luas bangun datar

Kita mungkin sudah tidak asing dengan persegi, segitiga dan persegi panjang. Di mana-mana kita biasa menemukan bentuk ketiga benda tersebut. Namun, tahukah kalian kalau ketiga benda tersebut juga adalah bangun datar? Nah, di sini, kita akan berdiskusi lebih lanjut tentang apa itu bangun datar dan cara menghitung keliling serta luasnya.

Apa itu bangun datar?

Bangun datar adalah sebuah bidang datar yang terbentuk dari garis-garis panjang dan lebar yang membentuk bangun 2 dimensi. Setiap bangun datar tersebut mempunyai keliling dan luas.

Ada 8 jenis bangun datar yang bisa kita pelajari: persegi, persegi panjang, segitiga, jajar genjang, belah ketupat, layang-layang, trapesium, dan lingkaran. Setiap bangun datar memiliki rumus tersendiri untuk mencari keliling dan luasnya.

Mungkin kalian bertanya-tanya untuk apa menghitung keliling dan luas bangun datar. Jangan salah ya, mengetahui rumus keliling dan luas bangun datar itu banyak manfaatnya lho. Sebagai contoh, seorang arsitek dan tukang bangungan harus mengetahui cara menghitung keliling dan luas area sebelum mereka mulai membangun sebuah bangunan.

Rumus menghitung keliling dan luas bangun datar

1. Persegi

Persegi adalah sebuah bangun datar 2 dimensi yang dibentuk oleh 4 sisi yang sama panjang dan keempat titik sudutnya membentuk sudut siku-siku 90°.

bangun datar

rumus persegi

2. Persegi panjang

Persegi panjang adalah sebuah bangun datar 2 dimensi yang mempunyai 2 sisi sejajar yang sama panjang dan mempunyai empat titik sudut siku-siku 90°.

persegi panjang

rumus persegi panjang

3. Segitiga

Segitiga adalah sebuah bangun datar yang dibentuk dari 3 sisi garis lurus dengan 3 titik sudut yang berjumlah 180°.

segitiga

a = alas

t = tinggi, tinggi segitiga membentuk sudut 90° di alasnya

b & c = sisi diagonal segitiga

rumus segitiga

4. Jajar genjang

Jajar genjang adalah bangun datar 2 dimensi yang terdiri dari 2 pasang sisi yang sama panjang dan sejajar serta mempunyai 2 pasang sudut yang sama besar (pasangan sudut lancip dan pasangan sudut tumpul).

luas jajar genjang

a = alas,  b = sisi miring, dan   t = tinggi

rumus jajar genjang

Tahukah kamu?

5. Belah ketupat

Belah ketupat adalah bangun datar 2 dimensi yang dibentuk oleh 4 buah sisi yang sama panjang dan mempunyai 2 pasang sudut bukan siku-siku dengan sudut yang saling berhadapan mempunyai besar sama.

luas bangun datar

rumus belah ketupat

6. Layang-layang

Layang-layang adalah bangun datar yang dibentuk oleh 2 pasang sisi sama panjang yang saling membentuk sudut yang berbeda.

bangun datar

rumus layang-layang

7. Trapesium

Trapesium adalah bangun datar dua dimensi yang tersusun oleh 4 buah sisi yaitu 2 buah sisi sejajar yang tidak sama panjang dan 2 buah sisi lainnya.

trapesium

rumus luas trapesium

8. Lingkaran

Lingkaran adalah bangun datar dua dimensi dibentuk oleh himpunan semua titik yang mempunyai jarak sama dari suatu titik tetap.

rumus keliling lingkaran

rumus luas lingkaran

Itu tadi adalah 8 rumus menghitung keliling dan luas bangun datar yang perlu kalian ketahui.

Main gim yuk!

menebak pecahan sederhana

Menebak Pecahan Sederhana

Melengkapi Tabel Perkalian 11-20

Melengkapi Tabel Perkalian 11-20

mengenal jenis sudut

Kuis Mengenal Jenis dan Besar Sudut

Bantu sebarkan agar anak-anak tahu cara menyenangkan untuk belajar mandiri:
error120
fb-share-icon34
Tweet 30
fb-share-icon28
Subscribe Yuk!Seru kan permainannya?

Yuk berlangganan untuk mendapatkan update materi dan games terbaru!