Coba hitung berapa banyak kalian bernapas dalam satu menit. Dalam keadaan normal, manusia dewasa bernapas sebanyak 12 sampai 20 kali per menit atau dalam sehari bisa bernapas mencapai 17.000 sampai 30.000 kali. Lalu, tahukah kalian apa saja organ tubuh yang menjadi alat pernapasan manusia?

Pernapasan adalah proses menghirup oksigen dan melepaskan karbon dioksida. Oksigen dibutuhkan pada proses metabolisme tubuh. Karbon dioksida merupakan sisa proses pernapasan yang harus dikeluarkan oleh tubuh. Ada 4 organ pada tubuh yang berfungsi sebagai alat pernapasan manusia.

alat pernapasan manusia

Alat pernapasan manusia. (Sumber: jagad.id)

Alat Pernapasan Manusia

1. Hidung

Hidung adalah organ pernafasan terluar. Udara masuk ke dalam tubuh melalui hidung. Hidung menghirup udara dan menyaringnya agar bebas dari kotoran. Di dalam hidung terdapat rambut-rambut halus dan selaput lendir. Selaput lendir terletak di dalam rongga hidung bagian depan.

2. Laring atau pangkal tenggorokan

Laring merupakan organ pernafasan setelah hidung. Di dalam laring terdapat jakun. Jakun pada pria terlihat menonjol, sedangkan pada wanita tidak terlihat jelas. Laring merupakan saluran pernapasan yang terdapat di tenggorokan.

3. Trakea atau batang tenggorokan

Di dalam trakea terdapat selaput lendir yang berambut getar. Selaput lendir berfungsi untuk mengeluarkan kotoran yang masuk bersama udara. Trakea bercabang dua, masing-masing cabang menuju ke paru-paru.

Cabang trakea disebut bronkus. Bronkus bercabang lagi yang disebut bronkiolus. Pada ujung bronkiolus terdapat gelembung halus berisi udara yang disebut alveolus. Di dalam alveolus terjadi pertukaran oksigen dan karbon dioksida.

Bronkitis adalah penyakit yang menyerang bronkus.

4. Paru-paru

Paru-paru merupakan organ pernapasan yang terletak di dalam rongga dada, tepatnya di atas diafragma. Diafragma adalah sekat antara rongga dada dengan rongga perut. Dua buah paru-paru dalam rongga dada dihubungkan dengan udara bagian luar.

Bagian yang menghubungkan dengan udara luar adalah batang tenggorok. Paru-paru kamu berisi berongga seperti spons. Hal ini disebabkan karena banyaknya pipa dan kantung udara kecil. Di dalam paru-paru juga terdapat banyak pembuluh darah. Fungsi pembuluh darah ini adalah untuk mengambil oksigen.

Main gim yuk!

sistem pernafasan manusia

Sistem Pernapasan Manusia: Latihan Menjodohkan Label

2 Macam Pernapasan Manusia

Proses pernapasan pada manusia dibedakan menjadi dua, yaitu pernapasan dada dan pernapasan diafragma.

a. Pernapasan dada

Pernapasan dada adalah pernapasan yang dibantu oleh otot-otot tulang rusuk. Skema pernapasan dada sebagai berikut:

  1. Pada waktu menarik napas: udara dihirup tulang rusuk terangkat rongga dada membesar.
  2. Pada waktu melepaskan napas: tulang rusuk mengendur ke bawah rongga kecil rongga dada mengecil udara terlepas.

b. Pernapasan perut

Pernapasan perut adalah pernapasan yang dibantu oleh otot otot sekat rongga dada atau diafragma. Skema pernapasan perut sebagai berikut:

  1. Pada waktu menarik napas: udara dihirup rongga dada membesar isi rongga perut tertekan tekanan dalam rongga dada mengecil atau inspirasi.
  2. Pada waktu melepaskan napas: otot tulang rusuk mengendur otot perut mengendur menekan diafragma rongga dada mengecil udara terlepas ekspirasi.

Jadi ketika kita bernapas, udara yang kita hirup atau oksigen akan melewati 4 alat pernapasan manusia, yaitu hidung, laring, trakea, dan paru-paru di paru-paru. Oksigen akan diedarkan ke seluruh tubuh melalui darah. Setelah itu, paru-paru akan mengeluarkan karbon dioksida sebagai gantinya.

Main gim yuk!

macam sendi manusia

Permainan Hangman: Macam-Macam Sendi Manusia

sistem pencernaan manusia

Sistem Pencernaan Manusia | Permainan Menjodohkan

Bantu sebarkan agar anak-anak tahu cara menyenangkan untuk belajar mandiri:
error120
fb-share-icon34
Tweet 30
fb-share-icon28
Subscribe Yuk!Seru kan permainannya?

Yuk berlangganan untuk mendapatkan update materi dan games terbaru!