Sharing is caring!

Tahukah kamu contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan yang tidak dapat diperbaharui? Di sini kita akan membahasnya bersama.

Sumber daya alam adalah kekayaan alam. Tanah Air Indonesia mengandung beraneka sumber daya alam. Di dalam perut bumi Indonesia terdapat berbagai barang tambang. Di samping itu, kesuburan alam Indonesia juga merupakan sumber daya alam yang tidak ternilai harganya. Ada sumber daya alam yang dapat diperbarui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.

Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang dapat dihasilkan kembali meskipun telah digunakan. Jika sumber daya alam ini selalu dijaga dan dilestarikan maka tidak akan dapat habis.

Contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui di antaranya berupa tumbuhan, hewan, tanah, air, dan udara. Tumbuhan dapat diperbaharui dengan cara menanam kembali. Hewan dapat diperbaharui dengan cara diternakkan. Tanah dapat diperbaharui dengan cara pemupukan dan pengairan. Air dan udara dapat diperbaharui dengan cara proses daur ulang.

Berikut adalah beberapa jenis usaha yang memanfaatkan sumber daya alam yang dapat diperbaharui:

Usaha Pelestarian Tanaman

Menjaga dan melestarikan sumber daya alam dapat dilakukan melalui kegiatan pertanian, perkebunan, dan kehutanan. Di samping itu, ada juga pelestarian sumber daya alam dengan usaha tanaman hias.

a. Usaha Pertanian

Usaha pertanian paling banyak dilakukan oleh penduduk Indonesia. Ingatkah kamu, bahwa mata pencaharian sebagian penduduk Indonesia adalah bertani? Hal ini membuktikan bahwa bangsa Indonesia selalu mengupayakan usaha pelestarian sumber daya alam.

Selain sebagai usaha pelestarian alam, pertanian juga dapat mendatangkan hasil yang berupa tanaman-tanaman produktif. Hasil pertanian di Indonesia, misalnya padi, jagung, kacang-kacangan, kedelai, sayur-sayuran, dan ubi kayu.

Singkong adalah salah satu sumber daya alam yang baik untuk dikonsumsi selain padi, jagung, dan gandum. Cara menanamnya juga mudah sekali dan tidak memerlukan banyak air.

Dalam meningkatkan usaha pertanian, pemerintah mengupayakan intensifikasi, ekstensifikasi, dan mekanisasi. Intensifikasi adalah usaha meningkatkan kegiatan yang lebih hebat. Intensifikasi dilakukan melalui kegiatan pancausaha tani. Cobalah kamu cari apa saja kegiatan dalam pancausaha tani itu!

Ekstensifikasi adalah usaha peningkatan hasil pertanian dengan cara membuka lahan baru. Adapun mekanisasi adalah usaha peningkatan hasil pertanian dengan menggunakan mesin-mesin modern.

b. Usaha Perkebunan

Perkebunan di Indonesia sangat beragam. Ada usaha perkebunan teh, kopi, cengkih, dan perkebunan tembakau. Jenis usaha perkebunan disesuaikan dengan cuaca dan iklim di suatu daerah. Daerah pegunungan akan lebih cocok untuk usaha perkebunan teh, tembakau, kopi, dan cengkih. Daerah pantai lebih cocok untuk perkebunan kelapa. Daerah yang datar lebih cocok untuk perkebunan buah-buahan.

c. Usaha Kehutanan

Hutan di Indonesia digolongkan menjadi dua, yaitu hutan homogen dan hutan heterogen. Hutan homogen, adalah hutan yang hanya terdapat satu jenis tumbuhan, seperti hutan jati dan hutan karet. Hutan heterogen, adalah hutan yang ditumbuhi berbagai macam tumbuhan.

Di wilayah Indonesia banyak terdapat hutan hujan tropis. Udara di dalam hutan ini selalu panas dan lembap, sehingga pohon-pohon dapat tumbuh sepanjang tahun.

d. Usaha Tanaman Hias

Saat ini, juga tanaman hias banyak diminati orang. Selain sebagai koleksi, usaha ini juga dapat mendatangkan hasil yang besar. Jenis tanaman hias tertenu memiliki harga yang sangat mahal. Oleh sebab itu, tidak mengherankan kalau penduduk di kota-kota besar banyak yang melakukan usaha ini.

Beberapa daftar tanaman hias termahal adalah Janda Bolong (Monstera Obliqua), Monstera King Albo Variegata, Aglaonema, Philodendron, Rhaphidophora, Sansevieria, Rhaphidophora Tetrasperma, Alocasia Azlanii, Philodendron Minima Variegata, Half Moon Philodendron Pink Princess.

Apa kamu masih ingat isi sumpah pemuda?

2. Usaha Pelestarian Hewan

Usaha pelestarian sumber daya alam hewan dilakukan melalui kegiatan peternakan. Usaha peternakan terdiri dari usaha peternakan unggas, peternakan besar, dan perikanan.

a. Peternakan Unggas

Usaha Peternakan unggas meliputi peternakan ayam, itik, dan burung.

Peternakan unggas umumnya menghasilkan telur dan daging untuk konsumsi manusia. Namun, ada juga peternakan burung yang bermanfaat sebagai koleksi untuk menghasilkan burung-burung yang indah dan kicauan yang merdu. Hal ini biasanya dilakukan oleh para penggemar burung.

b. Peternakan Besar

Peternakan besar merupakan usaha untuk beternak hewan, seperti kuda, kerbau, sapi, dan kambing. Usaha ini sangat bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan makanan yang berupa daging.
Usaha peternakan besar dilakukan oleh para pengusaha karena membutuhkan biaya yang besar dan tanah yang luas. Akan tetapi, ada juga penduduk desa yang melakukan usaha ini sebagai usaha sampingan.

Selain diambil dagingnya, hewan ternak dapat juga dimanfaatkan tenaganya. Misalnya, kuda untuk menarik pedati atau kerbau untuk membajak sawah.

c. Usaha Perikanan

Usaha perikanan dibedakan menjadi usaha perikanan darat, perikanan laut, dan usaha ikan hias. Usaha perikanan darat dan perikanan laut untuk menghasilkan ikan sebagai bahan makanan. Tahukah kamu apa manfaat ikan bagi kesehatan?

Ikan sangat baik bagi pertumbuhan tubuh karena banyak mengandung protein. Di samping itu, daging ikan juga lezat rasanya. Pernahkah kamu makan ikan bakar atau ikan goreng? Bagaimana rasanya?

Ikan hias sangat banyak jenisnya. Harga ikan hias juga mahal. Ikan hias biasanya untuk koleksi dan dipelihara pada akuarium.

Sebutkan norma-norma yang berlaku di masyarakat!

3. Usaha Pelestarian Tanah

Tanah sangat bermanfaat bagi semua makhluk hidup. Selain sebagai tempat tinggal manusia dan hewan, tanah dapat digunakan untuk bahan baku kerajinan. Coba kamu sebutkan benda-benda yang terbuat dari tanah!

Selain itu tanah dapat juga digunakan untuk membuat bahan bangunan, seperti batu bata dan genting. Tanah sangat bermanfaat bagi kehidupan.

Kita harus selalu menjaga dan berusaha melestarikan kesuburan tanah. Cobalah kamu diskusikan, usaha-usaha apa saja yang dilakukan untuk melestarikan tanah?

4. Usaha Pelestarian Air

Air merupakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui karena jumlahnya sangat banyak (326 juta mil kubik atau 1.332 miliar kilometer kubik) dan tidak pernah berkurang. Air sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Selain untuk minum, air juga digunakan untuk mandi, mencuci, memasak, pembangkit tenaga listrik, dan sebagai sarana transportasi.

Sebagian wilayah Indonesia berupa perairan, baik berupa laut, sungai, danau, maupun bendungan. Di dalam wilayah perairan terkandung berbagai sumber daya alam, seperti hewan laut, rumput laut, dan terumbu karang.

5. Usaha Pelestarian Udara

Udara sangat bermanfaat bagi manusia. Fungsi utama udara adalah untuk pernapasan. Udara yang bersih sangat membantu kesehatan tubuh. Sebaliknya, udara yang tercemar akan mengganggu kesehatan. Udara yang bersih dapat dirasakan pada pagi hari. Udara bersih juga terdapat di daerah yang banyak tumbuh-tumbuhan, seperti pegunungan, hutan, dan perkebunan.

Udara di kota-kota besar biasanya sudah tercemar. Pencemaran udara disebabkan oleh banyaknya asap kendaraan bermotor, asap pabrik, asap rokok, dan bau sampah yang membusuk.

Diperlukan usaha untuk menjaga agar di kota-kota besar tidak terjadi pencemaran udara. Untuk mencegahnya dapat dilakukan dengan membuat taman-taman kota dan menanam pohon pelindung di tepi jalan.

Selain untuk pernapasan, udara dapat dimanfaatkan untuk keperluan yang lain, misalnya sebagai sarana olahraga, menggerakkan kapal layar, dan pembangkit tenaga listrik.

Apa yang dimaksud dengan harga diri?

Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, yaitu sumber daya alam yang semakin lama akan semakin habis. Sumber daya alam ini apabila sering digunakan akan lebih cepat habis. Oleh sebab itu, sumber daya alam ini harus digunakan secara bijaksana. Agar sumber alam tidak cepat habis, diperlukan usaha penghematan.

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, di antaranya bahan tambang dan minyak bumi. Berikut adalah beberapa jenis usaha yang memanfaatkan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui:

1. Bahan Tambang

Bahan tambang disebut juga bahan galian. Bahan tambang di Indonesia sangat beraneka ragam. Beberapa bahan tambang yang ada di Indonesia, antara lain besi, tembaga, emas, perak, dan aluminium. Bahan-bahan tambang ini sangat bermanfaat bagi manusia, khususnya sebagai bahan kebutuhan industri.

Ada juga bahan tambang yang digunakan untuk pembuatan berbagai barang perhiasan, seperti emas, perak, perunggu, dan mutiara. Bahan tambang ini harganya sangat mahal.

2. Minyak Bumi

Indonesia kaya akan minyak bumi. Tahukah kamu, dari mana asal minyak bumi itu? Minyak bumi berasal dari sisa-sisa hewan yang mati dan terpendam di dalam tanah berjuta-juta tahun yang lalu. Minyak bumi mengendap dalam lapisan bumi. Untuk mengambil minyak bumi dari dalam tanah, dilakukan usaha penambangan.

Minyak bumi sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia karena dapat digunakan sebagai sumber energi. Untuk dapat menggunakan minyak bumi, sebelumnya dilakukan pengolahan dahulu. Hasil olahan minyak bumi berupa avtur, pertalite, pertamax, solar, aspal, minyak tanah, bensol, dan kerosin. Setiap hasil olahan itu dapat digunakan untuk keperluan manusia.

Hasil olahan minyak bumi yang kita jumpai aspal, plastik, pertamax, pertalite, solar, dan minyak tanah. Pertamax, solar, dan pertalite digunakan untuk bahan bakar kendaraan bermotor. Pertamax, solar, dan pertalite dapat dibeli di SPBU.

3. Batubara

Batubara merupakan salah satu hasil tambang. Batubara berasal dari tumbuh-tumbuhan yang mati dan terpendam di dalam tanah berjuta-juta tahun yang lalu. Batubara digunakan sebagai bahan bakar di pabrik-pabrik untuk keperluan industri.

Selain sebagai bahan bakar, batubara dapat diolah untuk digunakan sebagai bahan pewarna dan pembuatan nilon. Tambang batubara semakin lama semakin berkurang, oleh karena itu diperlukan usaha penghematan agar tidak cepat habis.

Itulah berbagai contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan yang tidak dapat diperbaharui. Bisakah kamu menyebutkan contoh lain?

Sharing is caring!

Subscribe Yuk!Seru kan permainannya?

Yuk berlangganan untuk mendapatkan update materi dan games terbaru!