cara mengajar anak membaca buku

Gambar: freepik

Kemampuan membaca adalah salah satu hadiah terbesar yang bisa kita berikan kepada anak. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari membaca, seperti meningkatkan kemampuan otak, empati, memperkaya kosakata, menstimulasi imajinasi, dan masih banyak lagi. Pertanyaan yang sering muncul adalah bagaimana mengajar anak membaca? Simak 7 tips tentang cara mengajar anak membaca secara efektif berikut ini

Cara Efektif Mengajar Anak Membaca

Bagi banyak orang tua, mengajari anak membaca merupakan sebuah tantangan tersendiri. Anak-anak umumnya lebih suka menonton video atau bermain gim di gawai, tapi ini tidak berarti bahwa anak sama sekali tidak mau membaca. Dengan pendekatan yang tepat, orang tua bisa menanamkan kebiasaan membaca pada anak-anak.

Sebenarnya tidak ada aturan mengenai umur berapa anak sudah bisa membaca. Setiap anak mempunyai perkembangan yang berbeda-beda. Pola asuh orang tua dan kondisi lingkungan sangat berpengaruh terhadap perkembangan mereka. Namun, bagaimana pun mengajari anak untuk bisa membaca baiknya harus dilakukan sejak dini.

#1 Lihat kesiapan anak

Sebelum mengajari anak membaca, sangat disarankan agar orang tua bisa mengerti kondisi anak terlebih dahulu. Akan lebih mudah untuk mengajari anak yang sudah siap daripada yang belum. Lalu, kapan anak sudah siap untuk diajari membaca?

Orang tua bisa menilai apakah anak sudah siap diajak untuk belajar membaca dari perilaku mereka. Berikut adalah beberapa acuan perilaku anak-anak yang sudah siap untuk diajari membaca:

  • mengambil buku sendiri,
  • mengenali huruf atau rima,
  • bisa mengeja nama sendiri,
  • serta, anak bermain-main dengan huruf atau mencocokkan huruf.

BACA JUGA: Perhatikan 9 Hal Ini Ketika Mengajar Daring Selama Pandemi

#2 Bacakan cerita

Membacakan cerita sebelum tidur bisa menjadi cara efektif mengajar anak membaca. Bagi orang dewasa mungkin aktivitas ini terlihat membosankan, tapi tidak untuk anak-anak. Justru ini adalah salah satu cara efektif mengajar anak membaca. Terlebih lagi banyak hal positif yang akan didapatkan ketika orang tua sering membacakan cerita kepada anak. Kedekatan orang tua dan anak akan menjadi lebih erat dan orang tua bisa mengajak anak untuk mengembangkan imajinasi mereka.

Ketika membacakan cerita ke anak-anak, orang tua juga sebisa mungkin memerankan karakter yang ada di dalam cerita. Dengan begitu anak-anak akan tertarik dengan ceritanya. Selain itu, pilihlah buku cerita yang memiliki banyak gambar berwarna-warni.

#3 Cari topik yang anak sukai

Ajak anak-anak ke toko buku dan berikan kebebasan pada mereka untuk memilih cerita yang disukai. Umumnya mereka akan lebih bersemangat jika mendengarkan cerita atau belajar membaca tentang hal-hal yang mereka senangi.

Selama ini yang sering terjadi adalah orang tua membelikan buku untuk anak-anaknya tanpa bertanya terlebih dahulu. Padahal, setiap anak mempunyai ketertarikan yang berbeda-beda. Jika anak dipaksa untuk membaca buku dengan topik yang tidak dia sukai, bisa jadi mereka malah akan malas untuk membaca.

BACA JUGA: 10 Tips Tetap Semangat Belajar Selama Pandemi

#4 Ajak anak menirukan suara

Membaca harusnya menjadi sebuah aktivitas yang menyenangkan bagi anak. Jika tidak, maka anak akan menjadi cepat bosan dan akhirnya malah tidak mau membaca sama sekali.

Salah satu aktivitas menyenangkan untuk mengajar anak membaca adalah dengan mengajak anak menirukan suara hewan atau cara bicara seorang karakter dalam cerita. Melibatkan anak dalam cerita akan membuat mereka lebih tertarik dengan cerita tersebut.

#5 Pilih buku sesuai dengan levelnya

Pemilihan buku yang tepat akan sangat membantu anak dalam belajar membaca. Jika buku terlalu sulit, terutama untuk anak-anak yang baru saja mulai belajar membaca, akan membuat mereka enggan untuk berlatih.

Untuk anak-anak pemula, orang tua bisa memilih buku yang memiliki banyak ilustrasi dan gambar. Perhatikan juga ukuran huruf dan banyak sedikitnya kalimat dalam setiap halaman. Huruf yang terlalu kecil dan kalimat yang terlalu banyak bisa menurunkan minat baca anak-anak.

Selain itu, pastikan anak-anak mengetahui sebagian besar arti kata-kata yang digunakan. Anak-anak akan kebingungan jika menemui banyak kata yang tidak pernah mereka dengar sebelumnya.

#6 Minta anak membaca cerita

Walaupun anak-anak belum benar-benar lancar dalam membaca, tak ada salahnya meminta mereka untuk membacakan kita cerita. Cerita yang dibacakan tidak harus dari buku, tapi bisa saja dari cerita yang mereka buat sendiri.

Banyak anak-anak yang sebenarnya suka bercerita dan ingin didengarkan. Namun, kesibukan orang tua terkadang mengacuhkan hal tersebut. Karena itu, sempatkan waktu atau buatlah jadwal di akhir pekan untuk mendengarkan cerita anak-anak.

BACA JUGA: Memanusiakan Manusia

#7 Jadilah contoh

Cara terpenting untuk mengajar anak membaca adalah dengan menjadi contoh. Pada dasarnya, anak-anak adalah peniru yang baik. Jika orang tua ingin anak-anaknya menyukai buku dan mempunyai kemampuan membaca yang baik, maka mereka harus menjadi contoh yang baik juga untuk anak-anak.

Itulah 7 cara efektif mengajar anak membaca buku. Sekarang ambil buku dan bacakan cerita untuk anak-anak di rumah! Oya, apa buku anak-anak favoritmu? Kalau saya suka sekali buku anak-anak karya Clara Ng.

Bantu sebarkan agar anak-anak tahu cara menyenangkan untuk belajar mandiri:
error120
fb-share-icon34
Tweet 30
fb-share-icon28
Subscribe Yuk!Seru kan permainannya?

Yuk berlangganan untuk mendapatkan update materi dan games terbaru!