Sharing is caring!

lembaga yudikatif

Gambar: freepik

Kamu sudah belajar mengenai lembaga eksekutif dan lembaga legislatif. Nah, sekarang kamu akan belajar mengenai lembaga yudikatif. Apakah fungsi dan wewenang lembaga yudikatif itu?

Tugas dan Wewenang Lembaga Yudikatif

Lembaga yudikatif adalah lembaga negara yang bertugas untuk mengadili pelanggar undang-undang. Lalu, siapa saja yang termasuk dalam lembaga yudikatif? Lembaga yudikatif terdiri dari Mahkamah Konstitusi (MK), Mahkamah Agung (MA), dan Komisi Yudisial (KY) merupakan lembaga yudikatif. Ayo kita pelajari bersama lembaga-lembaga tersebut.

1. Mahkamah Agung

Negara kita adalah negara hukum. Oleh karena itu, hukum harus ditegakkan. Setiap ada pelanggaran hukum harus ditindak sesuai hukum yang berlaku.

Tugas untuk menjamin tegaknya hukum diserahkan kepada Mahkamah Agung, dengan badan peradilan hukum lainnya.

Apakah kamu tahu apa yang dimaksud dengan Mahkamah Agung? Mahkamah Agung adalah pengadilan negara tertinggi dari semua lingkungan peradilan. Dalam melaksanakan tugasnya, Mahkamah Agung terlepas dari pengaruh pemerintah dan pengaruh-pengaruh lain.

Tugas-tugas dari Mahkamah Agung adalah sebagai berikut.

  • Menyelenggarakan peradilan guna tegaknya hukum dan keadilan.
  • Mengadili pada tingkat kasasi dan menguji peraturan perundang-undangan dengan tetap berdasar pada undang-undang. Yang dimaksud dengan kasasi adalah pembatalan putusan hakim karena dianggap tidak sesuai dengan undang-undang.
  • Memberikan pertimbangan kepada presiden mengenai pemberian grasi, amnesti dan rehabilitasi.

Tahukah kamu siapa nama ketua dan wakil ketua Mahkamah Agung di negara kita?

Yuk kenali lembaga legislatif Indonesia!

2. Komisi Yudisial

Komisi Yudisial adalah lembaga yudikatif yang bersifat mandiri. Lembaga ini berwenang untuk mengajukan calon hakim agung kepada DPR. Jika calon tersebut disetujui, maka selanjutnya calon itu ditetapkan sebagai hakim agung oleh presiden. Selain itu juga memiliki wewenang untuk menjaga, serta menegakkan kehormatan, keluhuran, martabat, dan perilaku hakim. Dalam UUD 1945, Komisi Yudisial diatur dalam pasal 24B. Bagaimana bunyinya?

3. Mahkamah Konstitusi

Mahkamah Konstitusi (MK) berwenang mengadili pada tingkat pertama dan terakhir yang putusannya bersifat final untuk menguji undang-undang terhadap undang-undang dasar, memutus sengketa kewenangan lembaga negara yang kewenangannya diberikan oleh Undang-undang Dasar, memutus pembubaran partai politik, dan memutus perselisihan tentang hasil pemilihan umum.

Mahkamah Konstitusi mempunyai peranan penting dalam menegakkan konstitusi dan prinsip negara hukum. Mahkamah Konstitusi memiliki sembilan orang anggota hakim konstitusi yang ditetapkan dengan keputusan presiden.

Konstitusi adalah segala ketentuan dan peraturan tentang ketatanegaraan suatu negara. Dalam bahasa Indonesia, konstitusi disebut dengan UUD.

Adanya lembaga legislatif, eksekutif, dan yudikatif dalam lembaga negara Indonesia membuktikan bahwa konstitusi berfungsi membatasi kekuasaan pemerintah agar tidak terjadi kesewenang-wenangan yang dapat dilaukan oleh pemerintah, sehingga hak-hak bagi warga negara dapat terlindungi dan tersalurkan.

Apa tugas dan wewenang lembaga eksekutif?

Sharing is caring!

Subscribe Yuk!Seru kan permainannya?

Yuk berlangganan untuk mendapatkan update materi dan games terbaru!