Sharing is caring!

Advertisement

jenis-jenis sumber daya alam

Sumber: Photo by Simon Berger on Unsplash

Sumber daya alam terbagi dalam dua jenis: sumber daya alam yang dapat diperbarui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Apa beda kedua jenis sumber daya alam tersebut? Mari kita pelajari bersama di sini.

Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan sumber daya alam. Kekayaan alam Indonesia tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Apa yang dimaksud dengan sumber daya alam? Sumber daya alam adalah segala kekayaan yang tersedia di alam. Sumber daya alam itu dapat dimanfaatkan manusia guna memenuhi kebutuhan hidupnya.

Jenis-Jenis Sumber Daya Alam

Sumber daya alam dapat dikelompokkan sebagai berikut:

  1. Sumber daya alam yang dapat diperbarui, adalah sumber daya alam yang dapat diperbarui dan tidak akan habis meskipun sudah digunakan. Misalnya air, tanah, udara, hutan, hewan, dan tumbuhan.
  2. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, adalah sumber daya alam yang suatu saat akan habis dan tidak dapat diremajakan lagi. Misalnya bahan tambang minyak bumi dan gas.

1. Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbarui

Sumber daya alam jenis ini dapat dihasilkan kembali setelah digunakan. Sumber daya alam ini tidak akan habis jika dikelola dengan baik. Contoh sumber daya alam yang dapat diperbarui di antaranya sebagai berikut.

a. Air

Air merupakan komponen penting dalam kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya. Air dapat diperoleh dari dalam tanah, sungai, danau, laut, dan sumber mata air di pegunungan.

Berikut ini contoh pemanfaatan sumber daya air untuk berbagai kebutuhan hidup manusia.

  1. Sarana olahraga, seperti arung jeram, selancar, berenang, dan menyelam.
  2. Sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), misalnya Waduk Jatiluhur di Jawa Barat dan Waduk Karangkates di Jawa Timur.
  3. Sarana transportasi, seperti sungai-sungai di Kalimantan dan pelabuhan-pelabuhan di berbagai provinsi.
  4. Sarana irigasi, misalnya Waduk Gajah Mungkur di Wonogiri di Jawa Tengah dan Waduk Jatiluhur di Jawa Barat.
  5. Untuk kepentingan sehari-hari, seperti memasak, mandi, dan mencuci.
  6. Sebagai tempat rekreasi dan pariwisata, misalnya Pantai Kuta di Bali, Pantai Parangtritis di Jogjakarta, dan Danau Toba di Sumatra Utara.

Sumber daya air dapat digunakan terus-menerus apabila kita pandai melestarikannya. Berikut ini cara-cara menjaga kelestarian sumber daya air.

  1. Menggunakan air secara hemat.
  2. Tidak membuang sampah dan limbah industri secara sembarangan ke sungai.
  3. Melakukan penghijauan. Selain dapat membantu mencegah erosi, akar tanaman juga dapat menyimpan air dalam tanah.

b. Tanah

Tanah adalah lapisan kulit bumi bagian atas. Tanah terbentuk dari pelapukan batuan dan hancurnya bahan organik karena proses alamiah. Yang dimaksud bahan organik adalah sisa- sisa makhluk hidup yang telah mati. Itulah sebabnya tanah termasuk sumber daya alam yang dapat diperbarui.

anah menjadi faktor penting bagi kelangsungan hidup makhluk di bumi. Tanah menjadi tempat penting untuk menyimpan air. Selain itu juga menyimpan zat-zat makanan yang diperlukan tumbuhan. Tanah juga menjadi habitat penting bagi banyak organisme.

Manfaat tanah bagi manusia di antaranya sebagai berikut.

  1. Daerah permukiman penduduk.
  2. Sebagai lahan pertanian.
    • Bahan makanan pokok, misalnya padi, sagu, dan jagung,
    • Palawija, misalnya kedelai, kacang tanah, dan kacang hijau,
    • Hortikultura, misalnya bunga, buah-buahan, sayur-sayuran,
    • Perkebunan, misalnya karet, kelapa sawit, kopi, teh, dan cengkih.
  3. Sebagai lahan peternakan, seperti ternak itik, ayam, kelinci, kambing, sapi, dan kuda.
  4. Lokasi perikanan darat, misalnya dengan membuat kolam. Contoh hasil perikanan darat adalah ikan mas, nila, lele, tawes, dan gurami.

Apa saja perbedaan kenampakan alam dan kenampakan buatan?

c.Hutan

Wilayah Indonesia kaya akan hutan tropis. Tahukah kamu apa itu hutan? Hutan adalah wilayah yang luas terdiri dari kumpulan tumbuhan beraneka ragam jenis. Hutan terdiri atas tumbuhan kayu-kayu yang merapat dan daun-daun yang menutupi permukaan tanah.

Menurut jenis tanamannya, hutan dibagi menjadi dua.

Advertisement

  1. Hutan homogen yaitu hutan satu jenis tanaman. Contohnya hutan jati, pinus, cemara, dan bakau.
  2. Hutan heterogen yaitu hutan yang ditumbuhi berbagai macam tumbuhan/tanaman. Contohnya hutan lindung dan hutan tropis.

Keberadaan hutan sangat penting bagi lingkungan hidup. Hutan mempunyai banyak sekali manfaat. Berikut ini jenis-jenis hutan menurut pemanfaatannya.

  1. Hutan lindung, berfungsi untuk melindungi tanah dari erosi, banjir, dan tanah longsor. Di hutan lindung kesuburan tanah dan area resapan tanah senantiasa terjaga.
  2. Hutan produksi, berfungsi untuk menyediakan bahan baku berbagai produk industri dan kerajinan. Misalnya, industri mebel dan aneka kerajinan (home industry). Contoh hasil hutan adalah kayu, rotan, dan damar.
  3. Hutan wisata, berfungsi sebagai tempat rekreasi dan wisata. Hutan wisata dibangun untuk menarik para wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara.
  4. Hutan suaka alam, berfungsi sebagai tempat memelihara dan melindungi flora dan fauna dari kepunahan.

d. Udara dan Ruang Angkasa

Udara sangat diperlukan bagi kehidupan makhluk di muka bumi ini. Lapisan udara memenuhi seluruh permukaan bumi. Udara yang menyelimuti bumi disebut atmosfer. Udara terdiri atas berbagai gas, yaitu nitrogen, oksigen, argon, karbon dioksida, neon, helium, ozon, hidrogen, kripton, dan kumpulan gas lain.

Selain untuk pernapasan, udara mempunyai banyak manfaat. Di antaranya sebagai sarana kegiatan olahraga, seperti terjun payung dan gantole. Olahraga tersebut memanfaatkan gerakan udara di alam bebas. Nah, udara yang bergerak dan berpindah-pindah itu disebut angin. Para nelayan juga menggunakan udara melalui tenaga angin untuk menggerakkan perahu layar.

Selain udara, masih terdapat sumber daya alam ruang angkasa. Ruang angkasa dimanfaatkan sebagai jalur pesawat terbang. Wilayah udara yang menjadi jalur penerbangan dapat dibagi menjadi dua.

  1. Bagian bawah yaitu ketinggian di bawah 6.400 meter. Digunakan untuk penerbangan pesawat terbang dengan baling-baling.
  2. Bagian atas yaitu ketinggian di atas 6.400 meter. Digunakan untuk penerbangan pesawat jenis jet.

e. Laut

Masih ingat berapa luas perairan Indonesia? Ya, dua per tiga wilayah Indonesia merupakan perairan. Sekarang, kita akan melihat pembagian laut berdasarkan kedalamannya.

  1. Wilayah laut pasang
    Meliputi bagian tepi lautan yang basah saat pasang datang dan kering saat laut surut. Wilayah ini menjadi habitat beberapa binatang laut selain ikan.
  2. Wilayah laut dangkal
    Meliputi wilayah tepi laut dengan kedalaman 150 m. Di wilayah ini masih banyak binatang-binatang dan tumbuhan laut yang hidup karena masih bisa ditembus sinar matahari.
  3. Wilayah laut dalam
    Meliputi kedalaman antara 150m–1.800m. Tumbuhan yang hidup di wilayah ini jumlahnya sangat terbatas karena sinar matahari sudah tidak bisa menembus.
  4. Wilayah laut sangat dalam
    Meliputi bagian laut dengan kedalaman lebih dari 1.800 m. Suhu wilayah ini hampir mencapai titik beku, sehingga tidak ada tumbuhan dan jumlah binatang pun sangat terbatas.

Bagaimana sejarah uang dan apa fungsinya?

f. Energi Matahari

Matahari adalah sumber energi paling penting dalam kehidupan. Pengaruh matahari sangat besar bagi semua makhluk hidup di bumi. Coba bayangkan apa yang terjadi jika matahari tidak terbit!

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi telah memanfaatkan sinar matahari sebagai pembangkit tenaga listrik dan penggerak kendaraan bermotor.

2. Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui

Sumber daya alam jenis ini akan habis apabila dipakai terus-menerus. Sumber daya alam ini jumlahnya sangat terbatas. Manusia tidak dapat memperbanyak lagi.

Barang tambang tidak dapat diperbarui sehingga harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Barang tambang dibagi menjadi barang tambang logam dan bukan logam.

  1. Barang tambang logam
    Meliputi emas, perak, mangan, timah, bijih besi, tembaga, dan bauksit.
  2. Barang tambang bukan logam
    Meliputi barang tambang organik dan industri. Barang tambang organik terdiri atas batu bara, minyak bumi, dan gas. Adapun barang tambang industri terdiri atas intan, fosfat, belerang, gips, dan marmer.

Apa saja jenis-jenis pasar?

Advertisement

Sharing is caring!