Ada banyak makhluk hidup di sekitar kita. Makhluk hidup adalah manusia, hewan, dan tumbuhan. Makhluk hidup merupakan ciptaanTuhan Yang Maha Esa. Semua makhluk merupakan kekayaan yang harus kita syukuri. Setiap makhluk hidup memiliki ciri-ciri tertentu. Sebagian besar makhluk hidup memiliki ciri-ciri yang sama, yaitu bergerak, bernapas, berkembang biak, tumbuh, makan, dan peka terhadap rangsangan.

ciri-ciri makhluk hidup

Ciri-Ciri Makhluk Hidup

1. Bergerak

Setiap makhluk hidup tentu bisa bergerak. Namun, makhluk hidup bergerak dengan cara yang berbeda-beda. Manusia berjalan menggunakan dua kaki. Ikan berenang menggunakan sirip. Ular melata di atas pasir menggunakan otot perut. Belalang melompat.

Apakah tumbuhan juga bergerak? Tumbuhan juga termasuk makhluk hidup. Jadi, tumbuhan juga bisa bergerak. Untuk membuktikan bahwa tumbuhan juga bisa bergerak, kalian bisa menyentuh daun putri malu. Begitu mendapatkan sentuhan, daun putri malu akan segera mengatup. Cara tumbuhan bergerak juga bisa dilihat dari pertumbuhannya.

2. Bernapas

Ciri-ciri makhluk hidup lainnya adalah dapat bernapas. Setiap makhluk hidup memerlukan oksigen yang dihasilkan dari proses fotosintesis tumbuhan. Tanpa oksigen, makhluk hidup tidak bisa bertahan dan akan mati.

Alat pernapasan makhluk hidup berbeda-beda. Manusia bernapas dengan paru-paru, ikan bernapas dengan insang, dan serangga bernapas menggunakan sistem trakea.

Tahukah kamu?

3. Tumbuh

Ciri-ciri makhluk hidup adalah dapat tumbuh dan berkembang. Ini artinya, ukuran dan berat makhluk hidup akan bertambah seiring dengan usia. Manusia awalnya berupa janin yang berkembang selama sembilan bulan sepuluh hari di dalam rahim ibu sebelum akhinya dilahirkan. Setelah dilahirkan, manusia masih tetap tumbuh dan berkembang. Urutan pertumbuhan manusia adalah bayi, masa anak-anak, remaja, dewasa dan manula.

Hewan juga mengalami pertumbuhan. Namun cara tumbuh hewan berbeda-beda. Beberapa jenis hewan memiliki pertumbuhan yang unik, bentuknya bisa berubah seiring dengan pertumbuhannya. Perubahan yang terjadi pada hewan seperti ini disebut dengan metamorfosis. Contoh hewan yang mengalami metamorfosis adalah katak, kupu-kupu, nyamuk, capung, dan masih banyak lagi.

Main gim yuk!

4. Berkembang biak

Selain tumbuh, ciri-ciri makhluk hidup adalah berkembang biak. Tujuan makhluk hidup berkembang biak adalah agar tidak punah dan tetap eksis. Makhluk hidup berkembang biak dengan dua cara: kawin dan tidak kawin.

Manusia dan hewan berkembang biak dengan cara kawin. Ayam betina memerlukan pejantan agar telurnya bisa dibuahi dan berkembang menjadi anak ayam. Kucing betina juga memerlukan pembuahan dari kucing jantan agar sel telurnya bisa berkembang menjadi embrio kucing.

Makhluk hidup yang berkembang biak dengan cara tidak kawin umumnya adalah tumbuhan dan hewan bersel satu, contohnya pohon pisang berkembang biak dengan tunas dan mikroba berkembang biak dengan cara membelah diri.

Main gim yuk!

5. Makan

Agar bisa bertahan hidup, makhluk hidup memerlukan makanan. Memerlukan makanan juga termasuk dalam ciri-ciri makhluk hidup. Setelah menetas, ulat akan makan daun setiap harinya. Ini adalah tugas utama ulat sebelum berubah menjadi kepompong.

Berdasarkan jenis makanannya, hewan dibagi ke dalam tiga tipe:

  1. Hewan pemakan tumbuhan (herbivora)
  2. Hewan pemakan daging (karnivora)
  3. Hewan pemakan tumbuhan dan daging (omnivora)

Makanan yang sehat dan bergizi sangat penting bagi makhluk hidup agar makhluk hidup bisa tetap sehat dan mempunyai pertumbuhan yang bagus.

Tahukah kamu?

6. Peka terhadap rangsangan

Makhluk hidup peka terhadap rangsangan. Ketika ada bau yang tajam menyengat, apa yang akan kamu lakukan? Pasti secara refleks, kamu akan menutup hidung, kan? Begitu juga ketika angin bertiup ke arahmu, secara refleks, pasti kamu akan menutup mata agar tidak kemasukan debu.

Hewan juga peka terhadap rangsangan. Begitu juga dengan tumbuhan. Cara mereka bereaksi terhadap rangsangan juga berbeda-beda. Siput akan masuk ke dalam rumahnya ketika kita menyentuhnya. Daun putri malu juga akan mengatup ketika mendapat sentuhan yang tidak dikenal.

Itulah beberapa ciri-ciri makhluk hidup yang perlu kalian ketahui. Bisakah kalian menyebutkan ciri-ciri makhluk hidup lainnya yang belum disebutkan di atas?

Sumber gambar: freepik.com

Bantu sebarkan agar anak-anak tahu cara menyenangkan untuk belajar mandiri:
error120
fb-share-icon34
Tweet 30
fb-share-icon28
Subscribe Yuk!Seru kan permainannya?

Yuk berlangganan untuk mendapatkan update materi dan games terbaru!