Saat melakukan pekerjaan sehari-hari, manusia sering menggunakan alat bantu untuk memudahkan pekerjaannya. Ada pekerjaan yang ringan dan ada pekerjaan yang berat. Untuk meringankan pekerjaan yang berat, maka digunakan pesawat.

Pesawat adalah alat atau mesin. Pesawat berguna untuk menghasilkan gaya yang besar dari gaya yang kecil. Pesawat ada dua yaitu pesawat sederhana dan pesawat yang rumit. Pesawat sederhana adalah alat bantu sederhana yang digunakan untuk membantu meringankan pekerjaan manusia. Pesawat rumit terdiri atas susunan pesawat-pesawat sederhana.

Macam-Macam Pesawat sederhana dan Cara Kerjanya

1. Tuas (pengungkit)

Pengungkit disebut juga tuas. Tuas adalah alat dengan bentuk menyerupai batang yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan manusia.

Banyak pekerjaan manusia menjadi lebih mudah diselesaikan karena menggunakan pengungkit. Pengungkit dapat mengubah gaya. Bentuk pengungkit dapat berupa batang yang bertumpu pada satu titik.

Pengungkit mempunyai tiga bagian, yaitu titik tumpu (TT), lengan kuasa (LK), dan lengan beban (LB).

  • Titik tumpu adalah titik tempat batang itu ditumpu.
  • Lengan kuasa adalah titik tempat gaya yang digunakan untuk mengangkat beban.
  • Lengan beban adalah titik tempat beban yang hendak diangkat.

Berdasarkan kedudukan titik tumpu, titik beban, dan titik kuasa, pengungkit dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu pengungkit jenis pertama, kedua, dan ketiga.

a. Pengungkit jenis pertama

Pernahkah kamu mencabut paku dengan menggunakan palu pencabut paku? Ternyata mencabut paku dengan menggunakan palu terasa lebih mudah daripada menggunakan jari-jari tangan kita. Cara mencabut paku dengan menggunakan palu termasuk memakai prinsip pengungkit jenis pertama.

Pengungkit jenis pertama yaitu pengungkit yang titik tumpunya terletak di antara titik beban dan titik kuasa. Contohnya jungkat-jungkit, gunting, palu untuk mencabut paku, dan timbangan.

gambar pesawat sederhana

Pesawat sederhana: pengungkit jenis pertama (Sumber: buku IPA Kelas 5).

b. Pengungkit jenis kedua

Pengungkit jenis kedua yaitu pengungkit yang titik bebannya terletak diantara titik tumpu dan titik kuasa. Contohnya, gerobak dorong yang beroda satu, pemotong plat baja, pemotong kertas, dan alat pemecah buah kemiri.

contoh gambar pesawat sederhana

Pesawat sederhana: pengungkit jenis kedua (Sumber: buku IPA kelas 5).

c. Pengungkit jenis ketiga

Pengungkit jenis ketiga yaitu pengungkit yang titik kuasanya terletak diantara titik tumpu dan titik beban. Contohnya sekop dan penjepit makanan.

contoh gambar pesawat sederhana

Pesawat sederhana: pengungkit jenis ketiga (Sumber: buku IPA Kelas 5).

Tahukah kamu?

jenis-jenis energi alternatif

Jenis-Jenis Energi Alternatif. (Sumber: freepik.com)

macam-macam energi

Macam-Macam Energi dan Sumbernya

2. Katrol

Pernahkah kamu menjadi petugas pengibar bendera saat upacara? Tahukah kamu benda apa yang berada di ujung tiang bendera? Di ujung tiang bendera terdapat katrol.

Katrol adalah roda kecil yang tepinya beralur dan dapat berputar pada sebuah poros. Katrol berguna untuk mengang- kat benda atau menarik suatu beban. Katrol dapat mengubah arah gaya. Benda-benda yang berat dapat diangkat secara mudah dengan katrol.

Katrol dibedakan menjadi tiga yaitu katrol tetap, katrol bebas, dan katrol majemuk.

a. Katrol Tetap

Katrol tetap adalah katrol yang dipasang pada tempat yang tetap dan posisinya tidak berubah. Katrol tersebut tidak dapat bergeser atau berpindah tempat. Tali atau rantai yang dililitkan di katrol, pada salah satu ujungnya diberi beban dan di ujung yang lain ditarik kuasa ke bawah. Contoh katrol tetap adalah katrol sumur timba dan katrol untuk menaikturunkan bahan bangunan.

katrol tetap

Katrol tetap

b. Katrol Bebas

Katrol bebas disebut juga dengan katrol bergerak. Katrol bergerak adalah katrol yang dikaitkan dengan tali tergantung dan katrol dapat berpindah-pindah tempat atau bergeser.

Keuntungan menggunakan katrol bebas adalah gaya yang diperlukan untuk menarik benda lebih kecil daripada menggunakan katrol tetap.

katrol bebas

Katrol bebas

c. Katrol Majemuk

Katrol majemuk adalah perpaduan antara katrol tetap dengan katrol bebas. Pada katrol majemuk, terdapat dua katrol yang masing-masing berfungsi sebagai katrol tetap dan katrol bergerak.

Ada juga katrol majemuk yang terdiri atas dua blok katrol. Blok katrol adalah dua katrol yang dipasang ber- dampingan pada satu poros. Katrol jenis ini banyak digunakan untuk mengangkat beban yang sangat berat.

katrol majemuk

Katrol majemuk

3. Bidang Miring

Bidang miring merupakan salah satu pesawat sederhana. Bidang miring sering digunakan untuk memindahkan suatu benda ke tempat yang ketinggiannya berbeda. Tujuan digunakannya bidang miring ini adalah untuk mempermudah pekerjaan.

Prinsip bidang miring tidak hanya digunakan untuk memindahkan suatu benda ke tempat yang ketinggiannya berbeda. Kita bisa menjumpai banyak penerapan dari pesawat sederhana bidang miring di sekitar kita, misalnya jalan di daerah pegunungan dibuat berkelok-kelok dan orang menaikkan tong ke truk menggunakan sebilah papan.

pesawat sederhana bidang miring

Pesawat sederhana: bidang miring (Sumber: buku IPA Kelas 5).

Main gim yuk!

kelebihan dan kekurangan energi matahari

Kelebihan dan Kekurangan Energi Matahari

Bantu sebarkan agar anak-anak tahu cara menyenangkan untuk belajar mandiri:
error120
fb-share-icon34
Tweet 30
fb-share-icon28
Subscribe Yuk!Seru kan permainannya?

Yuk berlangganan untuk mendapatkan update materi dan games terbaru!