonesia yang hingga kini masih bisa kita jumpai di berbagai tempat. Menurutmu, masih adakah peninggalan sejarah lainnya yang bercorak Buddha di Indonesia?

Sumber gambar: freepik.com

Tahukah kamu?

kerajaan islam di indonesia

Sejarah Kerajaan Islam di Indonesia dan Peninggalannya

Bantu sebarkan agar anak-anak tahu cara menyenangkan untuk belajar mandiri:
error120
fb-share-icon34
Tweet 30
fb-share-icon28
Subscribe Yuk!Seru kan permainannya?

Yuk berlangganan untuk mendapatkan update materi dan games terbaru!