Sharing is caring!

globalisasi

Gambar: freepik

Sejak beberapa waktu yang lalu, istilah globalisasi telah dikenal secara luas dan sering disebut-sebut oleh berbagai kalangan dalam berbagai kesempatan. Semua hal selalu dikaitkaitkan dengan era globalisasi. Misalnya makanan, pakaian, tingkah laku, budaya, dan teknologi.

Pengertian Globalisasi

Apakah kamu tahu arti dari globalisasi? Globalisasi atalha proses bersatunya seluruh warga dunia secara umum dan menyeluruh menjadi sebuah kelompok masyarakat. Hal itu karena adanya kemajuan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, salah satunya adalah kemajuan di bidang teknologi komunikasi dan transportasi.

Globalisasi adalah proses ketika dunia menjadi seragam karena terhapusnya identitas dan jati diri. Ada yang memandang globalisasi sebagai suatu proses sosial, atau proses sejarah, atau proses alamiah yang akan membawa seluruh bangsa dan negara di dunia makin terikat satu sama lain.

Tujuan globalisasi adalah untuk mewujudkan satu tatanan kehidupan baru atau kesatuan ko-eksistensi dengan menyingkirkan batas-batas geografis, ekonomi, dan budaya masyarakat. Globalisasi membuat batasan geografi dan budaya antar negara menjadi lebih kecil atau nyaris tidak ada.

Contoh globalisasi dalam kehidupan sehari-hari:

Globalisasi sudah menjadi bagian dari aktivitas sehari-hari setiap manusia. Ada berbagai banyak contoh globalisasi yang bisa kita cermati dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah beberapa contoh globalisasi:

  1. Internet. Dengan adanya internet, kita bisa mendapatkan informasi dari berbagai wilayah dan belahan dunia lain dengan cepat dan hitungan detik.
  2. Tranportasi. Transportasi yang kita gunakan setiap hari seperti mobil, pesawat, kereta adalah hasil dari globalisasi. Transportasi tersebut bisa memperpendek jarak tempuh.
  3. Makanan dan minuman. Saat ini kita dapat mengenal, membeli, dan menikmati berbagai makanan dari negara lain. Sebut saja pizza dari Italia, hamburger, croissant, coca cola, dan lain sebagainya.
  4. Mainan. Mainan juga merupakan contoh globalisasi. Saat ini kita dengan mudah mendapatkan berbagai mainan seperti mobil remote control dan action figure dari negara lain.
  5. Gawai. Berbagai macam gawai dari luar negeri bisa dengan mudah kita dapatkan untuk menunjang komunikasi sehari-hari seperti telepon pintar dan tablet dengan berbagai merk. Contohnya iPhone, iPad, Xiaomi, Samsung, Sony, Oppo, dan sebagainya.
  6. Pakaian. Banyak sekali merk pakaian dari luar negeri yang sekarang bisa kita jumpai di mal-mal, seperti H&M, Zara, Levi’s, Supreme, Nike, Channel, dan sebagainya.

Masih banyak sekali contoh globalisasi yang bisa kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Coba sebutkan minimal 3 contoh globalisasi lainnya!

Siapa saja yang termasuk dalam lembaga legislatif?

Penyebab Globalisasi

Penyebab globalisasi adalah perkembangan berbagai macam ilmu pengetahuan seperti perekonomian, informasi, telekomunikasi, dan transportasi. Kemajuan ini telah menyebabkan dunia menjadi semakin sempit. Di bidang transportasi misalnya. Dengan ditemukannya pesawat terbang, kamu bisa menjangkau tempat-tempat yang ingin kamu tuju hanya dalam waktu yang relatif singkat.

Selain kemajuan di bidang transportasi, kemajuan di bidang teknologi komunikasi dan informasi juga memberikan andil yang cukup besar dalam proses globalisasi. Majunya teknologi komunikasi dan informasi menjadikan segala peristiwa yang terjadi di suatu negara, dapat dengan mudah diketahui oleh negara lain. Peristiwa atau kejadian di ujung dunia sekalipun, seketika itu juga dapat kamu saksikan. Misalnya, pertandingan sepak bola Piala Dunia. Kamu dapat melihat pertandingan tersebut secara langsung saat itu juga melalui siaran di televisi.

Di era globalisasi, kamu jangan khawatir akan ketinggalan berita. Dengan adanya globalisasi, dunia kita yang besar ini menjadi ibarat sebuah desa. Kamu dapat mengetahui keadaan negara-negara di sekeliling kamu dengan cepat. Ini semua terjadi karena adanya perkembangan teknologi informasi, seperti penggunaan internet.

Internet adalah sistem informasi global yang dapat dihubungkan dengan beberapa jaringan komputer. Setiap jaringan dapat menghubungkan ratusan, bahkan ribuan komputer serta memampukan komputer untuk saling berbagi informasi dan data.

Dengan internet, kamu dapat menjelajahi dunia tanpa harus mengunjungi negara dalam bentuk aslinya. Kamu juga dapat mengetahui segala informasi yang kamu butuhkan hanya dalam hitungan detik.

Apa saja tugas dan wewenang presiden sebagai lembaga eksekutif?

Dampak Globalisasi

Di era globalisasi saat ini, ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi pendorong hubungan antarbangsa. Oleh karena itu, sudah seharusnyalah bangsa kita untuk membuka diri bergaul dengan bangsa lain di dunia. Sebab, bangsa yang tertutup akan ketinggalan dari kemajuan bangsa lain.

Globalisasi yang melanda dunia saat ini memberikan dampak atau pengaruh yang besar bagi kehidupan manusia. Baik dampak atau pengaruh yang positif maupun negatif.

1. Dampak Positif

a. IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi)

Di era globalisasi ini, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) memberikan kemudahan dan kemajuan bagi kehidupan manusia. Misalnya kemajuan di bidang teknologi komunikasi. Saat ini, teknologi komunikasi mengalami perkembangan yang sangat pesat. Kamu pasti mengalami kesulitan untuk menghitung jenisnya.

Bahkan, sekarang sudah banyak sarana komunikasi yang menggunakan teknologi modern dan canggih. Dapatkah kamu menyebutkan contoh alat komunikasi modern yang ada di sekitarmu? Benar sekali, misalnya telepon.

Sekarang telepon mengalami perkembangan dengan adanya telepon selular atau yang dikenal dengan istilah handphone. Handphone merupakan salah satu jenis alat komunikasi. Kamu pasti sering melihat orang di sekelilingmu, mungkin ayah, ibu, atau saudaramu menggunakan handphone untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Dengan alat komunikasi tersebut, kamu bisa berbicara secara langsung dengan orang lain tanpa harus bertatap muka. Kamu bisa berbicara, mungkin dengan saudaramu yang ada di luar pulau atau bahkan luar negeri.

b. Gaya hidup (sandang dan pangan)

Selain di bidang teknologi komunikasi, globalisasi juga melanda gaya hidup manusia pada umumnya.

Hal ini dapat kamu lihat dalam budaya makan dan berpakaian. Di era global seperti sekarang ini, makanan dari luar negeri dapat dengan mudah kamu ditemui di negara kita. Apakah kamu bisa menyebutkan contohnya? Pizza, hamburger, dan fried chicken merupakan beberapa contoh makanan luar negeri yang mudah kamu temui di negara kita.

Dalam berpakaian, baju jas yang merupakan budaya dari Barat saat ini banyak dijumpai di negara kita. Baju jas sudah menjadi baju internasional. Contoh lain adalah celana jin. Celana jenis jin banyak dijumpai di seluruh dunia. Bahkan di pelosok desa, semua orang mengenal dan mengenakan celana jin.

c. Transportasi

Dahulu, nenek moyang kita memerlukan waktu berhari-hari untuk pergi ke luar kota karena belum ada kendaraan cepat seperti mobil atau motor. Bahkan ketika mobil atau motor ditemukan pun, perjalanan antarkota masih memerlukan waktu berjam-jam. Namun sekarang, dengan semakin canggihnya alat transportasi, mobil dan motor pun semakin cepat berkembang. Selain itu, dengan kereta api cepat, jarak Jakarta – Surabaya bisa ditempuh dengan cepat. Bahkan dengan ditemukannya kereta api super cepat, waktu yang ditempuh semakin pendek.

Nah, sekarang coba sebutkan pengaruh positif dari globalisasi yang sudah kalian rasakan.

2. Dampak Negatif

a. Nilai dan tradisi

Dengan adanya globalisasi, banyak nilai dan tradisi Indonesia yang mulai tergeser dan banyak dilupakan. Hal ini sangat disayangkan karena nilai dan tradisi adalah warisan leluhur dan merupakan kekayaan yang tidak ternilai harganya. Contohnya, dahulu wanita Indonesia sangat suka memakai kebaya atau memakai riasan rambut sanggul sebagai riasan sehari-hari. Tapi sekarang, hal ini jarang dilakukan.

Para wanita lebih suka memakai pakaian budaya luar yang dianggap lebih modern. Padahal bagi masyarakat yang memegang teguh nilai masyarakat, nilai agama, dan tradisi, berpakaian seperti itu termasuk hal yang tidak boleh dilakukan dan dianggap sebagai pelanggaran.

b. Sosial media

Sosial media bisa memberikan dampak negatif jika tidak digunakan secara bijaksana. Banyak sekali perubahan gaya hidup yang terjadi karena sosial media. Contohnya perilaku pamer yang ada di sosial media, melakukan hal yang penuh sensasi agar terkenal atau viral walaupun melanggar aturan dan norma, menderita depresi dan penyakit mental lain karena terlalu sering membandingkan diri dengan orang lain. Globalisasi juga dapat menyebabkan seseorang menjadi mementingkan diri sendiri yang disebut egois.

Pengaruh globalisasi, baik positif maupun negatif akan mengubah perilaku manusia. Oleh karena itu, kita harus bijaksana menghadapi pengaruh globalisasi tersebut. Untuk itu, kamu harus tetap menjadikan Pancasila sebagai landasan terhadap penggunaan teknologi dan budaya luar negeri yang masuk ke negara kita.

Sebagai pandangan hidup bangsa, Pancasila merupakan perisai utama terhadap pengaruh negatif globalisasi. Selain berpegang teguh pada Pancasila, hal yang perlu kamu lakukan untuk mencegah semakin meluasnya pengaruh negatif globalisasi adalah meningkatkan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Yuk kenali tugas dan wewenang lembaga yudikatif!

Sharing is caring!

Subscribe Yuk!Seru kan permainannya?

Yuk berlangganan untuk mendapatkan update materi dan games terbaru!