Sharing is caring!

Advertisement

Setiap tahun hari sumpah pemuda diperingati setiap tanggal 28 Oktober. Apakah kamu masih ingat isi sumpah pemuda? Ayo kita tilik lagi sejarah, makna, dan tujuan dibuatnya sumpah pemuda serta tokoh-tokoh yang terlibat dalam pembuatan sumpah pemuda.

Sumpah Pemuda berasal dari kata sumpah dan pemuda. Sumpah dapat diartikan sebagai janji. Janji merupakan sesuatu yang harus ditepati. Jadi, Sumpah Pemuda adalah janji para pemuda yang diucapkan pada saat Kongres Pemuda II di Jakarta, tepatnya tanggal 28 Oktober 1928.

Sejarah Sumpah Pemuda

Bangsa Indonesia pernah dijajah bangsa lain. Pada zaman penjajahan itu, kehidupan bangsa Indonesia sangat menderita. Penduduk dipaksa bekerja keras untuk kepentingan penjajah. Beribu-ribu rakyat meninggal akibat kekejaman penjajah. Bahkan, penjajah sengaja memecah belah bangsa Indonesia agar mudah dijajah dan mengadu domba rakyat Indonesia. Karena bangsa Indonesia terpecah-belah maka mudah sekali ditindas dan dikuasai oleh bangsa Belanda.

Semakin lama rakyat Indonesia semakin pandai. Banyak tokoh yang bergabung membentuk organisasi. Mereka menyadari bahwa perlu adanya persatuan dan kesatuan yang kokoh untuk melawan penjajah. Maka para pemuda di daerah-daerah bergabung membentuk perkumpulan untuk melakukan gerakan melawan penjajah di daerahnya. Mereka memperjuangkan daerah masing-masing dalam melawan penjajah. Sifat perjuangannya masih bersifat kedaerahan.

Organisasi pemuda yang pertama bernama Tri Koro Darmo. Lalu, bermunculan organisasi pemuda yang lain seperti Jong Sumatra Bond, Jong Celebes, dan Jong Minahasa.

1. Tri Koro Darmo

Organisasi ini merupakan perkumpulan para pelajar yang berasal dari Jawa dan Madura. Tri Koro Darmo berdiri pada tanggal 9 Maret 1915. Organisasi ini diketuai oleh Satiman Wiryosanjaya. Karena anggotanya banyak berasal dari pemuda Jawa maka pada tahun 1918, nama Tri Koro Darmo berubah menjadi Jong Java. Jong berarti pemuda. Java berasal dari kata Jawa. Jadi Jong Java berarti perkumpulan pemuda dari Jawa.

2. Jong Sumatra Bond

Organisasi ini didirikan para pemuda yang berasal dari Sumatra. Jong Sumatra Bond didirikan pada tanggal 9 Desember 1917. Tokoh- tokohnya antara lain Mohammad Hatta, Muhammad Yamin, dan M. Tamsil. Organisasi ini mengadakan pergerakan mengusir penjajah Belanda dari bumi Sumatra.

3. Jong Celebes

Celebes merupakan nama lain dari Pulau Sulawesi. Organisasi ini didirikan para pemuda yang berjuang untuk mengusir penjajah Belanda dari bumi Sulawesi.

Masih banyak organisasi pemuda Indonesia yang bermunculan saat itu, seperti Jong Ambon, Jong Batak, dan Jong Minahasa. Meskipun telah membentuk organisasi, perjuangan mereka selalu gagal karena perjuangan mereka masih bersifat kedaerahan. Jong Java hanya berjuang untuk Pulau Jawa. Jong Sumatra Bond hanya berjuang untuk Pulau Sumatra. Jong Celebes hanya berjuang untuk Pulau Sulawesi. Begitu pula Jong Minahasa, Jong Batak, dan organisasi pemuda yang lain.

Pada tanggal 30 April sampai dengan 2 Mei 1926 diadakan rapat di Jakarta. Pesertanya para pemuda dari berbagai organisasi pemuda di seluruh wilayah Indonesia. Mereka menyadari bahwa organisasi-organisasi dari berbagai pulau di Indonesia perlu bersatu. Oleh sebab itu, para pemuda dari berbagai daerah mengadakan rapat akbar yang disebut dengan Kongres Pemuda Indonesia I.

Tujuan Kongres Pemuda Indonesia I adalah untuk membentuk sebuah organisasi pemuda yang lebih besar. Organisasi ini diharapkan dapat menyatukan seluruh pemuda di Indonesia. Kongres dipimpin oleh seorang pemuda yang bernama M. Tabrani. Meskipun kongres itu belum berhasil mendirikan organisasi pemuda secara nasional, mereka tetap berusaha dan tidak pernah putus asa. Akhirnya, pada tanggal 28 Oktober 1928 diadakan Kongres Pemuda II yang berhasil mencetuskan Sumpah Pemuda.

Kongres Pemuda Indonesia II diawali pada bulan Juni 1928. Pada waktu itu, para pemuda membentuk sebuah panitia yang bertugas mempersiapkan kongres. Panitia ini diketuai oleh Sugondo Joyopuspito dengan dibantu Muhammad Yamin, Amir Syarifuddin, dan Joko Marsaid.

Kongres Pemuda II dilaksanakan pada tanggal 27-28 Oktober 1928. Kongres itu dihadiri oleh sekitar 750 utusan dari berbagai organisasi pemuda di Indonesia. Dengan semangat nasional yang tinggi, mereka mengikuti kegiatan kongres.

Advertisement

Ada tiga kali rapat yang diadakan dalam kongres tersebut. Rapat pertama dilaksanakan di Gedung Pemuda Katolik. Rapat yang kedua dilaksanakan di Jalan Merdeka Utara Nomor 14, dan rapat yang ketiga di Gedung Sumpah Pemuda Jakarta. Dalam rapat itu disepakati adanya lagu kebangsaan, yaitu Indonesia Raya yang diciptakan oleh W.R. Supratman.

Apa yang dimaksud dengan globalisasi?

Isi Sumpah Pemuda

Masihkah kamu ingat isi sumpah pemuda? Perhatikan teks isi sumpah pemuda berikut dengan saksama:

  1. Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, Tanah Indonesia.
  2. Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, Bangsa Indonesia.
  3. Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.

Makna Sumpah Pemuda

Apa arti dan makna sumpah pemuda dalam perjuangan kemerdekaan republik indonesia? Arti dan makna sumpah pemuda adalah untuk memupuk persatuan dan kesatuan bangsa. Sumpah pemuda membuat para pemuda memiliki visi dan misi yang sama, yaitu meraih kemerdekaan. Sebagai generasi penerus, kita harus selalu menjaga persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mengamalkan semangat persatuan dan kesatuan dapat dilakukan berbagai cara, seperti hidup rukun dengan teman, menghargai perbedaan pendapat, saling bekerja sama, dan tidak memaksakan kehendak.

Tokoh-Tokoh Sumpah Pemuda

Peristiwa Sumpah Pemuda telah melahirkan tokoh-tokoh bangsa, di antaranya Muhammad Yamin, Wage Rudolf Supratman, dan Sugondo Joyopuspito. Mereka mempunyai peran penting dalam perjuangan bangsa melalui Kongres Pemuda II.

1. Muhammad Yamin

Muhammad Yamin berasal dari Sumatra Barat. Ia dilahirkan di Talawai pada tanggal 28 Agustus 1903. Setelah lulus dari SD Bumi Putera, ia melanjutkan ke sekolah guru di Bukittinggi. Muhammad Yamin senang sekali berorganisasi karena ia yakin banyak manfaatnya. Organisasi yang pernah diikutinya, antara lain Jong Sumatra Bond dan Indonesia Muda.

Muhammad Yamin seorang tokoh bangsa sejati. Pemikirannya sangat maju mengenai semangat persatuan dan kesatuan bangsa. Tidak mengherankan kalau ia bertekad mempersatukan bangsa untuk melawan penjajah. Ajakannya untuk selalu bersatu mendapat dukungan dari para pemuda di seluruh Indonesia. Dalam Kongres Pemuda II, Muhammad Yamin dipercaya menjadi sekretaris.

Sifat yang patut ditiru dari Muhammad Yamin ialah rajin, tidak mudah putus asa, pemberani, dan suka berorganisasi. Ia juga seorang yang memiliki wawasan yang luas dan rela berkorban demi bangsa dan negara.

2. Wage Rudolf Supratman

Wage Rudolf Supratman (W.R. Supratman) dilahirkan di Jakarta pada tanggal 9 Maret 1903. Setelah lulus sekolah dasar di Jakarta, ia melanjutkan ke Normaal School Ujungpandang.

Selain menjadi guru, W.R. Supratman juga seorang wartawan dan seniman. Tidak mengherankan kalau ia dapat menciptakan lagu Indonesia Raya yang dijadikan lagu kebangsaan kita.

Masih banyak tokoh lain yang berjasa dalam peristiwa Sumpah Pemuda seperti Sugondo Joyopuspito, Amir Syarifuddin, dan M. Tabrani.

Jelaskan tugas dan wewenang lembaga yudikatif di Indonesia!

Pengamalan Nilai-Nilai Sumpah Pemuda

Pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda dilaksanakan dengan cara berikut.

  • Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.
  • Ikut serta dalam kegiatan kemanusiaan.
  • Turut serta dalam kegiatan bersama di sekolah, keluarga, dan masyarakat.

Advertisement

Sharing is caring!