Sharing is caring!

“Sekarang jam berapa ya?” Ini adalah pertanyaan umum yang sering kita jumpai. Untuk bisa menjawabnya, mari kita belajar cara membaca jam analog dan digital terlebih dulu.

Ada dua tipe jam yang biasa kita temui: jam analog dan digital. Apa perbedaan jam analog dan digital? Lihat gambar di bawah ini.

jam analog dan digital

Jam analog adalah jam yang mempunyai tiga jarum: jarum panjang, jarum pendek, dan jarum detik. Beberapa jam analog bahkan hanya memiliki dua jarum jam: jarum panjang dan jarum pendek. Sedangkan pada jam digital, jarum jam tidak ada. Sebagai gantinya, kita bisa melihat angka yang menunjukkan jam pada layarnya.

Cara Membaca Jam Analog dan Digital

1. Jam analog

Membaca jam analog adalah hal yang mudah. Pada jam analog, kita harus memperhatikan di mana jarum panjang dan pendek berhenti.

Ayo perhatikan gambar jam berikut!

Jarum pendek menunjuk angka 9 dan jarum panjang menunjuk angka 12. Maka, kita bisa bilang kalau sekarang jam 9.
Jarum pendek menunjuk angka 10 dan jarum panjang menunjuk angka 12. Jam tersebut menunjukkan pukul 10.
Jarum pendek menunjuk antara angka 7 dan 8. Jarum panjang menunjuk angka 6. Jam tersebut menunjukkan pukul tujuh lebih tiga puluh menit atau setengah delapan.
Jarum pendek menunjuk antara angka 2 dan 3. Jarum panjang menunjuk angka 6. Jam menunjuk pukul dua lebih tiga puluh menit atau setengah tiga.

Dalam sehari semalam ada 24 jam. Pergantian hari dimulai pukul 00.00 tengah malam. Setelah pukul 12 siang, jam tidak ditulis 01.00, tapi diteruskan ke pukul 13.00 hingga pukul 24.00. Pukul 24.00 sama dengan pukul 12.00 malam atau 00.00 tengah malam.

Perhatikan tabel di bawah ini.

Pagi
Siang
Sore
Jarum pendek menunjuk angka 8 dan jarum panjang menunjuk angka 12. Jam dibaca pukul 08.00 (jam delapan pagi).
Jarum pendek menunjuk angka 11 dan jarum panjang menunjuk angka 12. Jam dibaca pukul 11.00 (jam sebelas siang).
Jarum pendek menunjuk angka 4 dan jarum panjang menunjuk angka 12. Jam menunjukkan pukul 16.00 (biasa dibaca jam empat sore).

Coba latihan cara membaca jam di bawah ini:

2. Jam digital

Cara membaca jam digital lebih mudah daripada membaca jam analog. Pada jam digital, kita hanya perlu membaca angka yang tertera pada layar saja.

Jam di samping menunjukkan pukul lima atau jam 05.00.
Jam di samping menunjukkan pukul sepuluh atau jam 10.00.
Jam di samping menunjukkan pukul setengah sembilan atau jam 8.30.
Jam di samping menunjukkan pukul setengah dua belas atau jam 11.30.

Itulah cara membaca jam analog dan digital. Mudah bukan? Jadi sekarang kalian bisa menjawab jika ada yang tanya, “Sekarang jam berapa ya?”

Yuk berlatih membaca mata uang!

Sharing is caring!

Subscribe Yuk!Seru kan permainannya?

Yuk berlangganan untuk mendapatkan update materi dan games terbaru!