Pernahkah kalian bertanya-tanya, bagaimana tubuh mencerna makanan yang kita makan? Apa saja kah organ pencernaan manusia yang bertugas untuk memproses makanan hingga akhirnya bisa diserap oleh tubuh? Untuk mengetahui jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut, kalian bisa membaca penjelasan tentang sistem pencernaan manusia dan fungsinya di artikel ini.

Sistem pencernaan manusia pencernaan adalah proses melumatkan bahan makanan untuk diserap sarinya. Sari makanan yang telah diserap oleh pembuluh darah kemudian diedarkan ke seluruh tubuh. Lalu, sisa-sisa makanan yang telah diserap akan dikeluarkan oleh tubuh.

gambar organ pencernaan manusia

Gambar pencernaan manusia

Sistem Pencernaan Manusia dan Fungsinya

Sistem pencernaan makanan dalam tubuh dibedakan menjadi dua, yaitu pencernaan mekanis dan pencernaan kimia.

1. Pencernaan Mekanis

Pencernaan secara mekanis terjadi di dalam mulut. Makanan yang masuk ke dalam mulut kemudian dilumatkan oleh gigi. Lalu, makanan yang telah halus akan ditelan dan menuju ke lambung.

2. Pencernaan Kimia

Pencernaan ini dilakukan oleh enzim di dalam mulut, lambung, dan usus. Enzim tersebut berfungsi untuk memecah zat-zat makanan agar mudah diserap oleh tubuh. Organ pencernaan manusia secara berurutan meliputi mulut (gigi, kelenjar ludah, dan lidah), kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, dan anus.

a. Mulut

Mulut merupakan organ pencernaan pertama. Di dalam mulut terdapat gigi, lidah, dan air liur.

1. Gigi

Berdasarkan fungsinya, gigi dibagi menjadi tiga macam, yaitu:

    • Gigi geraham untuk mengunyah makanan.
    • Gigi taring untuk merobek atau mengoyak makanan.
    • Gigi seri untuk memotong makanan.

Gigi pada anak-anak dan orang dewasa tidak sama jumlahnya. Gigi pada anak-anak disebut gigi susu dan bersifat sementara. Setelah dewasa, gigi pada anak-anak akan digantikan oleh gigi permanen. Gigi Susu berjumlah 20 buah dan gigi permanen berjumlah 32 buah.

2. Kelenjar Ludah

Kelenjar ludah berfungsi untuk menghasilkan air ludah. Ada dua kelenjar ludah yang bisa menghasilkan air ludah, yaitu kelenjar ludah atas dan bawah. Kelenjar ludah atas terletak di belakang telinga, sedangkan kelenjar ludah bawah terletak di bawah lidah.

Air ludah tersebut digunakan untuk membantu menghancurkan makanan yang sedang dikunyah di dalam mulut. Air ludah juga mengandung enzim yang dapat mengubah makanan menjadi karbohidrat.

3. Lidah

Lidah terletak di bagian dasar rongga mulut. Bagian lidah dapat membedakan ras tertentu.

    • Bagian depan lidah atau ujung lidah peka terhadap rasa manis.
    • Bagian samping kanan dan kiri, peka terhadap rasa asin dan asam.
    • Bagian pangkal lidah, peka terhadap rasa pahit.
gambar lidah

Gambar lidah

b. Kerongkongan

Makanan yang telah lumat akan didorong dan disalurkan ke lambung melalui kerongkongan. Di dalam kerongkongan, makanan akan terdorong karena gerak kerongkongan. Gerak meremas-remas dan mendorong makanan masuk ke lambung oleh kerongkongan disebut gerak peristaltik. Kerongkongan berupa tabung bulat dengan panjang sekitar 20 cm.

c. Lambung

Lambung merupakan organ pencernaan yang terletak di sebelah kiri atas. Di lambung, makanan akan diremas dan dicampur dengan cairan getah lambung. Cairan getah lambung berfungsi untuk membunuh kuman-kuman yang bercampur dengan makanan. Getah lambung juga berfungsi untuk memecah makanan agar mudah diserap oleh usus.

Getah lambung dihasilkan oleh dinding lambung. Dalam getah lambung terdapat enzim-enzim:

  1. Pepsin: untuk mengubah protein menjadi pepton. Enzim pepsin yang belum aktif disebut pepsinogen.
  2. Asam klorida: untuk membunuh kuman yang terbawa bersama makanan, mengasamkan makanan di lambung, dan mengaktifkan pepsinogen menjadi pepsin.
  3. Renin: mengendapkan protein susu (kasein) menjadi air susu. Enzim ini terdapat pada bayi.

d. Usus halus

Usus halus merupakan bagian yang terpanjang dari saluran pencernaan. Makanan dari lambung yang telah hancur diteruskan ke usus halus. Di dalam usus halus, makanan dicampur dengan getah pankreas dan getah empedu. Makanan yang telah tercampur akan diremas-remas oleh otot-otot usus.

Sari makanan yang berbentuk diserap dan diedarkan ke seluruh tubuh oleh darah. Getah yang ada di dalam usus halus antara lain:

1. Getah pankreas, mengandung enzim:

    • Amilase, untuk menghancurkan zat tepung menjadi gula.
    • Lipase, untuk mengubah lemak menjadi gliserol dan asam lemak. Gliseroldan asam lemak dapat diserap oleh usus.
    • Tripsin, unutk mengubah protein manjadi asam amino.

2. Getah empedu berfungsi mengubah zat lemak menjadi cairan lemak. Cairan lemak dapat diserap oleh pembuluh darah yang terdapat pada usus halus.

e. Usus besar

Usus besar terletak di sebelah kanan bagian bawah. Usus besar bersambungan dengan usus halus. Permulaan usus besar disebut usus buntu. Pada bagian usus buntu terdapat tambahan yang disebut umbai cacing.

Usus besar berakhir pada saluran yang bermuara di anus. Makanan yang telah berupa ampas akan didorong ke usus besar. Di dalam usus besar terjadi kehancuran sisa makanan dengan bantuan bakteri pembusuk. Bakteri pembusuk berguna untuk membusukkan sisa makanan menjadi kotoran. Sisa makanan akan menjadi kotoran yang dikeluarkan melalui anus.

f. Anus

Anus adalah organ pencernaan manusia yang terakhir. Anus merupakan tempat keluarnya sisa makanan yang telah dihancurkan oleh bakteri pembusuk.

Main gim yuk!

sistem pencernaan manusia

Sistem Pencernaan Manusia | Permainan Menjodohkan

Gangguan Pada Organ Pencernaan Manusia

Berikut ini beberapa gangguan yang menyerang organ pencernaan manusia meliputi:

1. Diare

Diare sering juga disebut mencret. Diare disebabkan oleh infeksi virus. Diare yang terus-menerus menyebabkan seseorang kehilangan cairan tubuh sehingga penderita menjadi lemas.

Faktor-faktor yang menyebabkan diare, meliputi:

  • Kebersihan makanan dari kuman.
  • Alergi terhadap makanan.
  • Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang pedas dan asam.

2. Maag

Maag merupakan penyakit yang mengganggu lambung dan usus 12 jari. Gangguan maag disebabkan karena adanya produksi asam klorida yang terlalu berlebih di lambung.

3. Tifus

Tifus merupakan penyakit peradangan pada usus. Makanan yang diberikan hendaknya yang halus agar lebih mudah dicerna. Gejala yang dialami antara lain:

  • Tubuh menggigil, lemah disertai mual.
  • Penderita mengigau akibat demam tinggi.
  • Punggung terasa sakit, kadang disertai mencret atau sulit buang air besar.

Tahukah kamu?

daur hidup hewan

Daur Hidup Hewan (Metamorfosis Sempurna dan Tidak Sempurna)

alat pernapasan manusia

Alat pernapasan manusia.

Bantu sebarkan agar anak-anak tahu cara menyenangkan untuk belajar mandiri:
error120
fb-share-icon34
Tweet 30
fb-share-icon28
Subscribe Yuk!Seru kan permainannya?

Yuk berlangganan untuk mendapatkan update materi dan games terbaru!