Cahaya sangat bermanfaat bagi kehidupan. Cahaya membantu kita melihat benda-benda di sekitar kita dengan jelas. Matahari adalah sumber cahaya terbesar yang bisa menerangi bumi setiap harinya. Sebaliknya, tanpa cahaya, sekitar kita akan gelap gulita dan tentu akan susah bagi kita untuk mengenali sekitar kita. Itulah mengapa kita memerlukan lampu ketika malam tiba. Cahaya lampu memberikan penerangan untuk membantu kita melihat. Lalu, apa saja sifat-sifat cahaya? Di sini, kita akan belajar tentangnya.

Sifat-Sifat Cahaya dan Contohnya

1. Cahaya merambat lurus

Perhatikan cahaya matahari yang masuk ke rumah melalui celah-celah kecil, seperti genting kaca, celah daun pintu, atau celah daun jendela! Perhatikan arah jatuhnya cahaya tersebut. Apa yang dapat kamu lihat? Cahaya merambat lurus, bukan?

Untuk sifat cahaya dan contohnya, kalian juga bisa perhatikan ilustrasi di bawah ini:

sifat-sifat cahaya dan contohnya

Cahaya merambat lurus.

Lintasan cahaya disebut sinar atau berkas cahaya, contohnya:

  • Berkas cahaya yang merambat dari proyektor bioskop ke layar.
  • Terjadinya bayangan benda karena benda itu terhalangi cahaya.
  • Masuknya sinar matahari ke ruangan melalui suatu lubang.

2. Cahaya dapat diserap dan mempunyai kecepatan rambat 300.000 km/detik.

Sifat-sifat cahaya yang kedua adalah cahaya dapat diserap. Umumnya benda-benda berwarna gelap akan menyerap cahaya sehingga cahaya terkesan menjadi lebih redup. Sebagai contoh, jika kalian menggunakan baju berwarna gelap, kalian akan merasa suhu tubuh meningkat. Salah satu alasannya adalah karena baju berwarna gelap menyerap cahaya sehingga meningkatkan suhu tubuh.

Berapa lama cahaya matahari sampai ke bumi? Jarak matahari ke bumi sekitar 147 juta hingga 152 juta km. Dengan jarak sejauh itu, hanya diperlukan waktu sekitar 490 detik atau 8 menit 10 detik untuk cahaya matahari sampai ke bumi. Waktu tempuh cahaya matahari sampai ke bumi relatif singkat. Hal ini dikarenakan cahaya mempunyai kecepatan rambat 300.000 km/detik.

Tahukah kamu?

pesawat sederhana

Macam-Macam Pesawat Sederhana

3. Cahaya dapat merambat dalam ruang hampa dan benda-benda bening.

Walaupun matahari berada jauh di luar angkasa yang hampa udara, sinarnya tetap bisa mencapai ke bumi sehingga kita bisa merasakan hangat dan dapat melihat sekitar. Ini adalah contoh dari salah satu sifat cahaya, yaitu cahaya dapat merambat dalam ruang hampa.

Pada kehidupan sehari-hari, kita banyak menjumpai benda bening, antara lain, air, kaca, mika, gelas, dan lensa.

Cahaya yang mengenai benda-benda bening akan diteruskan, atau dapat dikatakan bahwa cahaya menembus benda bening. Sifat-sifat cahaya yang dapat menembus benda bening banyak dimanfaatkan dalam pembuatan perlengkapan rumah, antara lain, genting kaca, kaca jendela. Hal ini bertujuan agar cahaya matahari dapat masuk ke dalam rumah.

4. Cahaya merupakan gelombang elektromagnetik.

Cahaya adalah energi berupa gelombang elektromagnetik kasat mata yang memiliki panjang gelombang 380 hingga 750 nm.

5. Cahaya dapat dipantulkan.

Ketika cahaya mengenai suatu benda, maka sebagian cahaya akan diteruskan ke dalam benda yang dikenainya dan sebagai akan dipantulkan kembali. Misalnya kita dapat melihat benda pada siang hari walaupun semua lampu dimatikan. Hal ini dikarenakan sinar matahari dipantulkan oleh benda-benda di sekitar kita.

Pemantulan cahaya ada dua macam, yaitu:

  1. Pemantulan teratur yang terjadi pada permukaan yang rata dan tidak tembus cahaya. Pemantulan ini disebut pemantulan searah.
  2. Pemantulan tidak teratur terjadi pada permukaan yang tidak rata. Pemantulan ini disebut pemantulan difusi.

sifat-sifat cahaya

Main gim yuk!

Membedakan Daur Hidup Hewan yang Bermetamorfosis dan Tidak Bermetamorfosis

Membedakan Daur Hidup Hewan yang Bermetamorfosis dan Tidak Bermetamorfosis

6. Cahaya dapat dibiaskan atau dibelokkan.

Peristiwa pembiasan cahaya sering kamu amati di lingkungan sekitar. Pada siang hari yang terik, kamu akan melihat jalan aspal seolah berair. Padahal setelah kamu dekati, jalan aspal itu kering. Keadaan seperti ini dinamakan fatamorgana.

Contoh lain dari sifat-sifat cahaya yang dapat dibiaskan atau dibelokkan adalah penampakkan sendok yang bengkok ketika dimasukkan ke dalam gelas berisi air.

sifat-sifat cahaya dan contohnya

Pembiasan cahaya membuat sendok tampak bengkok.

7. Cahaya dapat diuraikan menjadi beberapa warna.

Sifat-sifat cahaya yang terakhir adalah cahaya dapat diuraikan menjadi beberapa warna. Sebagai contoh, kalian bisa mengambil sebuah prisma dan senter. Lalu, arahkan cahaya senter ke prisma dan perhatikan cahaya yang memancar dari prisma tersebut.

Cahaya yang memancar dari prisma tersebut memiliki beberapa warna. Padahal cahaya senter hanya satu warna. Contoh lain adalah pelangi yang muncul selepas hujan reda. Pelangi merupakan salah satu peristiwa yang menunjukkan bahwa cahaya memiliki sifat dapat diuraikan menjadi beberapa warna.

sifat cahaya dan contohnya

Cahaya bisa diuraikan menjadi beberapa warna.

Itulah sifat-sifat cahaya dan contohnya yang perlu kalian ketahui. Selanjutnya, kita akan berdiskusi tentang lensa dan alat optik.

Tahukah kamu?

perubahan wujud benda

Macam-Macam Perubahan Wujud Benda Cair, Gas, dan Padat. (Sumber: freepik.com)

Lensa dan Alat Optik

Lensa adalah benda transparan yang dibatasi oleh dua bidang lengkung atau dibatasi oleh satu bidang lengkung dan satu bidang datar. Contohnya lensa kacamata, lensa mata, dan lain-lain.

Lensa menggunakan sifat pembiasan cahaya dan efek kelengkungan permukaan. Lensa cembung atau konveks bersifat mengumpulkan sinar. Sedangkan lensa cekung atau konkaf menyebarkan sinar.

Lensa yang digunakan untuk membuat alat-alat disebut alat optik. Alat optik antara lain lup, kamera, mikroskop, dan teropong.

1. Lup

Lup adalah kaca pembesar. Lup di atas sebuah lensa cembung. Benda-benda kecil akan terlihat besar jika dilihat dengan lup.

2. Kamera

Kamera merupakan alat optik yang dapat merekam bayangan benda. Kamera biasa digunakan untuk memotret benda-benda dekat maupun benda jauh.

3. Mikroskop

Mikroskop adalah benda optik yang digunakan untuk melihat benda-benda kecil atau tidak kasat mata. Misalnya bakteri, jamur, dan benda-benda renik lainnya.

4. Teropong

a. Teropong bintang

Teropong bintang disebut juga teleskop. Teropong bintang digunakan untuk mengamati benda-benda angkasa yang jauh. Misalnya, untuk melihat bintang, planet, dan komet.

b. Teropong bumi

Teropong bumi disebut juga teropong yojana. Alat ini digunakan untuk melihat benda-benda jauh, yang terletak di permukaan bumi. Misalnya untuk melihat kondisi Medan dalam suatu pengintaian.

c. Teropong panggung

Teropong panggung adalah jenis teropong yang digunakan untuk melihat benda-benda jauh di panggung. Nama lain teropong panggung adalah teropong tonil.

5. Periskop

Periskop adalah teropong dengan cermin datar. Periskop digunakan pada kapal selam untuk melihat benda-benda di permukaan air.

Sumber gambar: Buku IPA Kelas 5 dan freepik.com

Bantu sebarkan agar anak-anak tahu cara menyenangkan untuk belajar mandiri:
error120
fb-share-icon34
Tweet 30
fb-share-icon28
Subscribe Yuk!Seru kan permainannya?

Yuk berlangganan untuk mendapatkan update materi dan games terbaru!