Sharing is caring!

Bisakah kamu coba jelaskan perbedaan kenampakan alam dan kenampakan buatan? Untuk mengetahui jawabannya, yuk kita lihat penjelasan berikut.

Ada lingkungan alam. Ada pula lingkungan buatan. Apa yang dimaksud lingkungan? Semua yang ada di sekitar manusia disebut lingkungan. Lingkungan terdiri semua benda dan makhluk hidup. Lingkungan bukan hanya benda hidup. Manusia dan benda mati juga termasuk lingkungan. Mereka saling memengaruhi untuk menjaga kelangsungan hidup.

Apakah kenampakan alam itu? Kenampakan bumi beraneka ragam. Kenampakan dibedakan menjadi kenampakan alam dan buatan. Kenampakan alam adalah lingkungan alami dan bukan buatan manusia. Kenampakan alam merupakan ciptaan Tuhan. Kenampakan alam ada di sekitarmu. Contohnya gunung, bukit, danau, sungai, dan laut.

Adapun kenampakan buatan dibuat manusia. Kenampakan ini dibuat untuk menjaga kelangsungan hidup manusia. Jadi kenampakan ini sengaja dibuat manusia. Contohnya gedung, perumahan, monumen, pelabuhan, waduk, sawah, ladang, jalan, dan jembatan.

Coba sebutkan sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui!

Perbedaan Kenampakan Alam dan Kenampakan Buatan

Kenampakan Alam

Pernahkah kamu melihat gunung? Pernahkah kamu pergi ke laut atau danau? Gunung, laut, dan danau disebut kenampakan alam. Kenampakan alam disebut juga lingkungan alam. Kenampakan alam bukan buatan manusia. Kenampakan alam di setiap wilayah tidak sama.

1. Gunung

Adakah gunung di daerahmu? Gunung temasuk kenampakan alam. Gunung lebih tinggi dari lingkungan sekitarnya. Disebut gunung bila tingginya lebih dari 600 meter. Kumpulan beberapa gunung disebut pegunungan. Lalu apa yang dimaksud bukit? Bukit juga termasuk kenampakan alam. Bukit lebih tinggi dari lingkungan sekitarnya. Bukit lebih rendah dari gunung.

Gunung terdiri beberapa bagian. Ada kaki gunung, lereng gunung, dan puncak gunung.

a) Kaki gunung adalah bagian terendah dari gunung. Daerah ini dimanfaatkan sebagai lahan pertanian dan perkebunan.

b) Lereng gunung adalah daerah yang miring atau landai. Daerah lereng sangat subur. Daerah ini sesuai untuk tanaman hortikultura, seperti sayur, bunga, dan buah. Sebagian lereng biasanya terdapat hutan lebat. Hutan ini berfungsi sebagai penyerap air hujan. Pohon-pohon di hutan dapat mengikat air di dalam tanah. Lebatnya pohon mengurangi bahaya banjir dan erosi. Nah, dapatkah kamu bayangkan bila hutan gundul? Apa yang terjadi bila musim hujan tiba?

c) Puncak gunung adalah bagian paling atas. Biasanya digunakan sebagai tujuan pendakian dan wisata. Di puncak gunung biasanya terdapat kawah. Dari puncak kamu dapat menikmati matahari terbit dan terbenam.

2. Dataran

Dataran dapat dibagi menjadi dua. Ada dataran rendah dan dataran tinggi. Dataran rendah banyak dimanfaatkan untuk permukiman penduduk dan lahan pertanian. Dataran tinggi banyak dimanfaatkan sebagai tempat peristirahatan dan perkebunan.

3. Sungai

Adakah sungai di sekitar rumahmu? Sungai adalah aliran air yang besar dan panjang. Aliran sungai mengalir dari hulu menuju muara. Hulu sungai ada di pegunungan. Muara sungai yaitu danau atau laut. Hampir di seluruh wilayah Indonesia terdapat sungai. Contoh sungai besar adalah Sungai Musi di Palembang dan Sungai Kapuas di Kalimantan.

4. Danau

Pernahkah kamu ke danau? Danau adalah genangan air yang dikelilingi daratan. Danau ada yang terjadi karena peristiwa alam. Contohnya karena gunung meletus, gempa bumi, serta pengikisan tanah. Kedalaman danau dapat mencapai beberapa puluh meter.

Danau yang luasnya lebih kecil disebut telaga. Luas telaga hanya beberapa ratus meter. Kedalaman telaga hanya beberapa meter. Danau yang terkenal di Indonesia adalah Danau Toba di Sumatra Utara, Danau Batur di Bali, dan Danau Towuti di Sulawesi Selatan.

5. Laut

Tahukah kamu apa laut itu? Laut adalah kumpulan air asin yang mengelilingi daratan. Contohnya, Laut Jawa, Laut Sulawesi, dan Laut Arafuru. Laut yang luas disebut samudra misalnya Samudra Hindia. Negara kita mempunyai beribu pulau. Di antara pulau-pulau tersebut dihubungkan oleh laut sempit yang disebut selat.

Apa yang dimaksud dengan harga diri?

Kenampakan Buatan

Coba perhatikan lingkungan sekitarmu! Temukan kenampakan yang sengaja dibangun manusia. Semua itu untuk memenuhi hidupnya. Setiap hari kamu melewati jalan, jembatan, pasar, dan gedung-gedung. Itulah yang disebut lingkungan buatan. Apa lagi yang termasuk lingkungan buatan? Marilah kita simak uraian berikut ini.

1. Bendungan

Bendungan disebut juga waduk. Bendungan adalah danau yang sengaja dibuat manusia. Manfaat bendungan antara lain untuk PLTA, irigasi, perikanan, dan pariwisata.

2. Sawah

Wilayah Indonesia terdapat banyak sawah. Sawah banyak kamu temukan di desa. Indonesia disebut negara agraris. Penduduk Indonesia banyak yang menjadi petani. Apakah orang tuamu mempunyai sawah? Sawah adalah tanah yang diairi untuk menanam padi. Di beberapa wilayah di Indonesia ada sawah yang hanya dapat sekali dalam setahun ditanami padi.

Sawah demikian disebut sawah tadah hujan. Namun seiring perkembangan teknologi, sawah tadah hujan mulai berkurang. Banyak dibangun bendungan atau waduk untuk mengairi sawah tadah hujan, hingga dapat ditanami padi beberapa kali.

3. Gedung atau bangunan

Gedung atau bangunan merupakan lingkungan buatan. Gedung dimanfaatkan manusia sebagai tempat tinggal dan beraktivitas. Gedung juga dapat dijadikan perkantoran, hotel, sekolah, dan tempat ibadah.

4. Jalan dan jembatan

Zaman semakin maju dan berkembang. Pembangunan banyak dilakukan manusia. Semakin banyak jalan dan jembatan yang diperlukan. Jalan dan jembatan sebagai penghubung antartempat. Jalan adalah tempat yang digunakan untuk lalu lintas.

Adapun jembatan adalah jalan yang dibangun di atas sungai, diantara lembah dan gunung, diatas jalan, serta rel kereta api. Jembatan juga dibangun untuk menghubungkan dua bukit.

5. Pelabuhan, stasiun, dan terminal

Manusia saling berhubungan dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi diperlukan untuk memperpendek jarak. Kini alat transportasi semakin maju. Alat transportasi mempercepat waktu tempuh. Contoh alat transportasi adalah kereta api, pesawat terbang, kapal laut, dan bis. Untuk itu dibangunlah pelabuhan laut, bandar udara, stasiun, dan terminal.

6. Pasar

Pasar disebut juga tempat belanja. Pasar termasuk lingkungan buatan. Pasar yaitu tempat bertemunya penjual dengan pembeli. Di pasar, orang dapat memperoleh segala macam barang guna memenuhi keperluan sehari-hari.

Itulah perbedaan kenampakan alam dan kenampakan buatan. Sekarang kita belajar bagaimana memelihara kenampakan alam dan kenampakan buatan.

Jelaskan norma-norma yang berlaku di masyarakat!

Memelihara Kenampakan Alam dan Kenampakan Buatan

Bagaimana keadaan lingkunganmu? Nyamankah kamu tinggal di sana? Lingkungan tempat tinggal harus rapi dan bersih. Tempat tinggal yang bersih membuat kita nyaman. Bayangkan, seandainya kita tinggal di tempat yang kotor!

Tempat yang kotor menjadi sarang penyakit. Lalat dan nyamuk senang tempat yang kotor. Lingkungan menjadi tidak sehat. Tentu kita tidak merasa nyaman. Kita juga tidak akan betah. Bahaya penyakit mengancam kita, misalnya diare, kolera, demam berdarah, malaria, dan sebagainya.

Kita harus menjaga kebersihan. Kita juga harus menjaga kelestarian lingkungan. Lingkungan sangat kita butuhkan. Kita bergantung pada lingkungan.

Lingkungan menyediakan sumber daya. Tuhan menciptakannya untuk dimanfaatkan manusia. Pemanfaatannya harus memerhatikan keseimbangan lingkungan. Usaha yang dapat dilakukan antara lain sebagai berikut.

  1. Melakukan penambangan secara hati-hati.
  2. Memakai sumber daya alam dengan hemat.
  3. Mengusahakan sumber daya alam alternatif.
  4. Melakukan pengawasan pengelolaan hutan secara ketat.
  5. Mengadakan penghijauan kembali dan paru-paru kota.
  6. Memelihara kesuburan tanah.
  7. Memberlakukan larangan penangkapan ikan dengan bahan peledak dan pukat harimau.
  8. Mengolah limbah industri.
  9. Membuang sampah pada tempatnya.
  10. Membersihkan saluran air supaya tidak banjir.
  11. Mengolah tanah dengan benar.
  12. Menanam pohon bakau di sekitar pantai.
  13. Menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan.

perbedaan kenampakan alam dan kenampakan buatan

Sharing is caring!

Subscribe Yuk!Seru kan permainannya?

Yuk berlangganan untuk mendapatkan update materi dan games terbaru!