Sharing is caring!

pasar

Sumber: Photo by Denny Aulia on Unsplash

Pasar adalah tempat di mana orang melakukan aktivitas jual beli. Pernahkah kamu berbelanja di pasar? Apa sajakah yang dapat kamu temui di pasar?

Pasar merupakan salah satu tempat belanja. Berbagai macam barang dapat kita temui di Pasar seperti sayuran, buah-buahan, pakaian, kebutuhan rumah tangga, hewan, barang bekas, dan lain sebagainya. Pasar dapat dikelompokkan menjadi berbagai jenis berdasarkan dari bentuk, kegiatan, dan jenis barang yang dijual.

Macam-Macam Pasar

1. Pasar Berdasarkan Bentuk Bangunan

Berdasarkan bentuk bangunannya, pasar dibedakan menjadi pasar tradisional dan pasar modern.

a. Pasar tradisional

Apa yang dimaksud dengan pasar tradisional? Pasar tradisional adalah pasar yang biasanya dikelola oleh pemerintah, penjual dan pembeli bertemu secara langsung bertransaksi dalam bentuk eceran, biasanya ada proses tawar-menawar, bangunan terdiri atas kios, los, gerai, dan kaki lima, dilaksanakan secara mingguan atau tetap, kebanyakan menjual kebutuhan sehari-hari.

Pasar sengaja dibangun untuk menampung pedagang. Di pasar tradisional pembeli dapat melakukan tawar-menawar harga. Sebagian besar bangunan pasar tradisional bersifat tidak permanen. Di pedesaan hanya pada hari-hari tertentu saja pasar diadakan.

b. Pasar modern

Pasar modern disebut juga supermarket, swalayan, department store, atau mal. Biasanya bangunan pasar modern bersifat permanen, mewah atau bertingkat. Pasar modern menjual berbagai jenis kebutuhan.

Tersedia keperluan dapur sampai alat-alat rumah tangga. Barang-barang yang dijual tidak bisa ditawar. Barang di pasar modern sudah diberi label harga.

Pada pasar jenis ini, pembeli bebas memilih. Mereka bebas mengambil barang yang diinginkan. Kemudian membawanya ke kasir untuk dibayar.

Manfaat bekerja sama di masyarakat:

2. Pasar Berdasarkan Kegiatan Jual Beli

Berdasarkan kegiatan jual belinya, pasar dapat dibedakan menjadi pasar nyata dan pasar tidak nyata.

a. Pasar nyata

Pasar nyata adalah pasar di mana para penjual dan pembeli bertemu langsung dan mengadakan kegiatan jual beli. Di pasar nyata, barang dagangan disusun dengan baik. Tujuannya supaya orang yang datang tertarik untuk membelinya. Contoh pasar nyata adalah swalayan.

b. Pasar tidak nyata

Pasar tidak nyata tidak menyediakan barang dagangan. Pasar ini hanya menyediakan contoh barangnya. Di pasar tidak nyata, penjual dan pembeli juga tidak perlu bertemu secara langsung. Tawar-menawar dapat dilakukan melalui telepon, surat atau internet. Bursa saham contoh jenis pasar ini. Bursa saham menjual surat-surat berharga.

Sebutkan contoh kenampakan alam dan kenampakan buatan!

3. Berdasarkan Jenis Barang

Berdasarkan jenis barang yang diperdagangkan, pasar dapat dibedakan menjadi pasar hewan, pasar ikan, pasar loak, dan pasar sayur-mayur.

a. Pasar hewan

Pasar hewan menjual berbagai jenis hewan. Misalnya, sapi, kerbau, kambing, ayam, dan hewan ternak lainnya.

b. Pasar ikan

Pernahkah kalian pergi ke pasar ikan? Di pasar ikan kalian akan menemui berbagai jenis ikan. Pasar ikan adalah pasar yang menjual berbagai jenis hasil tangkapan laut. Misalnya ikan pari, ikan tongkol, ikan bawal, dan lain-lain. Banyak-banyaklah makan dengan lauk ikan karena ikan mengandung protein.

c. Pasar loak

Pasar loak adalah pasar yang menjual barang-barang bekas. Misalnya, baju, sepatu, barang elektronik, dan lain-lain. Biasanya pasar loak terdapat di kota besar. Tidak semua barang yang dijual berupa barang bekas. Adakalanya barang yang dijual masih bagus.

d. Pasar buah dan sayur-mayur

Pasar ini menyediakan buah-buahan dan sayur-mayur. Kamu akan menemukan berbagai jenis buah dan sayur-mayur. Sekali-kali berkunjunglah ke pasar buah dan sayur-mayur. Di sana buah-buahan maupun sayur-mayur masih segar.

Kamu sudah mengenal macam-macam pasar. Kamu dapat memperoleh berbagai kebutuhan di pasar. Di pasar juga tersedia sembako. Kamu bisa membantu ibu belanja di pasar. Ingatlah untuk meneliti barang yang kamu beli. Terlebih lagi mengecek tanggal kedaluarsanya.

Sebutkan contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

Sharing is caring!

Subscribe Yuk!Seru kan permainannya?

Yuk berlangganan untuk mendapatkan update materi dan games terbaru!