Mencari gagasan pokok dan gagasan pendukung

Sebuah artikel atau bacaan biasanya terdiri dari beberapa paragraf yang berisi informasi mengenai topik yang dibicarakan. Jika kita lihat lebih dalam lagi, di sebuah paragraf terdapat gagasan pokok dan gagasan pendukung. Lalu, bagaimana cara mencari gagasan pokok dan gagasan pendukung? Kita akan membahasnya di sini.

Apa arti dari gagasan pokok?

Gagasan pokok adalah ide utama yang dibahas dalam suatu bacaan, dapat berupa kalimat inti atau berupa pokok paragraf. Gagasan pokok selanjutnya akan menjadi pokok pengembangan paragraf. Berdasarkan jenis paragraf, gagasan pokok dapat ditemukan di awal paragraf, akhir paragraf, atau di awal dan akhir paragraf.

Apa arti dari gagasan pendukung?

Gagasan pendukung adalah uraian atau tambahan informasi yang mendukung gagasan pokok. Gagasan pendukung bisa dibuat dalam beberapa kalimat yang memberikan penjelasan detail mengenai gagasan pokok yang ada dalam paragraf tersebut.

Perbedaan gagasan pokok dan gagasan pendukung

Menilik dari fungsinya, gagasan pokok merupakan ide utama atau inti dari sebuah paragraf. Sedangkan gagasan pendukung lebih berfungsi untuk mendukung ide utama dalam paragraf tersebut dengan memberikan tambahan informasi.

Perbedaan lain dari gagasan pokok dan gagasan pendukung adalah letaknya. Secara umum, gagasan pokok bisa diletakkan di awal atau akhir paragraf dan hanya berupa satu kalimat. Sedangkan gagasan pendukung biasanya terletak setelah atau sebelum gagasan pokok dalam bentuk beberapa kalimat.

Tahukah kamu?

Mencari gagasan pokok dan gagasan pendukung

Setelah mengenal apa yang dimaksud dengan gagasan pokok dan gagasan pendukung serta perbedaannya, sekarang kita akan mencoba berlatih mencari gagasan pokok dan gagasan pendukung dari bacaan di bawah ini:

Gending Sriwijaya

mencari gagasan pokok

Tari Gending Sriwijaya merupakan tarian adat masyarakat Sumatera Selatan. Tarian ini biasa ditampilkan untuk menyambut tamu kehormatan yang berkunjung ke Sumatera Selatan. Gerakan dalam tarian ini menunjukkan sikap masyarakat Sumatera Selatan yang ramah, tulus, dan terbuka terhadap tamu.

Tarian ini dimainkan oleh 9 orang penari wanita yang berbusana adat aesan gede, dan dikawal oleh 2 orang penari lainnya yang membawa payung dan tombak. Tarian ini juga diiringi penyanyi dan musik pengiring tarian. Musik pengiring tarian adalah alat musik tradisional Sumatera Selatan, yaitu gamelan Sumatera Selatan dan gong. Penari paling depan membawa tepak sekapur sirih untuk dipersembahkan kepada tamu agung, diiringi oleh 2 penari yang membawa pridon terbuat dari kuningan.

Tari Gending Sriwijaya dan lagu pengiringnya diciptakan tahun 1944 dengan tujuan agar para generasi muda selalu mengingat bahwa nenek moyang bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar. Dengan semangat kebersamaan, sebuah bangsa akan menjadi semakin kuat.

Sumber: Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 1 Indahnya Kebersamaan halaman 71.

  1. Gagasan pokok paragraf pertama: Tari Gending Sriwijaya merupakan tarian adat masyarakat Sumatera Selatan.
  2. Gagasan pendukung paragraf pertama: Tarian ini biasa ditampilkan untuk menyambut tamu kehormatan yang berkunjung ke Sumatera Selatan. Gerakan dalam tarian ini menunjukkan sikap masyarakat Sumatera Selatan yang ramah, tulus, dan terbuka terhadap tamu.
  3. Gagasan pokok paragraf kedua: Tarian ini dimainkan oleh 9 orang penari wanita yang berbusana adat aesan gede, dan dikawal oleh 2 orang penari lainnya yang membawa payung dan tombak.
  4. Gagasan pendukung paragraf kedua: Tarian ini juga diiringi penyanyi dan musik pengiring tarian. Musik pengiring tarian adalah alat musik tradisional Sumatera Selatan, yaitu gamelan Sumatera Selatan dan gong. Penari paling depan membawa tepak sekapur sirih untuk dipersembahkan kepada tamu agung, diiringi oleh 2 penari yang membawa pridon terbuat dari kuningan.
  5. Gagasan pokok paragraf ketiga: Tari Gending Sriwijaya dan lagu pengiringnya diciptakan tahun 1944 dengan tujuan agar para generasi muda selalu mengingat bahwa nenek moyang bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar.
  6. Gagasan pendukung paragraf ketiga: Dengan semangat kebersamaan, sebuah bangsa akan menjadi semakin kuat.

Main gim yuk!

kata baku dan tidak baku

Permainan Kata Baku dan Tidak Baku

rumah adat di indonesia

Permainan Hangman: Rumah Adat di Indonesia

Bantu sebarkan agar anak-anak tahu cara menyenangkan untuk belajar mandiri:
error120
fb-share-icon34
Tweet 30
fb-share-icon28
Subscribe Yuk!Seru kan permainannya?

Yuk berlangganan untuk mendapatkan update materi dan games terbaru!