Pada kehidupan sehari-hari, manusia, hewan, dan tumbuhan memerlukan energi. Sebagian energi yang digunakan tumbuhan berasal dari matahari. Sementara itu, manusia selalu ingin bekerja secara lebih mudah, cepat, dan praktis. Untuk mendapatkan energi tambahan, manusia menggunakan berbagai macam mesin. Lalu apa saja macam energi? Di sini kita akan membahasnya satu persatu.

Coba perhatikan saat ibu, kakak, atau mungkin ayahmu sedang memasak! Menggunakan apakah mereka? Untuk keperluan memasak, mereka menggunakan alat memasak, seperti kompor yang berbahan bakar, antara lain minyak tanah, batu bara, dan gas alam. Bahan-bahan bakar tersebut merupakan contoh macam-macam sumber energi.

Energi atau tenaga merupakan kemampuan untuk melakukan suatu usaha atau kerja. Ada banyak macam energi yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari, seperti energi panas, energi listrik, energi bunyi, energi cahaya, energi gerak, energi kimia, dan lain sebagainya.

macam-macam energi

Macam-Macam Energi dan Sumbernya (Sumber foto: Designed by evening_tao / Freepik)

Macam-Macam Energi dan Sumbernya

1. Energi panas

Energi panas dapat diperoleh dari berbagai sumber, yaitu:

A. Matahari

Matahari merupakan sumber energi tersebesar di bumi. Selain menghasilkan energi panas, matahari juga menghasilkan energi cahaya. Panas matahari sampai ke bumi dengan cara penyinaran yang sering disebut dengan istilah radiasi.

Energi panas sangat penting bagi kehidupan sehari-hari. Berikut adalah beberapa manfaat energi panas:

  • Mengeringkan pakaian.
  • Membuat garam secara tradisional.
  • Dimanfaatkan oleh tumbuhan untuk melakukan fotosintesis (membuat makanan).

B. Api

Api sering dimanfaatkan untuk memasak, menghangatkan tubuh, dan sebagai alat penerangan di malam hari. Api dapat dihasilkan dari gesekan dua benda seperti kayu yang kering. Namun, sekarang kita bisa dengan mudah membuat api menggunakan korek api, bahan bakar seperti minyak dan gas, dan juga benda yang mudah terbakar seperti kayu dan kertas.

C. Gesekan suatu benda

Gesekan dua benda juga dapat menghasilkan energi panas. Sekarang, coba rapatkan kedua tanganmu, lalu gosok-gosokkan! Apa yang kamu rasakan? Jika kedua telapak tanganmu dirapatkan dan digosok- gosokkan, maka akan timbul panas. Panas tersebut timbul akibat gesekan permukaan kedua telapak tanganmu. Energi panas menyebabkan tanganmu menjadi terasa hangat.

Makin hangat sebuah benda, makin banyak energi yang dimilikinya. Kamu akan merasa hangat jika berada di dekat api unggun. Hal ini disebabkan tubuhmu menerima energi panas dari api unggun tersebut. Panas yang berpindah ini disebut kalor.

Api kompor dapat mematangkan makanan karena terdapat energi panas yang berpindah dari api ke makanan. Apakah kamu dapat menemukan contoh sumber panas yang lain?

2. Energi listrik

Setiap hari kita menggunakan energi listrik, untuk menghidupkan lampu, komputer, televisi, lemari es, dan alat elektronik lainnya. Energi listrik berasal dari berbagai sumber seperti air, angin, panas bumi, nuklir, matahari, dll. Energi listrik terjadi karena adanya muatan listrik yang bergerak.

Untuk menghasilkan energi listrik dari sumber-sumber tersebut harus menggunakan pembangkit listrik, misalnya Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), dan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN).

3. Energi cahaya

Energi cahaya berasal dari benda-benda yang memancarkan cahaya. Energi cahaya biasanya disertai bentuk energi lain seperti energi panas. Matahari merupakan salah satu sumber energi cahaya. Selain itu, energi cahaya juga berasal dari api, lampu dan bintang-bintang di langit.

4. Energi kimia

Energi kimia adalah energi yang dilepaskan selama reaksi kimia. Energi kimia terdapat pada makanan yang kita makan dan bahan bakar kendaraan seperti solar, bensin, avtur, dan minyak tanah. Energi kimia juga dapat ditemukan pada baterai dan aki.

5. Energi bunyi

Energi bunyi adalah energi yang berasal dari getaran dari benda yang berbenturan. Benda atau alat yang dapat menimbulkan bunyi disebut sumber bunyi. Contoh benda-benda tersebut, antara lain, gong yang dipukul, biola yang digesek, gitar yang dipetik, angklung yang digoyang, dan ketipung yang dipukul. Bila kita mainkan, maka alat-alat musik tersebut dapat menghasilkan bunyi yang indah.

Baca juga:

6. Energi gerak

Energi gerak dihasilkan dari benda-benda yang bergerak. Misalnya aliran air dan angin yang digunakan untuk menggerakkan kincir air dan angin. Kincir air dan angin selanjutnya akan menggerakkan dinamo yang bisa menghasilkan energi listrik. Dalam hal ini, air dan angin menjadi sumber energi gerak.

Pada dasarnya, energi memiliki sifat kekal, yang artinya tidak bisa hilang, tapi bisa diubah menjadi bentuk lain. Misalnya energi gerak pada air yang mengalir bisa diubah menjadi energi listrik yang kemudian menghasilkan energi gerak, cahaya, dan juga panas.

Walaupun energi bersifat kekal, namun tidak semua sumber energi bersifat kekal. Beberapa sumber energi bisa habis, contohnya air sungai yang mengering, bahan bakar minyak bumi dari fosil yang bisa habis, batu bara, dan masih banyak lagi. Inilah mengapa pemanfaatan sumber energi tidak boleh berlebihan. Sumber energi harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya karena bila habis maka tidak akan bisa diperbaharui lagi.

Main gim yuk!

bunyi dan sifatnya

Teka-teki silang bunyi dan sifatnya

latihan soal sumber energi

Latihan Soal Sumber Energi

kelebihan dan kekurangan energi matahari

Kuis Kelebihan dan Kekurangan Energi Matahari

Bantu sebarkan agar anak-anak tahu cara menyenangkan untuk belajar mandiri:
error120
fb-share-icon34
Tweet 30
fb-share-icon28
Subscribe Yuk!Seru kan permainannya?

Yuk berlangganan untuk mendapatkan update materi dan games terbaru!