indra pendengaran telinga manusia

Telinga dibagi menjadi 3 bagian. (Sumber: doktersehat.com)

Manusia menggunakan indra pendengaran (telinga) untuk mendengar gelombang bunyi. Ini adalah satu dari lima indra penting yang dimiliki oleh manusia. Telinga manusia normal mampu mendengar bunyi yang memiliki frekuensi antara 20-20.000 Hz atau dikenal sebagai gelombang audiosonik.

Indra pendengaran manusia sama pentingnya dengan indra yang lain. Tanpanya, kita tidak akan bisa mendengar bunyi dan suara di sekitar kita. Kita juga akan kesulitan berkomunikasi jika telinga kita tidak berfungsi secara normal.

Mari mengenal indra pendengaran (telinga) manusia dengan lebih detail.

Indra Pendengaran Manusia (Telinga)

Telinga manusia dibagi menjadi 3 bagian: telinga bagian luar, telinga bagian tengah, dan telinga bagian dalam.

1. Telinga bagian luar

Telinga bagian luar terdiri dari daun telinga, lubang telinga, dan saluran telinga luar. Fungsi utama dari telinga bagian luar adalah menangkap gelombang bunyi atau getaran suara.

Berikut adalah fungsi dari masing-masing bagian:

  1. Fungsi daun telinga adalah untuk menangkap getaran dari luar yang masuk ke saluran telinga.
  2. Saluran telinga luar dilapisi lilin untuk mencegah masuknya air, untuk merekatkan kotoran, dan mencegah hewan kecil masuk ke dalam telinga.

2. Telinga bagian tengah

Telinga bagian tengah berfungsi untuk meneruskan getaran yang ditangkap oleh telinga bagian luar ke telinga bagian dalam. Telinga bagian tengah terdiri dari tiga bagian, yaitu gendang telinga, tulang pendengaran, dan saluran eusthacius.

  1. Gendang telinga merupakan selaput pendengaran. Gendang telinga akan bergetar sesuai dengan jumlah getaran yang diterimanya.
  2. Tulang pendengaran terdiri dari tulang martil, landasan dan sanggurdi.
  3. Saluran eusthacius untuk menyeimbangkan tekanan udara antara telinga luar dengan telinga tengah. Saluran ini menghubungkan telinga tengah dengan rongga mulut.

3. Telinga bagian dalam

Telinga bagian dalam terdiri atas tingkap jorong, tingkap bundar, tiga saluran setengah lingkaran dan rumah siput (koklea). Pada rumah siput terdapat ujung-ujung saraf pendengaran. Saraf pendengar bertugas menyalurkan getaran ke otak.

Sedangkan saluran setengah lingkaran berguna sebagai alat keseimbangan tubuh.

Struktur telinga manusia

Berikut adalah gambar struktur telinga manusia:

struktur telinga manusia

Tahukah kamu?

Cara kerja telinga

Bagaimana prosesnya sehingga kita dapat mendengar suara? Suara yang berasal dari luar tubuh akan masuk ke telinga melalui udara. Suara tersebut lalu ditangkap oleh gendang telinga. Akibatnya, gendang telinga akan bergetar. Getaran ini lalu diteruskan oleh tulang-tulang pendengar ke telinga bagian dalam, tepatnya di ujung saraf. Oleh saraf, getaran tersebut disampaikan ke otak agar diolah sehingga kita dapat mendengar suara tersebut.

Selain sebagai indra pendengar, telinga juga berfungsi sebagai alat keseimbangan tubuh. Bunyi atau suara yang sangat keras dapat memecahkan gendang telinga. Mengapa demikian? Karena gendang telinga hanyalah selaput tipis yang mudah pecah atau robek. Dapatkah kamu mendengar suara jika gendang telingamu pecah? Tindakan apa yang dapat kamu lakukan ketika mendengar suara yang keras seperti suara petir?

Kelainan pada telinga

Ada dua kelainan yang bisa terjadi pada telinga manusia.

a. Tuli

Tuli adalah ketidakmampuan telinga untuk mendengarkan bunyi atau suara. Tuli dapat disebabkan oleh adanya kerusakan pada gendang telinga, tersumbatnya ruang telinga, atau rusaknya saraf pendengaran. Pada orang yang telah berusia lanjut, ketulian biasanya disebabkan oleh kakunya gendang telinga dan kurang baiknya hubungan antar tulang pendengaran.

b. Congek

Congek adalah penyakit telinga yang biasanya disebabkan oleh infeksi pada bagian telinga yang tersembunyi di tengah-tengah. Infeksi ini disebabkan oleh bakteri.

Cara membersihkan telinga yang benar

Agar indra pendengaran kita selalu sehat dan prima, kita harus tahu cara membersihkan telinga yang benar. Berikut adalah beberapa hal yang bisa kalian lakukan:

  1. Hindari penggunaan cotton bud untuk membersihkan bagian dalam telinga. Kapas pada cotton bud bisa tertinggal di saluran dalam telinga dan menghambat pendengaran. Penggunaan cotton bud haruslah di bagian luar saja.
  2. Hindari mengorek telinga terlalu dalam karena bisa melukai saluran telinga atau bahkan merobek gendang telinga.
  3. Biasakan agar telinga selalu dalam keadaan kering.
  4. Hindari suara yang bising.
  5. Apabila telinga terasa sakit, langsung hubungi dokter tht terdekat.
  6. Apabila ada hewan yang masuk ke dalam telinga, cara mengeluarkan binatang dari dalam telinga adalah dengan menghubungi dokter tht terdekat.

Main gim yuk!

memasang bagian telinga

Bagian Telinga Manusia: Permainan Memasang Label

macam sendi manusia

Permainan Hangman: Macam-Macam Sendi Manusia

tulang kepala manusia

Latihan Anatomi Tulang Kepala | Menjodohkan Label

Bantu sebarkan agar anak-anak tahu cara menyenangkan untuk belajar mandiri:
error120
fb-share-icon34
Tweet 30
fb-share-icon28
Subscribe Yuk!Seru kan permainannya?

Yuk berlangganan untuk mendapatkan update materi dan games terbaru!