Pasti kalian pernah melihat seekor kupu-kupu yang cantik ketika sedang berada di taman. Tapi, tahukah kalian bahwa sebelum menjadi kupu-kupu yang cantik, ia pernah menjadi seekor ulat? Perubahan pada ulat yang kemudian menjadi kupu-kupu ini dinamakan dengan daur hidup hewan.

Dalam pertumbuhannya, setiap makhluk hidup mengalami siklus/daur hidup. Dalam dunia hewan, dikenal dua macam daur hidup hewan: hewan tanpa metamorfosis dan hewan dengan metamorfosis.

Metamorfosis adalah proses perubahan bentuk penampilan fisik dan/atau struktur pada hewan yang terjadi selama masa pertumbuhannya.

daur hidup hewan

Daur Hidup Hewan (Metamorfosis Sempurna dan Tidak Sempurna) (Sumber: freepik.com)

Siklus atau Daur Hidup Hewan

A. Daur Hidup Hewan Tanpa Metamorfosis

Tidak semua hewan mengalami metamorfosis selama hidupnya. Hewan-hewan seperti kucing, ayam, sapi, ikan, kerbau, anjing, bunglon, dan masih banyak lagi, adalah hewan yang mengalami daur hidup tanpa metamorfosis.

Seekor kucing akan memiliki bentuk dan rupa yang sama sejak dilahirkan sampai menjadi kucing dewasa. Hal yang sama juga terjadi pada ayam. Semenjak menetas dari telur hingga dewasa, ayam memiliki bentuk tubuh yang sama dan tidak ada perubahan yang signifikan kecuali tumbuh bulu.

daur hidup ayam

Daur hidup ayam.

Intinya, untuk hewan-hewan yang daur hidupnya tidak mengalami proses metamorfosis, bentuk tubuhnya tidak akan mengalami perubahan yang signifikan.

B. Daur Hidup Hewan dengan Bermetamorfosis

Sebagian hewan mengalami metamorfosis dalam siklus hidupnya. Namun, tidak semua hewan mengalami metamorfosis sempurna. Ada juga hewan-hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna atau lengkap. Berikut akan jelaskan cara membedakan daur hidup hewan yang bermetamorfosis sempurna dan tidak bermetamorfosis sempurna.

1. Daur Hidup Metamorfosis Sempurna

Hewan dengan daur hidup metamorfosis sempurna memiliki ciri-ciri:

  • Saat menetas, bentuk hewan jauh berbeda dari induknya.
  • Mengalami 4 atau lebih fase dalam hidupnya.
  • Mengalami masa pupa atau kepompong.
  • Urutan metamorfosis: telur —> larva/pupa —> hewan dewasa.
  • Contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna, yaitu kupu-kupu, capung, nyamuk, katak dan lalat.
a. Daur Hidup Kupu-Kupu
daur hidup kupu-kupu

Daur hidup kupu-kupu.

Kupu-kupu mengalami metamorfosis sempurna dalam hidupnya. Proses pertama dalam daur hidup kupu-kupu adalah telur menetas menjadi ulat. Selama menjadi ulat, ia akan memakan daun hingga tubuhnya menjadi besar. Setelah itu, ulat akan berubah menjadi kepompong atau pupa.

Selama menjadi kepompong atau pupa, tubuh ulat akan luruh sebelum akhirnya berbentuk menjadi bagian-bagian tubuh kupu-kupu. Proses ini memakan waktu 10-15 hari sebelum akhirnya kepompong akan retak dan lahirnya seekor kupu-kupu cantik.

Berikut adalah urutan daur hidup kupu-kupu: telur —> ulat —> kepompong/pupa —> kupu-kupu.

Main gim yuk!

Daur hidup kupu-kupu

Mengurutkan Daur Hidup Kupu-Kupu

b. Daur Hidup Nyamuk
daur hidup nyamuk

Daur hidup nyamuk.

Nyamuk juga mengalami metamorfosis sempurna dalam siklus hidupnya. Proses daur hidup nyamuk diawali dengan telur yang berada di air. Setelah menetas dari telur, jentik-jentik nyamuk atau tempayak akan berkembang menjadi pupa. Setelah beberapa hari menjadi pupa, akhirnya akan lahirnya seekor nyamuk.

Urutan daur hidup nyamuk: telur —> tempayak atau jentik-jentik —> pupa —> nyamuk.

c. Daur Hidup Katak

Katak merupakan hewan amfibi yaitu hewan yang dapat hidup di dua tempat: darat dan air. Katak bertelur di dalam air. Lalu, telur katak akan menetas menjadi berudu atau kecebong di dalam air.

Berudu atau kecebong bernapas dengan insang dan memakan plankton atau hewan kecil di dalam air. Setelah beberapa hari, berudu akan memiliki sepasang kaki belakang dan ekornya akan mulai menyusut. Lalu, akan diikuti dengan tumbuhnya sepasang kaki depan.

daur hidup katak

Daur hidup katak.

Dalam fase ini, katak sudah memiliki bentuk tubuh yang hampir sama dengan kata dewasa, namun masih memiliki ekor. Ekor katak akan benar-benar hilang ketika katak sudah menjadi dewasa. Setelah menjadi dewasa, katak keluar dari air. Katak bisa bernafas menggunakan paru-paru ketika berada di darat dan menggunakan kulit ketika berada di dalam air.

2. Daur hidup Metamorfosis Tidak Sempurna

Hewan dengan daur hidup metamorfosis tidak sempurna memiliki ciri-ciri:

  • Saat menetas, bentuk hewan sudah mirip induknya.
  • Hanya mengalami 3 fase dalam siklus hidupnya.
  • Tidak mengalami masa pupa atau kepompong.
  • Urutan metamorfosis: telur —> hewan muda —> hewan dewasa
  • Contoh daur hidup hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna, yaitu kecoa, jangkrik, belalang, dan capung.
a. Daur Hidup Lipas atau Kecoa
daur hidup kecoa

Daur hidup kecoa.

Lipas atau kecoa merupakan hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna. Metamorfosis tidak sempurna pada lipas diawali dengan bentuk hewan yang baru menetas mirip dengan induknya. Pada saat metamorfosis itulah terjadi pertambahan ukuran dan perubahan bentuk yang menunjukkan adanya pertumbuhan.

b. Daur Hidup Belalang
daur hidup belalang

Daur hidup belalang

Metamorfosis belalang belalang berkembang biak dengan bertelur. Telur belalang menetas menjadi nimfa atau belalang muda. Belalang muda memiliki bentuk mirip dengan belalang dewasa. Bedanya adalah belalang muda tidak bersayap. Belalang memiliki sayap ketika sudah berubah menjadi belalang dewasa.

c. Daur Hidup Capung

daur hidup capung

Capung adalah hewan yang tidak bermetamorfosis sempurna. Telur campung menetas menjadi nimfa. Lalu nimfa tumbuh dan akhirnya berubah menjadi capung dewasa.

Urutan daur hidup capung adalah telur —> nimfa —> capung dewasa.

Nah, sekarang kalian tahu kan daur hidup hewan dan juga hewan yang memiliki daur hidup metamorfosis sempurna dan tidak sempurna.

Main gim yuk!

daur hidup capung

Mengurutkan Daur Hidup Capung

Membedakan Daur Hidup Hewan yang Bermetamorfosis dan Tidak Bermetamorfosis

Membedakan Daur Hidup Hewan yang Bermetamorfosis dan Tidak Bermetamorfosis

Bantu sebarkan agar anak-anak tahu cara menyenangkan untuk belajar mandiri:
error120
fb-share-icon34
Tweet 30
fb-share-icon28
Subscribe Yuk!Seru kan permainannya?

Yuk berlangganan untuk mendapatkan update materi dan games terbaru!