Sharing is caring!

Advertisement

Bangun datar adalah sebuah bidang datar yang dibatasi garis lurus atau garis lengkung. Bangun datar juga bisa disebut sebagai bangunan dua dimensi seperti segitiga, persegi, lingkaran, dan persegi panjang. Setiap bangun datar memiliki jumlah simetri lipat yang berbeda-beda.

Apa yang dimaksud dengan simetri lipat?

Simetri lipat adalah jumlah lipatan yang terdapat pada bangun datar ketika dilipat menjadi 2 bagian yang sama besar. Simetri lipat membagi sebuah bangun datar menjadi sebagian atau setengah dari ukuran aslinya.

Untuk lebih jelasnya, kita bisa membayangkan sebuah persegi yang dilipat menjadi dua bagian yang sama besar. Ukurannya akan menjadi setengah lebih kecil dari ukuran semula.

Ketika persegi tersebut dibuka kembali, maka di bagian tengahnya akan terdapat garis lipatan yang disebut dengan sumbu simetri.

Perlu diingat bahwa tidak semua bangun datar bisa dilipat menjadi dua bagian sama besar dan mempunyai sumbu simetri.

Tahukah kamu?

Cara menentukan jumlah simetri lipat dari bangun datar

Sekarang kita akan mencoba menghitung jumlah simetri lipat dari bangun datar seperti segitiga, persegi, persegi panjang, dll.

Sekarang coba ambil sebuah kertas dan gambarlah segitiga sama sisi. Potong segitiga tersebut dan berikan label A, B, dan C pada setiap sudutnya. Lalu, lipatlah segitiga tersebut sehingga sudut A menempel dengan sudut B. Gunakan contoh di bawah ini sebagai panduan.

Advertisement

simetri lipat bangun datar

Simetri lipat bangun datar.

Jika lipatan tersebut membuat segitiga sama sisi memiliki dua bagian yang sama besar, maka kita bisa menghitungnya sebagai 1 simetri lipat.

Sekarang lakukan hal yang sama dengan menempelkan sisi A dengan sisi C dan sisi B dengan sisi C. Jika hasilnya serupa dengan hasil percobaan pertama, maka bisa dipastikan bahwa segitiga sama sisi memiliki 3 simetri lipat.

Itu lah cara menentukan jumlah simetri lipat dari bangun datar. Berikut adalah jumlah simetri lipat dari bangun datar lainnya:

jumlah simetri lipat dan simetri putar bangun datar

Main gim yuk!

Advertisement

Sharing is caring!