Pernahkah kalian melihat seekor lebah yang hinggap di atas bunga? Dalam hal ini, bunga bergantung kepada lebah untuk menyebarkan serbuk sari agar bisa terjadi penyerbukan hingga akhirnya terjadi pembuahan. Sebaliknya, lebah mendapatkan keuntungan berupa nektar yang menjadi makanannya. Hubungan antara lebah dan bunga tersebut adalah salah satu contoh macam simbiosis yang terjadi di lingkungan kita.

Simbiosis adalah hubungan saling bergantung antara makhluk hidup satu dengan lainnya. Ini adalah sebuah bukti bahwa setiap makhluk hidup tidak bisa hidup sendiri. Berdasarkan bentuk ketergantungannya, ada tiga macam simbiosis: simbiosis mutualisme, simbiosis komensalisme, dan simbiosis parasitisme.

macam-macam simbiosis

Macam-Macam Simbiosis. (Sumber: freepik.com)

Macam-Macam Simbiosis

A. Simbiosis Mutualisme

Simbiosis mutualisme adalah hubungan antara makhluk hidup yang keduanya saling mendapatkan keuntungan.

Contoh simbiosis mutualisme adalah:

1. Serangga dengan bunga

Contoh hubungan antar makhluk hidup berikut yang membentuk simbiosis mutualisme adalah serangga dan bunga. Serangga mengambil nektar pada bunga sebagai makanannya. Nektar adalah cairan manis yang dihasilkan kelenjar madu di dalam bunga.

Saat mengambil nektar tersebut, serangga membantu memindahkan serbuk sari ke kepala putik bunga lain. Melekatnya serbuk sari ke kepala putik menyebabkan penyerbukan. Jadi, serangga membantu proses penyerbukan pada bunga.

2. Cacing tanah dan tumbuhan

Tumbuhan sangat terbantu oleh adanya cacing tanah yang membuat lubang-lubang di dalam tanah. Air dan udara yang diperlukan tumbuhan menjadi lebih mudah meresap dan diserap akar.

Sebaliknya, cacing tanah mendapatkan makanan dari daun-daun kering berguguran yang kemudian membusuk.

3. Burung jalak dan kerbau

Burung jalak sering terlihat berada di punggung kerbau. Sebenarnya jalak tersebut sedang mencari kutu yang ada di tubuh kerbau. Jalak mendapat keuntungan berupa kutu sebagai makanan. Sedangkan kerbau merasa nyaman karena tidak gatal.

Satu lagi keuntungan yang diperoleh oleh kerbau, yaitu adanya peringatan akan bahaya. Burung jalak akan segera terbang jika mengetahui adanya ancaman.

4. Jamur dan ganggang

Simbiosis mutualisme juga terjadi antara jamur dengan ganggang yang membentuk lumut kerak. Ganggang mampu berfotosintesis untuk menyediakan makanan bagi ganggang tersebut. Sedangkan jamur menyediakan sarana untuk berfotosintesis, yaitu sebagai penyedia air dan karbondioksida.

Tahukah kamu?

hewan herbivora karnivora omnivora

Mengenal Hewan Herbivora, Karnivora, dan Omnivora. (Sumber: Designed by Freepik)

B. Simbiosis Komensalisme

Simbiosis komensalisme adalah hubungan ketergantungan antara makhluk hidup di mana satu pihak diuntungkan namun pihak lain tidak dirugikan atau diuntungkan.

Contoh simbiosis komensalisme adalah:

1. Ikan remora dengan ikan hiu

gambar simbiosis komensalisme

Ikan remora dengan ikan hiu.

Ikan-ikan remora bersimbiosis dengan ikan hiu. Ikan-ikan kecil tersebut selalu berenang berdekatan dengan tubuh ikan hiu. Ikan remora mendapatkan sisa-sisa makanan dari ikan hiu. Selain itu, remora dapat bepergian kemanapun tanpa takut di mangsa oleh ikan besar lainnya.

2. Anggrek dan paku-pakuan dengan pohon besar

Anggrek dan berbagai jenis paku-pakuan hidup menumpang pada tumbuhan lain. Anggrek dan paku-pakuan mendapatkan tempat hidup yang dapat terjangkau sinar matahari. Hal ini bisa membantu mereka berfotosintesis.

Tumbuhan yang ditumpangi tidak dirugikan karena anggrek dan paku-pakuan dapat melakukan fotosintesis sendiri untuk mendapatkan makanannya.

Tahukah kamu?

daur hidup hewan

Daur Hidup Hewan (Metamorfosis Sempurna dan Tidak Sempurna) (Sumber: freepik.com)

C. Simbiosis Parasitisme

Simbiosis parasitisme adalah hubungan ketergantungan yang hanya menguntungkan salah satu pihak saja.

Contoh simbiosis parasitisme adalah

1. Benalu dan pohon inangnya

Selain menumpang hidup, benalu juga mengambil makanan dari tumbuhan inang yang ditumpanginya. Akibatnya, tumbuhan yang ditumpangi mengalami kerugian karena kehilangan zat-zat makanan dan pertumbuhannya terganggu.

2. Tumbuhan tali putri yang menumpang pada tumbuhan lain

Tumbuhan tali putri tidak bisa membuat makanan sendiri. Tumbuhan ini menghisap zat-zat makanan dari tumbuhan yang ditumpanginya sehingga menghambat pertumbuhan inangnya.

3. Ulat daun dengan tanaman

contoh gambar simbiosis parasitisme

Ulat makan daun.

Ulat daun yang memakan daun pada tanaman merupakan contoh simbiosis parasitisme. Ulat diuntungkan karena mendapatkan makanan berupa daun. Sedangkan tumbuhan dirugikan karena daunnya habis dimakan ulat sehingga proses fotosintesis tidak bisa dilakukan dengan maksimal.

4. Kutu dengan kucing

Kutu pada tubuh kucing menghisap darah sebagai makanannya. Kucing dirugikan karena kutu menghisap darah dan gigitan dari kutu tersebut menyebabkan gatal-gatal pada tubuh kucing.

Jadi, itu adalah 3 macam simbiosis yang terjadi pada makhluk hidup: simbiosis mutualisme, komensalisme, dan parasitisme.

Nah sekarang Coba amati sekitarmu dan perhatikan. Apakah kalian bisa memberikan contoh simbiosis yang terjadi di sekitarmu?

Main gim yuk!

daur hidup capung

Mengurutkan Daur Hidup Capung

herbivora, karnivora, omnivora

Hewan Berdasarkan Makanannya: Herbivora, Karnivora atau Omnivora?

Bantu sebarkan agar anak-anak tahu cara menyenangkan untuk belajar mandiri:
error120
fb-share-icon34
Tweet 30
fb-share-icon28
Subscribe Yuk!Seru kan permainannya?

Yuk berlangganan untuk mendapatkan update materi dan games terbaru!