Salah satu tujuan Indonesia yang tertuang dalam pembukaan UUD 1945 adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Untuk mewujudkan tujuan ini, maka diperlukan lembaga pendidikan yang bisa menjadi tempat untuk belajar dan mencetak generasi yang cerdas. Lalu, apa sebenarnya fungsi dan bentuk lembaga pendidikan di Indonesia? Simak penjelesan berikut.

lembaga pendidikan

Pengertian dan Peran Lembaga Pendidikan

Lembaga pendidikan adalah suatu badan yang mengolah dan menyelenggarakan kegiatan-kegiatan sosial, kebudayaan, keagamaan, penelitian, keterampilan, dan keahlian, yaitu dalam hal pendidikan, intelektual, spiritual, serta keahlian/keterampilan. Peran lembaga pendidikan adalah menjadi tempat atau wadah di mana orang-orang berkumpul, bekerja sama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin, dan terkendali dalam memanfaatkan sumber daya, sarana-prasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan pendidikan.

Tahukah kamu?

Fungsi lembaga pendidikan

Lembaga pendidikan memiliki fungsi-fungsi sebagai berikut:

  1. Pengalaman pertama masa kanak-kanak;
  2. Menjamin kehidupan sosial kanak-kanak;
  3. Menanamkan dasar pendidikan moral;
  4. Menanamkan dasar pendidikan sosial;
  5. Awal dasar agama.

Bentuk-bentuk lembaga pendidikan

1. Lembaga pendidikan keluarga

Lingkungan keluarga merupakan lingkungan pertama dan utama karena dalam keluarga inilah anak-anak mendapatkan bimbingan dan paling banyak memperoleh pendidikan. Selama anak-anak belum memasuki usia wajib belajar, keluarga bertanggungjawab dalam menyediakan pendidikan dasar untuk anak-anak. Pendidikan di rumah lebih berfokus pada pengembangan karakter, disiplin, dan tanggung jawab. Selain itu, keluarga juga bertugas menyiapkan anak sampai waktunya masuk ke sekolah.

Tahukah kamu?

2. Lembaga pendidikan sekolah

Yang dimaksud dengan pendidikan sekolah adalah pendidikan yang diperoleh secara teratur, sistematis, bertingkat, dan dengan mengikuti syarat yang jelas. Mengingat pentingnya pendidikan di sekolah, Indonesia mewajibkan setiap anak untuk mengikuti program wajib belajar 12 tahun.

Program wajib belajar tertuang dalam peraturan pemerintah No. 47 tahun 2008 yang berbunyi: Pasal 12 (1) Setiap warga negara Indonesia usia wajib belajar wajib mengikuti program wajib belajar. (2) Setiap warga negara Indonesia yang memiliki anak usia wajib belajar bertanggung jawab memberikan pendidikan wajib belajar kepada anaknya.

3. Lembaga pendidikan di masyarakat

Masyarakat diartikan sebagai suatu bentuk tata kehidupan sosial dengan tata nilai dan tata budaya diri sendiri. Dalam kehidupan bermasyarakat, lembaga pendidikan bisa dibentuk dan sifatnya tidak formal. Lembaga pendidikan di masyarakat bisa berupa pelatihan menjahit, menanam, memasak, dan lain sebagainya.

Lembaga pendidikan ini mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

  • Pendidikan diselenggarakan di luar sekolah.
  • Peserta didik perlu homogen.
  • Ada waktu belajar dan metode normal, serta evaluasi sistematis.
  • Isi pendidikan bersifat praktis dan khusus.

Sumber gambar: freepik.com

Tahukah kamu?

Bantu sebarkan agar anak-anak tahu cara menyenangkan untuk belajar mandiri:
error120
fb-share-icon34
Tweet 30
fb-share-icon28
Subscribe Yuk!Seru kan permainannya?

Yuk berlangganan untuk mendapatkan update materi dan games terbaru!