Sharing is caring!

JADWAL GERHANA BULAN DAN MATAHARI

Gerhana matahari dan bulan adalah peristiwa alam yang menarik untuk diamati. Pada dasarnya, gerhana terjadi ketika posisi bulan, matahari, dan bumi berada di garis lurus. Dalam satu tahun, gerhana bisa terjadi beberapa kali. Yuk simak macam-macam gerhana bulan dan matahari, serta jadwalnya di tahun 2021.

Gerhana Bulan dan Gerhana Matahari Serta Jadwalnya

A. Gerhana Bulan

Gerhana bulan hanya terjadi pada malam hari ketika bulan purnama. Gerhana bulan terjadi ketika kedudukan bulan, bumi, dan matahari membentuk garis lurus. Kedudukan bumi berada di antara bulan dan matahari.

Gerhana bulan terjadi karena bulan masuk ke daerah bayang-bayang bumi. Bulan, bumi, dan matahari terletak pada satu garis lurus. Pada posisi tersebut bulan tertutup oleh bayangan bayangan bumi.

Bayang-bayang bumi itu dapat dibedakan menjadi bayangan inti (umbra) dan bayangan kabur (penumbra). Daerah umbra adalah daerah gelap yang dilalui bayangan inti bumi. Sedangkan daerah penumbra adalah daerah agak terang yang dilalui bayangan inti bumi.

GERHANA BULAN

Gerhana bulan ada tiga macam yaitu gerhana bulan total, sebagian, dan penumbra.

1. Gerhana bulan total

Gerhana ini terjadi jika seluruh bagian bulan berada di dalam umbra bumi. Warna bulan menjadi suram kemerahan. Gerhana bulan total berlangsung selama ± 6 jam. Selama ± 1 jam 40 menit melintasi daerah umbra, kemudian ± 4 jam 20 menit di daerah penumbra.

2. Gerhana bulan sebagian

Gerhana ini terjadi jika separuh bagian bulan berada dalam umbra bumi sedangkan separuh yang lain berada di penumbra bumi. Bulan kelihatan bersinar sebagian.

3. Gerhana bulan penumbra

Gerhana ini terjadi jika seluruh bagian bulan berada dalam penumbra bumi. Warna bulan hampir sama dengan warna bulan yang cerah.

Baca juga:

B. Gerhana Matahari

Gerhana matahari terjadi pada saat bulan baru. Pada saat gerhana matahari, bulan berada di antara matahari dan bumi. Serta matahari, bulan, dan bumi berada pada satu garis lurus. Sehingga bumi memasuki bayang-bayang bulan, atau cahaya matahari ke bumi terhalang oleh bulan.

GERHANA MATAHARI

Gerhana matahari terjadi hanya saat bulan mati. Namun, tidak setiap bulan mati terjadi gerhana matahari. Gerhana matahari ada 3 macam, yaitu gerhana matahari total, sebagian, dan cincin.

1. Gerhana matahari total

Gerhana ini terjadi pada permukaan bumi yang berada dalam umbra bulan. Pada bagian itu, sinar matahari tertutup sepenuhnya. Bagian bumi yang terkena gerhana ini menjadi gelap gulita. Gerhana matahari total berlangsung selama ± 6 menit.

2. Gerhana matahari sebagian

Gerhana ini terjadi pada permukaan bumi yang berada dalam penumbra bulan. Sinar matahari tertutup sebagian.

3. Gerhana matahari cincin

Gerhana ini terjadi jika bayangan bulan tidak cukup menutupi sinar matahari. Matahari masih terlihat bersinar di sekeliling bayangan bulan. Gerhana matahari ini terjadi pada saat bulan berada pada jarak terjauh dari bumi.

Baca juga:

Jadwal Gerhana Bulan dan Matahari 2021

Ingin melihat gerhana bulan dan matahari di tahun 2021? Catat tanggal di bawah ini ya:

Tanggal
Gerhana Bulan/Matahari
26 Mei 2021
Gerhana bulan total
10 Juni 2021
Gerhana matahari cincin
18-19 November 2021
Gerhana bulan sebagian

Sharing is caring!

Subscribe Yuk!Seru kan permainannya?

Yuk berlangganan untuk mendapatkan update materi dan games terbaru!