Manusia muncul di bumi sekitar 3 juta tahun yang lalu. Tepatnya pada masa Pleistosen. Pada masa ini keadaan bumi masih berubah-ubah. Perubahan ini terjadi karena naik turunnya suhu udara dan panas dingin. Di masa kemunculannya, manusia tidak langsung mengenal tulisan. Masa ini dikenal dengan istilah Zaman Praaksara atau Zaman Prasejarah.

pengertian zaman prasejarah

Pengertian Zaman Prasejarah atau Praaksara

Zaman Prasejarah adalah zaman di mana manusia belum mengenal tulisan. Zaman Prasejarah bisa juga disebut sebagai Zaman Praaksara atau Nirleka, nir artinya tidak dan leka artinya tulisan/aksara. Itulah mengapa istilah praaksara lebih tepat dibandingkan istilah prasejarah untuk menggambarkan kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan.

Permulaan zaman ini belum diketahui secara pasti. Namun, berdasarkan teori yang dikemukakan oleh R. Soekmono dapat diketahui bahwa batasan zaman prasejarah diawali dengan kehadiran makhluk sejenis manusia di suatu daerah dan berakhir saat sudah ditemukannya sumber tertulis.

Tahukah kamu?

kebudayaan batu tua

Hasil kebudayaan batu tua atau zaman Palaelolitikum

Pembagian Zaman Prasejarah atau Zaman Praaksara

1. Zaman Arkhaikum

Zaman Arkhaikum adalah zaman tertua atau zaman permulaan dalam perkembangan bumi. Ada yang mengatakan bahwa bumi berusia 2.500 juta tahun yang lalu. Ada juga yang mengatakan satu miliar tahun yang lalu. Pada masa ini keadaan bumi belum stabil dan belum ada tanda-tanda kehidupan.

2. Zaman Paleozoikum

Zaman Paleozoikum adalah zaman kehidupan tertua yang berlangsung kira-kira 340 juta tahun. Zaman ini sudah ada kehidupan, yakni ini dimulainya dengan binatang kecil yang tidak bertulang belakang, seperti jenis ikan, amfibi, dan reptil.

Tahukah kamu?

Peninggalan sejarah yang bercorak Buddha di Indonesia

Peninggalan Sejarah yang Bercorak Buddha di Indonesia

3. Zaman Mesozoikum

Zaman Mesozoikum adalah zaman kehidupan pertengahan yang berlangsung kira-kira 140 juta tahun. Zaman ini ditandai dengan munculnya jenis reptil raksasa, seperti dinosaurus (panjangnya 12m) dan atlantasaurus (panjangnya 30m). Selain itu, jenis burung dan binatang menyusui telah berkembang.

4. Zaman Neozoikum atau Kainozoikum

Zaman Neozoikum adalah zaman kehidupan baru yang berlangsung kira-kira 60 juta tahun yang lalu sampai sekarang. Zaman ini terbagi ke dalam dua tipe:

Zaman tartair adalah zaman di mana semakin berkembangnya binatang menyusui, dengan reptil besar mulai punah. Jenis kera dan kera-manusia sudah ada pada akhir zaman ini.

Zaman quartair adalah zaman adanya manusia di atas permukaan bumi. Zaman ini dibagi ke dalam Pleistosen yang berlangsung kira-kira 600.000 tahun dan Zaman Holosen yang berlangsung kira-kira 20.000 tahun yang lalu hingga sekarang ini.

Jenis manusia purba telah muncul pada Zaman Neozoikum. Manusia merupakan makhluk hidup yang muncul paling terakhir di dunia. Sebelumnya, dunia ini telah dihuni oleh makhluk-makhluk seperti hewan menyusui dan jenis kera dan kera-manusia.

Selain itu, sebelumnya pun telah muncul jenis reptil purba, seperti dinosaurus dan atlantasaurus. Hewan raksasa ini ada yang menjadi pemakan tumbuhan dan juga yang menjadi pemakan daging. Jenis hewan seperti ini sudah punah jutaan tahun yang lalu.

Sumber gambar: freepik.com

Main gim yuk!

bangunan megalitikum

Bangunan Megalitikum – Permainan Hangman

Bantu sebarkan agar anak-anak tahu cara menyenangkan untuk belajar mandiri:
error120
fb-share-icon34
Tweet 30
fb-share-icon28
Subscribe Yuk!Seru kan permainannya?

Yuk berlangganan untuk mendapatkan update materi dan games terbaru!