Sharing is caring!

Kamu tahu apa itu harga diri? Yuk kita lihat pengertian harga diri beserta bentuk-bentuknya.

Harga diri sama artinya dengan kehormatan. Harga diri menyangkut kesadaran akan berapa besar nilai yang diberikan kepada diri sendiri. Setiap orang mempunyai kelemahan dan kelebihan. Tidak ada manusia yang sempurna. Kita tidak perlu merasa diri kita jelek atau rendah. Namun, juga tidak boleh menganggap diri kita paling baik.

Pengertian Harga Diri

Apa yang dimaksud dengan harga diri? Harga diri adalah nilai diri atau kehormatan diri seseorang yang menyangkut kepribadiannya. Harga diri seseorang bergantung pada kepribadian orang itu sendiri. Orang yang mempunyai kepribadian yang baik, harga dirinya juga akan baik.

Sebaliknya, orang yang kepribadiannya buruk, harga dirinya akan rendah. Orang yang harga dirinya baik akan dihormati orang lain. Orang yang harga dirinya buruk akan dilecehkan orang lain.

Orang yang selalu menganggap dirinya buruk dan mempunyai banyak kelemahan akan menjadi orang yang rendah diri. Sifat rendah diri ini akan merugikan diri sendiri. Oleh sebab itu, penting sekali untuk dapat menemukan kelebihan-kelebihan dirimu. Kelebihan-kelebihan itulah yang harus selalu dikembangkan dengan baik. Untuk mengembangkan diri dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti rajin belajar, sering berlatih, rajin bekerja, dan senang bergaul.

Kelebihan diri akan tampak pada bakat dan kesenangan. Bakat tidak akan berkembang jika tidak disertai latihan yang sungguh-sungguh. Orang yang mempunyai bakat menyanyi akan lebih mudah belajar menyanyi. Orang yang mempunyai bakat bermain musik akan lebih mudah belajar musik.

Orang yang mempunyai kecerdasan yang tinggi akan lebih mudah menerima pelajaran. Setiap orang mempunyai bakat sendiri-sendiri, kamu harus dapat menemukan bakatmu. Kembangkanlah bakat itu dengan rajin belajar dan berlatih. Jika bakatmu berkembang dengan baik, akan meningkatkan kepercayaanmu pada diri sendiri.

Apa saja norma-norma yang berlaku di masyarakat?

Pentingnya Harga Diri

Harga diri sangat penting bagi setiap orang. Orang yang mempunyai harga diri akan mempunyai rasa percaya diri juga. Harga diri seseorang akan memberikan semangat dalam melakukan kegiatan.

Sebagai makhluk sosial, kita hidup bersama-sama dengan orang lain. Setiap orang tentu ingin dihargai oleh orang lain. Sebaliknya, kita juga harus mau menghargai orang lain. Kita ingin dapat diterima orang lain dan dapat menjadi bagian dalam kehidupan bersama. Di sekolah, kita ingin dapat bermain dan belajar bersama teman-teman. Di rumah, kita ingin dapat bermain dengan saudara dan orang tua. Di masyarakat, kita ingin dapat bergaul dengan teman-teman sekampung.

Harga diri akan membuat kita lebih mencintai diri sendiri bagaimana pun keadaan kita. Setiap orang pasti mempunyai kelemahan dan kelebihan. Kita tidak perlu khawatir dengan kelemahan-kelemahan yang ada. Namun, kita harus tetap bersyukur karena Tuhan memberikan kelebihan-kelebihan kepada kita. Kita tidak boleh membenci diri kita. Sebaliknya, kita harus mencintai dan mengembangkan diri kita dengan baik.

Harga diri akan mendorong kita melakukan hal-hal yang baik. Kalau kita melihat diri kita sebagai orang yang baik, kita dituntut untuk melakukan hal-hal yang baik pula. Dengan demikian kita akan suka menghargai orang lain, membantu orang lain, dan melakukan perbuatan baik yang lain.

Menumbuhkan rasa percaya diri adalah sikap yang baik. Kita harus menyayangi diri sendiri dan menghargai orang lain. Kita perlu menyadari, bahwa setiap orang pernah melakukan kesalahan dan mau memaafkan kesalahan orang lain. Kalau kita ingin dihargai oleh orang lain, belajarlah menghargai orang lain lebih dahulu.

Manfaat Harga Diri

Apa saja manfaat harga diri? Berikut di antaranya

  • memberikan semangat dalam melakukan kegiatan;
  • memberi rasa percaya diri yang tinggi;
  • dapat diterima orang lain;
  • mendorong kita berbuat yang baik.

Jelaskan isi dan makna sumpah pemuda!

Bentuk-Bentuk Harga Diri

1. Menghargai Diri Sendiri

Setiap manusia diciptakan oleh Tuhan secara unik, berbeda satu dengan yang lain. Begitu pula, tidak semua manusia mempunyai bakat, kemampuan, dan kesenangan yang sama. Kita harus merasa bangga dengan diri kita. Apalagi jika kita memiliki banyak kelebihan.

2. Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Diri Sendiri

Setiap orang mempunyai kelebihan dan kekurangan. Tidak ada manusia yang sempurna. Ada yang pandai pelajaran matematika, tetapi tidak terampil berolahraga. Ada yang nilai mata pelajarannya tidak baik, tetapi sangat pandai menyanyi.

Kelebihan biasanya berupa bakat-bakat yang ada pada diri kita. Bakat ini akan dapat berkembang dengan baik jika disertai belajar dengan tekun dan terus berlatih.

3. Menerima Keadaan Diri Apa Adanya

Segala sesuatu yang ada dalam diri kita merupakan karunia Tuhan. Kita tidak boleh sombong karena kelebihan-kelebihan kita. Kita juga tidak boleh rendah diri akibat kelemahan-kelemahan kita. Kita harus menerima diri kita apa adanya.

Segala kelebihan dan kekurangan harus kita syukuri sebagai anugerah Tuhan. Sebagai manusia yang tidak sempurna, kita harus berani mengakui kekurangan diri kita. Kita menyadari bahwa masih banyak orang lain yang lebih berkekurangan daripada kita.

4. Usaha dalam Mengembangkan Kelebihan

Setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dan kekurangan setiap orang berbeda-beda. Kelebihan diri dikembangkan dengan cara giat belajar dan berlatih. Di samping itu, setiap usaha harus disertai dengan doa kepada Tuhan.

Sebutkan dampak positif dan negatif globalisasi!

Perilaku yang Mencerminkan Harga Diri

Perilaku yang baik harus dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari. Kalau kita berperilaku baik di sekolah, teman-teman dan guru akan senang kepada kita. Kalau kita terbiasa berperilaku baik dalam keluarga, kita akan disenangi oleh orang tua dan saudara. Kalau kita berperilaku baik di masyarakat, kita akan dihargai oleh warga masyarakat. Perilaku yang baik mencerminkan harga diri kita di hadapan Tuhan dan sesama.

Perilaku yang mencerminkan harga diri, di antaranya

  1. meminta maaf jika bersalah;
  2. mengucapkan terima kasih atas bantuan orang lain;
  3. menghargai sesama;
  4. ramah kepada orang lain;
  5. berkata sopan kepada orang lain;
  6. menolong sesama yang membutuhkan;
  7. tidak mengejek orang lain.

Sharing is caring!

Subscribe Yuk!Seru kan permainannya?

Yuk berlangganan untuk mendapatkan update materi dan games terbaru!