Kalian pasti pernah melihat sebuah es batu yang jika dibiarkan selama beberapa waktu akan berubah menjadi air. Sebaliknya, jika air dimasukkan ke dalam mesin pendingin atau freezer, maka akan berubah menjadi es batu. Apa yang terjadi pada air dan es batu adalah contoh perubahan wujud.

Benda padat, cair, dan gas bisa mengalami perubahan wujud. Perubahan wujud tersebut terjadi apabila benda dipanaskan atau didinginkan dengan suhu tertentu.

bagan perubahan wujud benda

Bagan perubahan wujud benda.

Macam-Macam Perubahan Wujud Benda

1. Membeku

Contoh perubahan wujud benda dengan cara pembekuan yaitu air menjadi es. Coba kalian ambil satu gelas air dan masukkan ke dalam freezer atau mesin pendingin. Tinggalkan selama beberapa jam. Lalu kembalilah dan lihat hasilnya. Apa yang terjadi? Air tersebut akan berubah menjadi es. Air yang sebelumnya adalah benda cair berubah menjadi benda padat berupa es dan ini dinamakan membeku.

Membeku adalah proses perubahan wujud dari benda cair menjadi benda padat.

2. Mencair

Ambillah sebuah es dari dalam freezer lalu letakkan di area terbuka atau di bawah sinar matahari. Setelah beberapa waktu, es tersebut akan berubah menjadi cair. Es yang semula merupakan benda padat telah berubah menjadi benca cair.

Sama halnya ketika kalian memegang coklat untuk waktu yang lama. Panas tubuh yang disalurkan oleh jari kalian akan membuat coklat meleleh. Perubahan wujud yang terjadi pada es dan coklat disebut dengan mencair. Mencair adalah proses perubahan wujud dari benda padat menjadi benda cair.

Tahukah kamu?

macam-macam simbiosis

Macam-Macam Simbiosis. (Sumber: freepik.com)

3. Menguap

Kamu tentu sudah pernah memasak air, kan? Air yang dipanaskan lama-kelamaan akan mendidih, dan kemudian akan menguap. Itu berarti, air berubah dari wujud cair menjadi wujud gas (uap air).

Hal yang sama juga terjadi ketika kita meletakkan spirtus di sebuah cawan. Lama-kelamaan, spirtus tersebut akan menguap dan tidak meninggalkan bekas. Peristiwa perubahan wujud dari cair menjadi gas disebut menguap.

4. Mengembun

gambar mengembun

Titik-titik air pada gelas adalah contoh pengembunan.

Kamu tentu pernah meminum teh hangat. Pernahkah kamu mem- perhatikan tutup gelasmu? Apa yang kamu lihat? Kamu melihat titik- titik air, bukan? Darimanakah titik-titik air itu berasal? Titik-titik air itu berasal dari minuman panas yang menguap. Uap minuman bergerak ke atas mengenai tutup gelas. Saat bersentuhan dengan tutup gelas yang semula dingin, maka uap minuman itu berubah menjadi titik-titik air. Perubahan wujud benda dari gas menjadi cair disebut mengembun.

5. Menyublim

Pernahkah kamu mengamati kapur barus yang diletakkan di dalam lemari? Bagaimana bentuk- nya? Lama-kelamaan kapur barus akan mengecil dan habis. Udara di dalam lemari menjadi harum. Kejadian itu menunjukkan bahwa kapur barus berubah wujud dari padat menjadi gas. Dari mana kamu tahu kapur barus itu berwujud gas? Ingat kembali sifat gas. Gas mempunyai sifat menempati ruang. Akan tercium bau kapur barus, bukan? Jadi, perubahan wujud benda dari padat menjadi gas disebut menyublim.

6. Mengkristal

menyublim adalah

Garam adalah contoh perubahan wujud menyublim. (Sumber: jayakartanews.com)

Tahukah kalian jika garam dapur berasal dari air laut? Lalu bagaimana cara membuatnya? Cara membuat garam adalah dengan memanaskan air laut sampai airnya menyusut dan yang tertinggal hanyalah garam saja. Proses pembuatan garam merupakan perubahan wujud benda dalam bentuk kristal.

Peristiwa perubahan wujud benda dari gas menjadi padat disebut mengkristal. Dalam prosesnya diperlukan bantuan dari energi panas agar perubahan wujudnya bisa terjadi dengan maksimal.

Tahukah kamu?

daur hidup hewan

Daur Hidup Hewan (Metamorfosis Sempurna dan Tidak Sempurna) (Sumber: freepik.com)

Perubahan wujud benda yang tidak kembali ke wujud semula

Beberapa benda yang sudah berubah wujud bisa dikembalikan ke wujudnya yang semula. Misalnya es yang dicairkan bisa diubah menjadi es kembali jika air dimasukkan ke dalam mesin pendingin.

Namun, tidak setiap benda yang sudah berubah wujud bisa kembali ke wujudnya semula. Sebuah kertas yang dibakar dan sudah berubah menjadi abu tidak akan bisa diubah menjadi kertas lagi. Begitu juga dengan spirtus dan minyak wangi yang sudah menguap. Kita tidak akan bisa mengembalikan uap spirtus dan minyak wangi ke dalam bentuk cair lagi.

Sedangkan benda yang tidak bisa mengalami perubahan wujud dari padat ke cair lalu kembali ke padat lagi adalah es krim yang diletakkan di ruang terbuka.

Jadi, ada enam macam perubahan wujud yang bisa terjadi pada benda cair, gas, dan padat, yaitu membeku, mencair, menguap, mengembun, menyublim, dan mengkristal. Bisakah kalian memberikan contoh perubahan wujud benda yang terjadi di sekitar kalian?

Main gim yuk!

soal perubahan wujud benda

Soal Perubahan Wujud Benda Cair, Gas, dan Padat

Daur hidup kupu-kupu

Mengurutkan Daur Hidup Kupu-Kupu

gambar benda hidup dan tak hidup

Permainan Memilih Gambar Benda Hidup dan Tak Hidup

Bantu sebarkan agar anak-anak tahu cara menyenangkan untuk belajar mandiri:
error120
fb-share-icon34
Tweet 30
fb-share-icon28
Subscribe Yuk!Seru kan permainannya?

Yuk berlangganan untuk mendapatkan update materi dan games terbaru!