Sharing is caring!

menulis kalimat kritik dan kalimat anjuran

Gambar: freepik

“Tulisanmu ini tidak menarik sama sekali.” adalah contoh kalimat kritik. Dalam kehidupan bermasyarakat, tentu banyak sekali terdapat hal-hal yang kurang sesuai dengan pendapat atau keinginan kita. Hal tersebut dapat diungkapkan dengan cara mengkritik yang disertai dengan alasan yang masuk akal dan tidak menyinggung orang lain.

Menegur atau mengkritik merupakan salah satu cara untuk membangun motivasi pada diri orang lain. Menegur atau mengkritik berarti mengingatkan bila seseorang melakukan tindakan kurang baik, agar dia dapat mencoba kembali untuk melakukan tindakan yang lebih baik. Di dalam menegur atau mengkritik, seseorang harus dapat memperlihatkan kesalahan apa yang terjadi dan memiliki cukup fakta. Namun, lebih baik berikan saran-saran berharga yang membangun untuk mencapai sebuah keberhasilan yang baik.

Menulis Kalimat Kritik dan Kalimat Anjuran

Kalimat kritik adalah kalimat yang berisi kecaman atau tanggapan, kadang-kadang disertai uraian dan pertimbangan baik buruk terhadap suatu hasil karya, pendapat, dan sebagainya. Untuk mengungkapkan kritikan dapat dilakukan dengan menggunakan kalimat anjuran atau kalimat permintaan.

Kalimat anjuran adalah kalimat yang menyatakan suatu harapan agar dapat dilaksanakan. Kalimat anjuran dapat disebut baik apabila disampaikan dengan bahasa yang baik, lugas, dan tidak menyinggung. Ungkapan yang biasa dipakai dalam kalimat anjuran antara lain, kata supaya dan agar. Misalnya, supaya menjadi pandai kamu harus rajin belajar, dan agar sehat kamu harus rajin olahraga.

Contoh kalimat kritik yang membangun:

Situasi
Contoh Kalimat Kritik
Dua anak berkelahi
Untuk menyelesaikan masalah, sebenarnya tidak perlu berkelahi. Kita bisa menyelesaikannya dengan berbicara baik-baik.
Memukuli pencuri
Pencuri yang tertangkap sebaiknya tidak dihakimi sendiri dan dipukuli. Kita bisa menyerahkannya kepada yang berwajib.
Membuang sampah di selokan
Membuang sampah di selokan bukanlah tindakan yang baik karena akan mencemari lingkungan dan menimbulkan banyak dampak negatif. Lebih baik kita membuang sampah di tempat sampah.
Pencari ikan dengan setrum.
Mencari ikan dengan setrum bisa merusak habitat ikan dan melukai diri sendiri. Kita bisa menggunakan cara yang lebih baik untuk mencari ikan seperti menggunakan perangkap ikan atau jala.
kalimat kritik
Menyerobot antrean di loket pembayaran
Menyerobot antrean di loket pembayaran bukan sikap yang baik. Kita harus menghormati orang lain dan tertib dalam antrean.
Kalimat Kritik
Kamar tidur yang berantakan
Meninggalkan kamar tidur yang berantakan akan membuat suasana kamar menjadi kurang menyenangkan. Sebaiknya kita selalu merapikan kamar tidur setiap hari.

Tahukah kamu?

Contoh kalimat anjuran yang baik:

  1. Supaya kamu pandai, kamu harus rajin belajar.
  2. Kamu harus rajin berlatih soal dan belajar agar lulus ujian.
  3. Supaya sehat, kamu harus rajin olahraga.
  4. Kamu harus rajin menabung agar kaya.
  5. Supaya kamu dihargai orang lain, kamu harus berbudi pekerti yang baik.
  6. Agar disayang orang tua, kamu harus berbakti pada mereka.
  7. Supaya sukses, kamu harus bekerja keras dan berdoa.
  8. Agar sembuh, kamu harus rajin minum obat.
  9. Supaya baju rapi, bajumu harus disetrika.
  10. Agar lingkungan bersih, kamu harus ikut kerja bakti.

Tahukah kamu?

Sharing is caring!

Subscribe Yuk!Seru kan permainannya?

Yuk berlangganan untuk mendapatkan update materi dan games terbaru!