Sharing is caring!

Menulis Laporan Pengamatan dan Contohnya

Gambar: freepik

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, laporan pengamatan adalah laporan yang disusun berdasarkan pengamatan ilmiah terhadap suatu peristiwa. Laporan hasil pengamatan dapat dibuat sesuai catatan selama pengamatan terhadap suatu peristiwa yang ada. Tujuan penulisan teks laporan pengamatan adalah memaparkan suatu fenomena hasil dari pengamatan kepada pembacanya.

Menulis Laporan Pengamatan

Saat menulis laporan kegiatan, kamu harus memerhatikan urutan kegiatannya. Dengan demikian, laporan yang kamu tulis akan tersusun berdasarkan tahapannya. Untuk menyempurnakan laporanmu, kamu dapat meminta masukan dari teman dan gurumu. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah dalam menyusun laporan.

Sebelum melakukan pengamatan, kamu harus mempersiapkan dan menentukan tempat yang akan diamati. Pada pelaksanaannya, kamu dapat mencatat segala hal yang kamu lihat. Selain itu, kamu pun dapat mengajukan pertanyaan untuk melengkapi pengamatanmu. Setelah itu, kamu dapat membuat laporannya secara tertulis.

Menulis laporan pengamatan harus tersusun secara sistematis (teratur). Kamu dapat menulis laporan pengamatan dengan menggunakan sistematika penulisan sebagai berikut:

  1. Pendahuluan
    • Alasan mengamati tempat/objek itu
    • Tujuan pengamatan
  2. Isi (Hasil yang diperoleh dari pengamatan)
  3. Penutup (kesimpulan dan saran)

Tahukah kamu?

 

Contoh Kerangka Laporan Pengamatan

Situasi:

Pandu sedang mengamati kegiatan dan keadaan di sebuah bengkel mobil. Ketika berada di bengkel, dia mencatat hal-hal yang ada di sana, seperti pelayanan perbaikan dan perlengkapan mobil yang dijual. Selain itu, ia mengamati sikap pembeli dan sikap pekerja bengkel. Kemudian, Pandu membuat catatan. Catatan tersebut merupakan kerangka laporan.

Berikut adalah contoh kerangka laporan pengamatan Pandu:

contoh laporan pengamatan

Nah, teks laporan hasil pengamatan berisi informasi yang ditulis berdasarkan catatan-catatan tersebut. Bahan laporan tersebut dapat dikembangkan menjadi laporan pengamatan lengkap. Laporan tersebut berisi keterangan dan deskripsi yang lebih jelas.

Main gim yuk!

Sharing is caring!

Subscribe Yuk!Seru kan permainannya?

Yuk berlangganan untuk mendapatkan update materi dan games terbaru!