Untuk bisa bergerak, setiap kendaraan memerlukan bahan bakar. Bahan bakar tersebut merupakan olahan dari minyak bumi yang terbuat dari fosil yang telah mengendap selama jutaan tahun. Minyak bumi adalah salah satu contoh sumber energi yang tidak terbarukan, yang berarti tidak bisa diperbaharui lagi ketika sudah habis. Untuk itu dibutuhkan sumber energi alternatif yang bisa menggantikannya.

Energi yang digunakan untuk menggantikan energi yang akan habis di alam disebut energi alternatif. Dengan kata lain, energi alternatif adalah energi pengganti bahan bakar fosil (minyak bumi dan batubara) yang jumlahnya terbatas. Contoh energi alternatif antara lain energi air, energi angin, energi matahari, energi panas bumi, dan energi bio (berasal dari makhluk hidup).

Jenis-jenis energi alternatif

Jenis-Jenis Energi Alternatif

Tahukah kamu?

Jenis-Jenis Sumber Energi Alternatif

1. Energi Matahari

Matahari merupakan sumber energi terbesar dan utama di bumi. Hampir semua energi yang berada di bumi berasal dari matahari. Dalam sinar matahari tersimpan energi radiasi yang dapat diubah menjadi energi listrik dan energi kalor atau panas.

Untuk dapat mengubah energi radiasi sinar matahari menjadi energi listrik dan energi kalor, dibutuhkan peralatan yang menggunakan sel-sel surya yang selanjutnya disebut dengan panel surya. Panel surya biasa ditempatkan di tempat yang terkena matahari secara langsung, seperti atap rumah atau lapangan agar bisa menyerap energi radiasi sinar matahari dengan maksimal.

Selanjutnya, energi tersebut disimpan dalam baterai yang selanjutnya bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan energi listrik di rumah atau kantor.

Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan penggunaan energi matahari sebagai energi alternatif:

Kelebihan penggunaan energi matahari sebagai energi alternatif:

  • Sumber energi tidak terbatas atau dapat diperbaharui
  • Tidak menimbulkan polusi suara atau udara.
  • Dapat digunakan di daerah terpencil.
  • Sumber energi gratis.
  • Aman dari praktik pencurian daya.

Kekurangan penggunaan energi matahari sebagai energi alternatif:

  • Pemasangan panel surya masih mahal.
  • Hanya bisa maksimal jika digunakan di tempat dengan intensitas sinar matahari banyak.
  • Hanya bisa maksimal pada cuaca dan iklim tertentu saja.
  • Hanya tersedia pada siang hari saja.

2. Energi Air

Energi air yang deras merupakan sumber energi gerak. Energi ini dapat digunakan untuk menghasilkan energi listrik, misalnya aliran air sungai, air terjun, dan juga bendungan. Arus air yang kencang bisa digunakan untuk menggerakkan turbin yang memutar generator. Generator yang berputar tersebut akan menghasilkan energi listrik.

Dengan memanfaatkan energi air ini, Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) mengubah energi air menjadi energi listrik yang kemudian disalurkan ke rumah-rumah dan kantor. Namun, karena pembuatan PLTA sangat mahal, hanya arus air yang sudah memenuhi syarat saja yang bisa digunakan.

3. Energi Angin

Pernahkah kalian melihat sebuah kincir angin? Sebuah kincir angin bisa berputar ketika ada angin yang bertiup. Angin adalah salah satu sumber energi alternatif yang murah dan tidak mengakibatkan polusi yang berbahaya.

Penggunaan energi angin pada kincir angin akan menghasilkan listrik. Baling-baling pada kincir angin akan berputar cepat apabila ada angin besar yang bertiup. Putaran ini dapat menggerakkan turbin pada suatu pembangkit tenaga listrik. Jadi, energi angin dapat dijadikan sumber pembangkit energi listrik.

Sayangnya, kincir angin untuk pembangkit listrik tenaga angin tidak bisa dibuat di sembarang tempat karena:

  • Ukurannya besar sehingga tidak menghemat tempat dan mahal, sedangkan energi listrik yang dihasilkan kecil. Oleh karena itu, harga rupiah per watt lebih mahal daripada sumber energi konvensional (minyak bumi, dan batu bara).
  • Kecepatan angin yang dibutuhkan cukup tinggi. Dengan demikian hanya sedikit daerah di dunia yang memenuhi syarat tersebut.

4. Energi Panas Bumi (Geotermal)

Energi panas bumi adalah energi yang dihasilkan oleh magma di dalam perut bumi. Energi panas bumi disebut juga energi geotermal. Energi tersebut banyak digunakan terutama di daerah-daerah pegunungan.

Batuan panas yang terbentuk beberapa kilometer di bawah permukaan bumi memanaskan air di sekitarnya sehingga akan dihasilkan sumber uap panas atau geiser. Sumber uap panas tersebut kemudian dibor. Uap panas yang keluar dari lubang pengeboran, setelah disaring, dapat digunakan untuk menggerakkan turbin yang akan memutar generator sehingga menghasilkan energi listrik.

Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) adalah sebutan untuk pembangkit listrik yang memanfaatkan energi panas bumi. Di Indonesia, ada PLTP Kawah Kamojang di Jawa Tengah dan PLTP Bayongbong di Jawa Barat.

Masalah yang dihadapi dalam pemanfaatan energi panas bumi adalah

  • Sulitnya pengeboran tanah.
  • Biaya yang tinggi.
  • Sedikitnya tempat yang memenuhi syarat untuk pembangunan PLTP.

5. Energi Biomassa

Tumbuhan dan hewan menghasilkan material yang disebut bahan bakar biomassa. Kayu merupakan salah satu contoh bahan bakar yang dihasilkan oleh makhluk hidup, yaitu tumbuhan. Kebutuhan akan kayu tidak hanya sebagai bahan bakar saja. Kayu juga dimanfaatkan manusia untuk membuat rumah dan perabotan lainnya.

Semakin menipisnya cadangan kayu, menimbulkan gagasan untuk menggunakan kotoran hewan sebagai bahan bakar. Kotoran ternak dimanfaatkan sebagai biogas. Pemanfaatan energi alternatif biogas dari kotoran hewan tersebut saat ini sedang dikembangkan. Salah satu bentuk pemanfaatan energi alternatif biogas adalah menggunakan gas dari kotoran hewan untuk memasak dan sebagai pengganti tabung gas.

Saat ini, di Indonesia juga dikembangkan sumber energi alternatif yang dapat diperbarui, yaitu penggunaan biji jarak yang dikenal sebagai biodiesel.

Ciri-Ciri Sumber Energi Alternatif

  1. Energi alternatif harus dapat digunakan berulang-ulang atau tanpa batas
  2. Energi alternatif harus memiliki jumlah yang berlimpah.
  3. Pengolahan energi alternatif tidak boleh merusak alam.
  4. Energi alternatif harus aman serta tidak menimbulkan berbagai penyakit akibat pengolahan dan penggunannya.
  5. Energi alternatif harus ramah lingkungan.

Main gim yuk!

latihan soal sumber energi

Latihan Soal Sumber Energi

bunyi dan sifatnya

Teka-teki silang bunyi dan sifatnya

kelebihan dan kekurangan energi matahari

Kelebihan dan Kekurangan Energi Matahari

Bantu sebarkan agar anak-anak tahu cara menyenangkan untuk belajar mandiri:
error120
fb-share-icon34
Tweet 30
fb-share-icon28
Subscribe Yuk!Seru kan permainannya?

Yuk berlangganan untuk mendapatkan update materi dan games terbaru!