tetap semangat belajar di masa pandemi

Tak terasa sudah enam bulan pandemi memaksa kita untuk belajar di rumah. Bagaimana perasaanmu? Pasti bosan, kan? Bosan adalah hal yang wajar. Setiap orang mengalami kebosanan yang sama karena harus berada di rumah terus. Namun, sebaiknya kebosanan jangan dijadikan alasan untuk bermalas-malasan karena bagaimanapun tugas tidak akan selesai jika tidak dikerjakan. Ada baiknya jika kalian bisa memompa semangat belajar kalian kembali.

10 Tips Tetap Semangat Belajar Selama Pandemi

Berikut adalah 10 tips yang bisa kalian lakukan agar semangat belajar kembali berkobar.

1. Refleksi

Hal pertama yang bisa kalian lakukan adalah melakukan refleksi terhadap situasi. Refleksi ini bertujuan untuk menilik kembali progres yang sudah kalian lakukan selama enam bulan belajar mandiri di rumah. Hal ini akan membantu kalian untuk menyeting ulang target kalian kedepannya. Selain itu, refleksi juga membantu kalian mengingatkan kembali akan situasi yang sedang kalian hadapi.

2. Merasa wajar bila tidak produktif

Perlu dipahami jika situasi saat pandemi berbeda dengan situasi normal. Kita harus berada di rumah untuk menekan penyebaran coronavirus dan agar tidak terjangkit covid-19. Bagi banyak orang, berada di rumah sepanjang waktu sangatlah berat secara fisik dan mental. Bahkan selama enam bulan di rumah saja, mungkin kalian masih tetap belum terbiasa dan akhirnya mempengaruhi perkembangan, produktivitas, dan hasil belajar.

Jika kalian merasakan hal seperti ini, perlu kalian ketahui bahwa apa yang kalian rasakan adalah hal yang wajar. Yang perlu dilakukan adalah meluangkan waktu sejenak untuk istirahat dan beradaptasi di masa pandemi ini, belajar menerima keadaan, dan berbicara dengan teman atau saudara.

Jangan terlalu membebani diri untuk selalu produktif jika memang kondisi kalian sedang tidak baik. Ada baiknya kalian mengutarakan situasi yang kalian alami kepada guru agar guru bisa memahami situasi kalian. Dengan begitu, guru bisa mempertimbangkan tentang banyak tugas yang akan diberikan dan kalian pun akan merasa dipahami.

3. Mendesain ulang ruang belajar

Selama enam bulan belajar di rumah, perhatian kalian mungkin hanya terpusat pada tugas-tugas dari sekolah hingga tidak sempat memperhatikan keadaan sekitar. Sekarang coba ambil waktu sebentar untuk melihat kondisi ruang belajar kalian. Setelah itu, luangkan waktu untuk mendesain ulang ruang belajar kalian. Dengan memiliki kondisi ruang belajar yang nyaman, semangat belajar kalian selama di rumah juga akan meningkat.

4. Membuat daftar prioritas

Buatlah daftar agenda yang harus dilakukan dimulai dengan hal yang paling penting. Dengan membuat daftar prioritas, hari-hari kalian akan lebih terstruktur. Daftar prioritas membuat kalian mengerti apa saja yang harus dikerjakan di hari tersebut. Ini bisa menjadi salah satu cara untuk memompa semangat belajar selama di rumah.

Perlu diingat ketika membuat daftar prioritas, pikirkan juga kemampuanmu. Tidak masalah jika kalian hanya membuat sedikit daftar prioritas, sekitar tiga sampai lima. Menuliskan daftar agenda yang terlalu panjang hanya akan membuat kalian menjadi malas dan akhirnya malah tidak melakukan apapun.

5. Mengeset waktu

Setiap orang mempunyai waktu produktif yang berbeda-beda. Ada orang yang bisa sangat produktif di pagi hari. Sebaliknya, ada orang yang baru bisa produktif di malam hari. Coba kenali diri kalian sendiri untuk menentukan waktu yang tepat untuk belajar. Hal ini akan meningkatkan semangat belajar kalian selama di rumah. Dan tentu saja bisa memberikan hasil yang lebih maksimal.

BACA JUGA: Perhatikan 9 Hal Ini Ketika Mengajar Daring Selama Pandemi

6. Menyingkirkan gangguan

Siapa sih yang tidak kesal jika diganggu ketika sedang belajar? Konsentrasi bisa buyar yang berakibat pada menurunnya semangat belajar.

Gangguan bisa datang dalam berbagai bentuk, seperti noda di meja, suara notifikasi pesan, suara televisi, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, ada baiknya jika kalian menyingkirkan semua gangguan tersebut di awal dan menyiapkan semua keperluan yang dibutuhkan selama belajar.

Kalian juga bisa berbicara kepada orang di rumah bahwa kalian akan belajar selama beberapa waktu dan kalian tidak mau diganggu untuk sementara. Memberikan pemahaman yang baik kepada orang sekitar akan membuat mereka paham situasi kalian.

7. Fokus

Ini mungkin adalah hal terberat bagi banyak orang. Kebanyakan orang merasa bahwa memfokuskan diri pada satu tugas untuk waktu yang lama adalah hal yang berat untuk dilakukan. Biasanya mereka akan cepat merasa bosan lalu membuka sosial media sebagai tempat pelarian.

Pernahkah kalian mendengar tentang Pomodoro? Pomodoro adalah sebuah teknik yang bisa digunakan untuk meningkatkan konsentrasi kalian pada tugas yang sedang dikerjakan. Pomodoro sangat mudah untuk dilakukan, namun membutuhkan kemauan yang kuat.

Teknik Pomodoro adalah teknik di mana kalian harus fokus melakukan satu hal selama 25 menit lalu istirahat 5 menit. Lakukan hal yang sama selama empat kali berturut-turut. Baru setelah itu kalian bisa mendapatkan waktu istirahat yang lebih lama. Jika sudah terbiasa, tentu semangat belajar kalian juga akan meningkat.

8. Membuat tujuan yang realistis

Kalian mungkin bertanya-tanya, apa bedanya membuat tujuan yang realistis dengan daftar prioritas? Perbedaannya ada pada jangka waktu. Daftar prioritas dibuat untuk menentukan agenda harian atau tujuan jangka pendek. Sedangkan membuat tujuan yang realistis digunakan untuk menentukan tujuan jangka panjang.

Tentukan hal apa yang ingin kamu raih dalam seminggu, sebulan, triwulan, atau enam bulan ke depan. Misalnya kalian ingin bisa menguasai bahasa Inggris, Fisika, Matematika atau kemampuan lainnya. Namun, jangan terlalu tergesa-gesa untuk memenuhi tujuan tersebut karena menikmati proses adalah hal yang lebih penting.

9. Memberi penghargaan kepada diri sendiri

Memberi penghargaan kepada diri sendiri juga bisa meningkatkan semangat belajar kalian lho. Hargai pencapaian yang telah kalian buat dengan melakukan hal yang menyenangkan bagi diri sendiri. Apa saja contohnya? Menonton film favorit, memesan makan yang kalian suka, membaca buku, atau bahkan sekedar tidur siang. Intinya adalah buatlah diri kalian senang agar kalian tetap semangat belajar selama di rumah.

10. Luangkan waktu untuk diri sendiri

Yang terakhir untuk membuat kalian tetap semangat belajar selama pandemi adalah memberikan waktu luang untuk diri sendiri. Tidak akan ada artinya semua usaha yang kalian lakukan jika pada akhirnya kalian mengalami burn-out atau sakit.

Meluangkan waktu untuk diri sendiri sama pentingnya dengan menyelesaikan tugas-tugas sekolah. Lakukan hal yang membuat kalian merasa senang. Tidak masalah untuk berhenti sebentar agar kalian bisa berlari lebih jauh. Pada akhirnya, yang terpenting adalah kesehatan kalian sendiri agar bisa melewati pandemi ini.

Itulah 10 tips untuk tetap semangat belajar di rumah selama pandemi. Kalau kalian punya tips lain untuk meningkatkan semangat belajar yang belum disebutkan di atas, tulis di kolom komentar ya.

Aktivitas pembelajaran yang menyenangkan juga bisa membuat kalian tambah semangat belajar. Belajar Mandiri Yuk! menyediakan permainan yang membuat aktivitas belajar kalian lebih menyenangkan.

Sumber gambar: freepik.com

Bantu sebarkan agar anak-anak tahu cara menyenangkan untuk belajar mandiri:
error120
fb-share-icon34
Tweet 30
fb-share-icon28
Subscribe Yuk!Seru kan permainannya?

Yuk berlangganan untuk mendapatkan update materi dan games terbaru!